Motivasi Berprestasi – Atau Siap-siap Tersisih

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Motivasi Berprestasi

Miliki Motivasi Berprestasi Atau Menyingkir

Untuk meraih sukses, motivasi berprestasi sangat diperlukan. Dengan pengertian lain, motivasi berprestasi adalah memiliki keinginan untuk menjadi terbaik. Tanpa keinginan menjadi yang terbaik, akan menyebabkan seseorang melakukan sesuatu asal-asalan atau asal jadi. Bekerja asal bekerja, berbisnis asal berbisnis, dan belajar asal belajar.

Masalahnya kata “asal” bisa merusak sukses Anda. Anda harus menjadi yang terbaik jika ingin sukses. Persaingan makin sengit, jika tidak menjadi terbaik, maka Anda bisa tertinggal dan kalah dalam persaingan. Mulai sekarang tumbuhkan motivasi berprestasi dalam bidang yang Anda geluti.

Jangan salahkan siapa-siapa, saat muncul para pesaing baru yang mengancam posisi Anda karir. Jangan angap enteng karyawan baru yang masih bau kecur, jika dia memiliki motivasi berprestasi lebih tinggi, maka dia bisa menjadi ancaman serius.

Jangan lupakan juga, di era global ini para pesaing Anda bukan hanya datang dari dalam negeri, para karyawan maupun profesional impor pun bisa mengancam posisi Anda, apalagi mereka datang dari negeri yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi.

Begitu juga dalam bisnis. Setiap hari akan muncul produk-produk baru yang bisa saja produk-produk yang merupakan pesaing Anda. produk-produk itu muncul dengan berbagai hal baru, teknologi lebih canggih, dan dengan tampilan yang menawan. Jika Anda tidak memiliki motivasi berprestasi dengan produk yang asal jadi, maka jangan aneh produk Anda tidak laku lagi.

Belum lagi, serangan produk impor yang selalu menjadi ancaman produk lokal yang kualitasnya biasa-biasa saja. Jika Anda mau bersaing dengan produk luar, maka Anda harus menjual produk yang lebih baik dibandingkan produk impor. Miliki tekad untuk membuat produk terbaik, jangan asal jadi. Ini akan terjadi jika Anda memiliki motivasi berprestasi.

Motivasi Berprestasi Fokus Pada Bidang Anda

Yang perlu diperhatikan adalah, Anda tidak perlu berprestasi di segala bidang. Cukup fokus pada bidang Anda. Sebab menjadi terbaik untuk semua bidang itu tidak mungkin. Pilihlah bidang yang sesuai dengan karir atau bisnis Anda, fokuslah disana dan Anda akan akan lebih mudah menjadi yang terbaik. Anggapan bahwa kita harus berprestasi di segala bidang bisa menyebabkan lemahnya motivasi berprestasi. Sebab kita tahu, itu tidak mungkin.

Bahkan, manusia teragung spanjang jaman pun, Nabi Muhammad saw, bersabda:

Jika ada sesuatu yang berkaitan dengan urusan dunia, maka kalian lebih tahu tentangnya, sebaliknya jika berkaitan dengan urusan agama, maka kembalilah kepadaku. (HR Ahmad. No 12086)

Dalam hadits versi lengkapnya dijelaskan bahwa hadits ini keluar saat sedang membicarakan cara bercocok tanam. Rasulullah saw mengatakan bahwa beliau bukanlah ahli dalam bercocok tanam. Tapi untuk urusan akhirat, maka Rasulullah saw tentu saja menjadi yang terbaik.

Catatan: Pengertian hadits ini jangan disalah artikan menjadi bebas melakukan urusan dunia. Kita harus melihat dalil lain beserta ilmu Ushul Fiqh tentang urusan dunia dan urusan akhirat. Perlu pembahasan secara integral, tapi bukan cakupannya disini.

OK, sekarang apa bidang Anda. Fokus pada bidang Anda dan jadilah yang terbaik pada bidang Anda. Tumbuhkan motivasi berprestasi pada bidang Anda. Apa pun bidang Anda. Jika Anda seorang pebisnis, maka kejarlah prestasi Anda dalam bisnis. Jika Anda seorang karyawan, kejarlah prestasi kerja Anda, dan jika Anda seorang pelajar maka Anda pun harus mengejar prestasi dalam belajar.

Menumbuhkan Motivasi Berprestasi

Langkah pertama ialah dengan membangun mental juara pada diri Anda. Mental Juara Itu Perlu jika Anda ingin memiliki prestasi yang bagus. Tanpa mental juara Anda tidak akan memiliki motivasi berprestasi. Selengkapnya silah baca artikel tentang mental juara itu perlu.

Langkah kedua ialah ketahui bagaimana seorang juara bekerja. Saya menyebutkan dengan The Champion Way, yaitu sikap dan strategi yang biasa dimiliki oleh seorang juara. Dengan menggunakan metode The Champion Way, Anda bisa meraih prestasi yang lebih baik dengan waktu yang lebih cepat lagi. Anda juga akan memiliki keahlian atau skill yang berada diatas rata-rata orang biasa.

Bagaimana selengkapnya tentang The Champion Way? Silahkan tunggu ebook terbaru saya yang insya Allah akan diterbitkan sekitar awal bulan April 2012. Saya yakin, bahwa ebook The Champion Way akan membantu Anda meraih prestasi tinggi, meningkatkan omzet bisnis, memiliki keterampilan mahir dengan waktu 2 kali lebih cepat.

Untuk sekarang, miliki motivasi berprestasi yaitu selalu berusaha berkarya dengan hasil yang sebaik mungkin, tidak asal-asalan, tidak asal jadi, atau sekedar ada. Sebab hanya dengan itulah Anda bisa bertahan di tengah persaingan yang semakin lama semakin sengit. Sehingga bangsa Indonesia tidak lagi menjadi bangsa yang tertinggal yang hanya mengekor ke dunia barat.

Mengapa kita tidak berusaha menjadi lokomotif peradaban dunia? Insya Allah Anda bisa! Miliki selalu motivasi berprestasi, jadilah seorang yang Muslim yang progresif untuk kebaikan bangsa dan umat Islam.

Motivasi berprestasi diperlukan oleh siapa pun yang ingin sukses.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 5 Comments.

  1. ida
    12:26 pm July 25, 2010

    tolong bantu saya dalam menyelesaikan masalah, yaitu mengatasi anak didik yang sudah sampai ketingkat jenuh. trim’s

  2. ana semakin semangat aza untuk menjadi yg terbaik dibidang bahasa arab..
    mari kita belajar bahasa arab, jika kita faham bahasa arab maka kita akan dapat memahami Al-Quran dan Hasidt..
    makasih atas motivasina..

  3. danta
    11:28 am January 28, 2011

    mkasih mas… semoga semua tu bisa jadi modal utk melangkah kedepan

  4. thanks banget ya buat artikel-a … SURE … So I Can …

  5. edy
    7:55 am December 23, 2013

    trim’s gan

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield