Motivasi Karyawan Yang Ingin Sukses Dalam Karir

motivasi karyawanMotivasi karyawan memegang peranan yang sangat penting jika si karyawan tersebut ingin sukses dalam karirnya. Namun sering kali, banyak hal-hal yang melemahkan motivasi kita saat bekerja. Bisa kondisi kerja, atasan, rekan kerja, masalah pribadi, masalah penghargaan dan sebagainya.

Banyak orang yang kalah dengan berbagai hal yang melemahkan motivasi tersebut. Akhirnya mereka bekerja dengan motivasi yang rendah, sehingga produktivitasnya rendah, dan ini jelas akan berpengaruh pada keberhasilannya dalam karir.

Motivasi Karyawan Dibutuhkan Perusahaan

Orang yang memperkerjakan Anda, tentu membutuhkan motivasi kerja Anda. Mereka tidak mau memiliki karyawan yang malas bekerja karena produktivitasnya akan rendah. Mereka tidak membutuhkan kehadiran Anda, mereka membutuhkan kontribusi Anda. Jadi jelas karyawan dengan motivasi tinggi dibutuhkan oleh perusahaan.

Dari sini, kita sudah bisa mengambil kesimpulan, jika ingin sukses bekerja, maka kita harus menjadi karyawan yang memiliki motivasi tinggi. Motivasi tinggi berkaitan dengan produktivitas, dan produktivitas berkaitan dengan kontribusi Anda. Inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan dari karyawannya.

Motivasi Karyawan Tanggung Jawab Karyawan Sendiri

Yah, Anda sendiri yang bertanggung jawab atas motivasi Anda. Jika Anda mau sukses dalam karir, maka tingkatkan dan pertahankan motivasi tinggi Anda. Jika Anda malas atau memiliki motivasi rendah, maka Anda sendiri yang akan menanggung akibatnya.

“Tapi….”

Saya tahu, masih ada orang yang akan mengatakan “tapi”. Yah, saya tahu banyak hal yang bisa melemahkan motivasi kita. Rekan kerja, atasan, gaji, lingkungan, sampai masalah pribadi bisa melemahkan motivasi Anda. So, what gitu lho?

Semua orang akan mengalami hal yang sama. Jika Anda bisa terganggu oleh rekan kerja, maka orang lain pun sama. Jika orang lain merasa tertekan oleh atasan, maka orang lain pun sama. Itu masalah umum. Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang bisa berhasil dalam karir meski banyak hal yang melemahkan motivasi mereka.

Jika Anda mau sukses dalam karir, sementara situasi kerja sangat merusak motivasi, justru ini kesempatan bagi Anda untuk menjadi karyawan yang berbeda dengan karyawan lain. Saat karyawan lain runtuh motivasinya, Anda muncul menjadi karyawan dengan motivasi tinggi. Anda akan menjadi pribadi yang berbeda, Anda akan memiliki poduktivitas berbeda, Anda akan menonjol, dan harapan untuk meraih karir yang lebih baik terbuka lebar.

Motivasi karyawan adalah tanggung jawab karyawan sendiri. Motivasi Anda adalah tanggung jawab Anda sendiri. Jadilah orang yang berbeda, memiliki motivasi tinggi, meski situasi tidak mendukung. Tunjukan kalau Anda hebat, kalau Anda berbeda dengan orang lain.

Memang, perusahaan sendiri memiliki tanggung jawab untuk memelihara motivasi karyawannya. Tapi itu urusan lain, Anda sebagai karyawan, fokuslah pada diri sendiri, bagaimana agar Anda sukses. Daripada sibuk mengeluhkan perusahaan yang tidak memperhatikan motivasi karyawan mereka, lebih baik Anda sibuk untuk membangkitkan dan mempertahankan motivasi Anda. Anda boleh usul dan memberikan masukan kepada perusahan. Tapi, jangan dijadikan alasan Anda loyo dalam bekerja.

Pesan Sponsor:
Silahkan pelajari bagaimana membangkit motivasi. Saya sudah menulis ebook Motivasi Diri yang merupakan bonus Beautiful Mind Power dan video yang menjelaskan bagaimana membangkitkan motivasi, yaitu Instant Motivation Weapon

Jika Anda masih memiliki unek-unek tentang motivasi karyawan, silahkan tuliskan pada form komentar dibawah.