Menyambut Lowongan Kerja

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

p_037Tidak bisa dipungkiri, data menunjukan bahwa angka pengangguran semakin tinggi sehingga peluang kerja semakin sedikit. Ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan dalam menghadapi masalah ini, salah satunya ialah dengan mendorong dunia usaha seperti yang selama ini saya lakukan. Namun, bukan berarti tidak boleh bekerja, silahkan saja dan artikel ini adalah tip bagi Anda untuk memenangkan persaingan kerja.

Jika kita melihat media, lowongan kerja masih ada. Artinya masih ada peluang kerja bagi Anda jika memang itu tujuan Anda. Hanya seja untuk mendapatkannya diperlukan usaha keras karena akan bersaingan dengan banyak orang sementara peluang kerja yang ada sedikit. Anda harus menang jika ingin mendapatkan kerja.

Jika meminjam istilah pak Mario Teguh, jika Anda ingin mendapatkan sesuatu, maka Anda harus “memantaskan diri” untuk mendapatkannya. Namun tidak cukup sampai memantaskan diri, sebab banyak orang lain juga memiliki kepantasan untuk mendapatkan kerja yang Anda inginkan. Jadi, Anda harus menjadi orang yang paling pantas mendapatkan peluang tersebut.

Artinya, untuk menyambut lowongan kerja, Anda harus terus meningkatkan kualitas diri Anda. Anda harus terus meningkatkan kemampuan Anda jika tidak mau kalah sama orang lain. Apa saja kemampuan yang perlu Anda miliki?

Yang pertama ialah Anda perlu mengasah kemampuan utama atau spesialisasi Anda. Anda tidak perlu hebat di segala bidang, karena itu tidak mungkin. Cukup hebat di satu bidang spesialisasi Anda agar Anda bisa fokus, sehingga hasilnya optimal.

Yang kedua ialah kemampuan pendukung. Jika kita mencermati iklan-iklan lowongan kerja, hampir selalu, diperlukan berbagai kualitas pendukung. Kualitas-kualitas pendukung yang sering kali diminta oleh pemberi kerja diantaranya

  • Kemampuan bahasa Inggris
  • Kemampuan berkomunikasi dan persuasif.
  • Memiliki motivasi tinggi, proaktif, berpikir terbuka, dan kreatif.
  • Bisa bekerja sama (team work)
  • Kemampuan komputer (pendukung mis. MS Office) dan yang spesifik dengan kerja Anda.
  • Mampu bekerja dengan target dan dalam tekanan.
  • Percaya diri
  • Dan sebagainya.

Jadi, mulailah membuat rencana pengembangan diri Anda sehingga Anda menjadi orang paling pantas dalam bidang Anda. Sebagai penutup saya pernah mendengar dari seorang pengelola Head Hunter*, dia mengatakan: “Sebenarnya lowongan kerja itu masih banyak, tetapi hanya untuk orang yang memiliki kualifikasi bagus.”

*Catatan: Head Hunter adalah orang yang dibayar oleh perusahaan tertentu untuk mendapatkan tenaga kerja. Artinya perusahaan butuh karyawan, sampai-sampai mau membayar head hunter untuk mencarikannya. Tapi, bukan karyawan sembarangan.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There is One Comment.

  1. sarif husin
    12:49 pm January 11, 2010

    makasih infonya,, saya mending suka bisnis aja deh daripada nyari kerja

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield