Mewaspadai Pikiran Anda

Betul, Anda harus mewaspadai pikiran Anda. Sebab semua yang Anda miliki saat ini, kondisi Anda saat ini, dan menjadi apa Anda hari ini adalah hasil dari pikiran Anda. Orang kaya bisa menjadi kaya karena dia berpikir kaya, sadar atau tidak sadar. Mrang miskin juga disebabkan karena mereka berpikir miskin. Bagaimana dengan pikiran Anda? Lihat bagaimana diri Anda.

Pikiran akan membentuk diri kita. Pikiran terdiri dari dua bagian yanitu pikiran bawah sadar dan pikiran sadar. Kebiasaan dan spontanitas adalah hasil dari pikiran bawah sadar. Jika pikiran bawah sadar kita berisi pikiran-pikiran positif, maka Anda akan menghasilkan tindakan-tindakan positif dan pasti akan memberikan hasil yang positif.

Masalahnya, kita sering tidak sadar dengan pikiran yang ada dalam diri kita. Kita seringkali memprogram pikiran bawah sadar kita secara tidak sadar. Karena tidak sadar, maka kita tidak mengarahkan pikiran kita. Sumber-sumber pemograman dalam kehidupan kita terdiri dari program verbal, kejadian, dan model. Program verbal adalah apa yang kita dengar. Kejadian tertentu juga bisa memberikan keyakinan baru kepada kita, dan juga orang yang menjadi model kita bisa memprogram pikiran kita.

Pemograman ini berlangsung tanpa kita sadari sebab semuanya terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari secara alami. Bagi kita yang sudah mengalami bahwa ada pemograman pada pikiran kita, maka kita bisa mengarahkan pemograman ini. Anda bisa membendung pemograman yang negatif dan mengembangkan pemograman yang positif.

Untuk mengarahkan pemograman ini, yang perlu Anda lakukan sebenarnya sederhana, yaitu yakinlah bahwa apa yang Anda dengar tidak selamanya benar. Anda harus mulai kritis terhadap apa yang Anda dengar. Yang kedua, bahwa apa yang dicontohkan oleh orang-orang di sekitar Anda juga tidak selamanya benar. Anda harus mulai kritis terhadap pikiran dan perilaku orang lain. Yang ketiga ialah selalu memikirkan hikmah positif dari kejadian yang Anda alami. Hikmah selalu positif, namun hati-hati dengan definisi positif menurut Anda.

Ini adalah cara mewaspadai pikiran Anda supaya tidak digerogoti dengan pikiran-pikiran negatif yang akhirnya akan menggerogoti hidup Anda. Dengan mewaspadai pikiran Anda, maka Anda mulai mengarahkan pikiran Anda hanya menerima pikiran-pikiran yang positif saja. Ciri pikiran positif ialah pikiran yang memberdayakan, bukan pikiran yang membuat Anda malah tidak bertindak.