Kunci Menuju Perubahan Besar Dalam Diri Anda

Apa yang menghalangi kita untuk menuju perubahan besar?

Betul, “tidak adanya tindakan untuk berubah.”

Jika Anda ingin berubah, maka Anda harus mengambil tindakan yang bisa mengubah diri Anda.

Pertanyaannya, apa saja tindakan yang harus diambil agar berubah?

Tindakan-tindakan Menuju Perubahan

Menuju Perubahan

Tindakan yang Pertama Menuju Perubahan ialah Belajar.

Belajar adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Belajarlah yang membuat Anda berubah, dari tidak bisa menjadi bisa ibaratnya belajar mengendarai mobil.

Belajar apa? Belajar apa yang dibutuhkan untuk berubah. Anda harus belajar apa-saja yang diperlukan menuju perubahan ke arah yang lebih baik.

Contoh sederhana, jika karir Anda ingin berubah, naik pangkat misalnya, maka Anda harus belajar bagaimana caranya agar naik pangkat. Anda tidak hanya bisa menunggu nasih saja terpilih naik jabatan.

Anda harus mengusahakannya. Sama hal jika omset bisnis Anda ingin berubah menjadi lebih besar, maka Anda harus belajar bagaimana cara menaikan omset.

Jika pekerjaan Anda ingin lebih berkualitas, maka Anda belajar meningkatkan kemampuan diri. Pelajari skill baru, ide-ide baru, ilmu baru, tips, trik, atau rahasia baru yang bisa Anda pelajari.

Jika Anda mau berubah, maka diri Anda juga harus berubah menjadi lebih baik. Memiliki pola pikir lebih baik, memiliki ilmu lebih banyak, dan memiliki skill lebih tinggi. Semuanya perlu belajar.

Jadi, jika Anda mau menuju perubahan diri ke arah yang lebih baik, maka belajarlah. Belajar adalah kangkah menuju perubahan hidup yang tidak bisa kita lewatkan.

Lakukan Apa Pun Yang Diperlukan Untuk Berubah

Tindakan kedua adalah tindakan utama, yaitu tindakan untuk meraih apa yang ingin Anda lakukan atau miliki.Apa saja dibutuhkan agar perubahan terjadi. Setelah Anda belajar, Anda akan mengetahui apa saja diperlukan untuk berubah. Maka lakukan.

Sayangnya, kadang aneh, sudah mengetahui apas aja yang perlu dilakukan, tetapi tidak juga mengambil tindakan dengan berbagai alasan. Padahal, jika Anda masih kalah dengan alasan, Anda tidak akan pernah berubah kecuali perubahan usia.

“Saya sudah tahu…. jika memang ingin berubah harus bertindak.”

Lalu kenapa belum bertindak juga? Banyak hal yang membuat kita tidak mau bertindak, salah satunya ialah tidak percaya diri. Merasa diri tidak akan mampu, tidak akan bisa, tidak akan cukup baik, akan gagal, dan akan mengecewakan.

Kadang muncul imajinasi akan kegagalan kita dimasa depan sehingga membuat kita tidak jadi bertindak. Akhirnya muncul berbagai pembenaran dan alasan. “Saya sudah puas dengan kondisi saat ini.” “Saya tidak mau yang muluk-muluk.” dan berbagai alasan serta pembenaran lainnya.

Jika sikap ini terus kita pelihara, kita tidak akan pernah mengalami perubahan besar dalam hidup Anda. Untuk mengalami perubahan besar Anda perlu bertindak dan hanya orang yang percaya diri yang bisa bertindak.

Anda tidak bisa mengatakan bahwa Anda sudah percaya diri. Percaya diri bisa dibuktikan, dan buktinya ialah apa yang Anda capai dan miliki saat ini. Itu adalah ukuran kepercayaan diri Anda.

Jadi, jika Anda ingin menuju perubahan besar. Ingin mendapatkan lebih banyak. Ingin mencapai tujuan-tujuan besar Anda, maka tingkatkan kepercayaan diri Anda. Kepercayaan diri Anda meningkat, maka tindakan Anda akan meningkat pula dari segi kualitas dan kuantitas.

Jika tindakan meningkat, maka wajarlah jika hasilnya meningkat pula. Jangan mimpi memiliki penghasilan yang meningkat tanpa meningkatkan tindakan Anda. Dan jangan mimpi akan meningkat tindakan Anda jika masih dibatasi oleh rendah diri Anda. Percaya Dirilah! Klik disini.

Evaluasi Perubahan Anda

Tentunya Anda ingin mengalami perubahan menuju kemajuan. Sudahkah kemajuan Anda alami? Anda harus mengevaluasinya, apakah perubahan itu membawa kemajuan atau tidak.

Lakukan evaluasi secara rutin. Mingguan atau bulanan. Lihat apakah sudah perkembangan? Jika tidak, apa alasannya kemudian apa yang perlu diperbaiki dan lakukan perbaikan.

Anda harus peka terhadap apa yang Anda lakukan, jangan sampai Anda menghabiskan waktu seumur hidup ingin berubah, tetapi tidak juga berubah. Evaluasi penting untuk melihat kemajuan.

Memang untuk beberapa hal, membutuhkan waktu untuk berubah. Untuk hal ini Anda perlu bershabar dan mengetahui kapan sebenarnya perubahan mulai terlihat. Bershabar dan mengetahui kapan perubahan terjadi sangat penting untuk evaluasi.

Jika ternyata hasil evaluasi kita tidak sesuai yang kita harapkan, artinya ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Carilah akar permasalahannya, kemudian carilah solusinya. Jangan biarkan masalah, tetapi cari solusinya.

Perubahan menuju kesuksesan akan menemui berbagai halangan dan rintangan. Jangan berhenti, cari solusinya kemudian atasi. Halangan dan rintangan adalah hal wajar dalam menuju hidup yang lebih baik.

Perubahan Lebih Produktif

Produktif adalah salah satu isu penting dalam hidup kita. Jika kita ingin sukses, karir lebih baik, dan bisnis lebih maju, maka produktivitas adalah menjadi faktor penting.

Bagaimana agar kita berubah lebih produktif? Bekerja lebih keras? Bekerja lebih lama?

Tentu saja. Tapi bukan itu yang paling penting. Anda harus mengubah cara bekerja Anda dengan 2 hal ini:

  1. Ubahlah apa saja yang Anda lakukan
  2. Ubahlah cara Anda melakukan sesuatu

Dua faktor inilah yang akan memberikan dampak besar bagi perubahan menuju lebih produktif. Lebih lengkapnya bisa Anda baca di ebook saya Revolusi Waktu. Untuk lebih produktif, semangat saja tidak cukup.

Kesuksesan dan Prestasi Lebih Baik dan Lebih Banyak

Sudahkah saya mengalami perubahan? Apa cirinya?

Perhatikan pencapaian Anda, sukses Anda, dan prestasi Anda. Jika masih sama saja seperti dulu, artinya belum ada perubahan besar yang terjadi.

Bagaimana jika merasa sudah berusaha mengubah diri tetapi pencapaian dan prestasi malah menurun?

Jawabannya karena dalam hidup tantangan itu selalu meningkat. Tantangan juga berubah. Anggaplah seperti dalam pertandingan olah raga. Orang yang rajin berlatih belum tentu juara jika pesaingnya jauh lebih rajin berlatih.

Bisnis Anda tidak maju-maju, karena pesaing Anda lebih baik. Untuk itu usaha Anda harus lebih keras lagi, harus lebih baik dari pesaing.

Jangankan memenangkan persaingan, untuk bertahan saja menghadapi perubahan zaman, perubahan pasar, perubahan teknologi, perubahan ekonomi, banyak yang ambruk. Artinya jika ingin mengalami perubahan, Anda harus lebih giat lagi berusaha mengubah diri.

Dunia ini dinamin. Untuk sekedar bertahan saja Anda perlu perjuangan, apalagi menuju perubahan besar dalam hidup Anda. Ini realita hidup.

Namun satu keyakinan yang harus Anda pegang saat ini adalah Anda in syaa Allah bisa mengalami perubahan ini. Anda bisa lebih baik, apalagi bertahan. Yakinlah dengan kekuatan potensi Anda, yakinlah Anda bisa belajar, yakinlah Allah akan menolong kita.

Penutup

Untuk menuju perubahan besar, harus ada tindakan nyata yang Anda lakukan. Belajarlah agar diri lebih berkualitas dan memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk berubah. Tingkatkan ilmu Anda, tingkatkan kepercayaan diri Anda, tingkatkan produktivitas Anda dan lihatlah Anda menuju perubahan besar dengan prestasi dan kesuksesan yang lebih banyak.

zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

34 Comments

  1. Pak, maaf saya mau tanya…
    Bagaimana kalau kita ini pnya bnyak kesalahan sama orang lain, tapi ada juga niat untuk meminta maaf, tapi malu banget…
    Gimana ya solusinya..?
    Terima kasih..

  2. Betul apa yang telah dipaparkan di atas, kesuksesan buah dari perubahan besar, serta kepercayaan diri yang tinggi terhadap Tuhannya, Bahwa segala sesuatu sudah pasti terjadi, namun yang terpenting perubahan yang kita peroleh dalam proses perjalananya apakah ada Nilai ( Value ) tambah, baik itu penambahan ilmu, pengalaman terlebih Keimanan
    Perubahan Besar yang membuahkan kesuksesan akan membuat dirikita semakin Bersabar dari setiap Cobaan, Semakin Besrsyukur dari setiap Nikmat dan akan semakin Ikhlas dalam Berbuat Kebaikan
    Semogga Allah Golongkan kita menjadi Manusia Yang Allah Mudahkan Allah berikan Kemamouan untuk bisa melakuakan perubahan menuju Kebaikan yang membuahkan Nilai Manfaat untuk Umat

  3. setuju, hambatan yang paling besar memang terkadang muncul dari diri kita sendiri. kepercayaan akan kemampuan diri kita ditambah peluang dari lingkungan sekitar kita akan membuka pintu kesuksesan bagi kita. Selain dari itu, saya percaya bahwa ada faktor lain yang punya kontribusi besar, yaitu doa dan dukungan dari orang-orang dekat kita.

  4. aduh senang dech bacanya seperti ditambahkan kekuatan untuk terus semangat berusaha.gak nyesal dech gabung ke grup ini… makasih ditunggu yang lainya juga

  5. Perubahab kadang susah sekali di lakukan kecuali dari niat diri sendiri, misalnya perubahan karena melihat orang lain bisa lebih maju dari dia maka dia berusaha sekuat tenaga untuk maju. Atau bisa jg perubahan karena dia merasa tidak ingin di pandang orang yang lemah dari orang lain. Perubahan yang baik adalah perubahan setahap demi setahap semakin lama dia akan memahami perubahan itu, daripada perubahan yang drastis tapi tidak lama yang hanya bersemangat di awal tapi melemah akhirnya. Perubahan harus di sertai niat yang baik dan benar2 ingin berubah.

  6. Semangat siaaaang smuanya, pastinya suatu perubahan utk diri kita pastinya kan harus berubah ke arah yang lebih baik, nah perubahan itu harus lah konsisten, jangan angin2nan, kadang rajin kadang ogah2an jadi gak ngefek kan ke diri kita, bener kan pak rahmat? Oh iya ebook paket gabungan 1.2.3 nya bagus bangeeeet isinya (jadi cerah pola pikir saya)nyesel dech bwt yg blm punya.

  7. Luar biasa….

    Langkah-Langkah membuat perubahan

    (1). Kesadaran a).Sadar dan paham akan keberadan diri sebagai mahluk Allah SWT. b).Sadar dan paham tugas dan tanggungjawab kita sebagai khalifah … sebagai rahmat bagi semua mahluk di muka bumi… c).Sadar dan paham akan pentingnya Ilmu agar kita dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebahai khalifah di bumi.

    (2). Setelah kesadaran dan paham a-c, barulah kita bisa bertindak lebih terarah. Tindakan terarahlah yang membuat kita bisa berubah lebih cepat. Sebelum poin (1).a,b dan c belum ada pada diri kita, umumnya kita akan mengambil tindakan tanpa arah alias ngaur. Mengapa ?…… benar, bahwa ke3 kesadaran dan paham tersebut dapat sebagai outopilot apa,mengapa dan bagaimana bertindak yang benar.

    (3). Setelah kita bertindak, yang ketiga adalah Ingat. a). Ingat hak dan kewajiban kita kepada Allah. b). Ingat hak dan kewajiban kita kepada sesama, dan c).Ingat hak dan kewajiban kita kepada Alam Lingkungan Kita.

    (4). Koreksi untuk di perbaiki apakah ada 3 ingat kita langgar dalam bertindak ?. Jika ada, perbaiki dan jangan di ulangi. Poin inilah yang membuat seseorang akan semakin bijak dalam bertindak.

  8. memang benar.. Untuk dapat merubah nasib kita harus mau bertindak, memang Allah sudah menetapkan rezeki buat kita, tapi kalu tidak dicari mana mungkin?

  9. memang betul semua tulisan diatas..tapi efektivitas dan kecepatan perubahan itu perlu alat,fasilitas dan finansial. kan bingung buat yg tdk punya pendukung diatas,

  10. “Keinginan untuk perubahan dari yang kecil menjadi besar,percaya diri,yakin& jangan abai kan kesempatam walau 1 detik,
    DOA yg ddi iringi sebuah tindakan yata itu semua yg akan membawa kita pada kesuksesan….
    di tunggu info selanjut ya ,,,,,setelah baca yg di atas tadi jiwa & raga seakan menjadi supermen.

  11. 1 Ruang, Peluang & Kesempatan yang kita berikan untuk Syaithan & Bala Tentaranya = 1 Kemunduran & Kekalahan bagi Anak Adam ‘Alaihissalam.

  12. bagus,tapi gimana supaya kita tetap terarah kepada yang kita inginkan pak..karena banyak juga yang menyebabkan kita rapuh dari lingkungan luar,kalau kita berubah dengan cara bertahap terkadang lingkungan yang baru dapt juga mempengaruhi kita..dan apabila kita berubah menyeluruh kita juga belum tentu kuat karena adaptasi yang baru..mohon solusi agar kita punya komitmen yang kuat,terimakasih..

  13. tq, pak Rahmat n all comments,that’s like flashlight n generator to energize n add the power to illuminate my life.hv aniceday n GBU 4 ever.

  14. Asslmlkm, pa yg da di atas sangatlah benar tpi skrng yg mnjdi mslah adalah kembali ke diri qta masing2 bgaimna u/ menyikapinya?
    Apakah hanya dengan Percaya Diri saja dan tindakan akan pa yg kan qta lakukan?

  15. kita memnginginkan perubahan itu tapi di sisi lain lingkungan yang kita tempati tidak mendukung tuk me wujudkan semua itu ,kalo dh seperti itu sebaiknya langkah apa yang sebaiknya saya ambil tanks…..

  16. I agree sir,
    Bertindak yang biasa-biasa akan menghasilkan result yang biasa-biasa, bertindak dengan cara-cara luar biasa dipastikan mendapatkan result luar biasa.
    Biasa dan luar biasa di sini adalah ukuran subyektif, jadi…..sekaranglah saatnya berubah dengan cara luar biasa.

  17. luar biasa, saya beru bergabung dan langsung terkesan…
    alhamdulillah mudah2an saya bisa berubah dengan menciptakan kebiasaan baru. langkah awal sudah saya lakukan, bangun pagi (dan tidak tidur lagi)..
    dari situ saya seperti punya tambahan waktu 2 jam setiap hari. saya belum tau pasti akan saya isi apa kebiasaan itu, sementara ini saya isi hanya dengan membaca, namun saya mau lebih dan akan mengikuti (ini) terus. InsyaAllah.

  18. Perubahan itu gaungnya sangat kuat namun sangat sedikit orang yg bisa melakukannya karena tak terlepas dari resiko hidup. Namun perubahan itu sendiri sifatnya kekal, sehingga pilihannya adalah berubah atau dirubah.

    Coba kita flash back, kapan terakhir kita melakukan perubahan. apakah perubahan itu karena motivasi hidup atau karena dirubah oleh keadaan.

    Kalau saja sandaran hidup kita masih tergantung thd mahluk maka akan amat sulit untuk melakukan perubahan, namun jika sandaran hidup kita bisa hanya pada sang RABB maka perubahan adalah hal yang biasa.

    Penekan yang perlu kita pahami adalah bagaimana bersandar kepada sang RABB melalui media dan interakasi dengan semua mahluk ciptaanNYA. Itulah seni hidup.

  19. Sebuah perubahan harus di landasi tekat dan kemauan dari diri sendiri berusaha dan bertawakal, teruslah berusaha dan selalu berserah diri kepada Allah swt adalah kunci dari segala keberhasilan kita terima kasih atas artikelnya semoga kita selalu bisa melihat ke depan tuk meraih kesuksesan Amin,Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield