Meningkatkan Rasa Syukur

meningkatkan rasa syukurMeningkatkan Rasa Syukur Itu Penting

Tidak diragukan lagi, untuk meraih sukses kita perlu meningkatkan rasa syukur kita terhadap nikmat yang Allah berikan kepada kita. Bagaimana tidak, kita sudah belajar bagaimana manfaat syukur yang luar biasa dalam kehidupan kita. Namun, yang menjadi pertanyaan, kenapa masih banyak orang yang tidak atau kurang bersyukur? Atau ada juga orang yang merasa sudah bersyukur, tetapi dia merasa tidak ada tambahan nikmat sesuai dengan janji Allah. Padahal janji Allah tidak mungkin salah. Artinya cara bersyukur kita yang salah, kita merasa bersyukur padahal kita belum bersyukur.

Tiga Kesalahan Dalam Meningkatkan Rasa Syukur

Jika kita bersyukur, nikmat kita akan ditambah oleh Allah. Mungkin, kita sudah hafal ayat Al Quran yang menjelaskan hal ini:

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu (QS Ibrahim:7)

Lalu, mengapa ada orang yang merasa sudah bersyukur tetapi merasa tidak mendapatkan nikmat tambahan? Karena janji Allah tidak mungkin salah, artinya ada yang salah dengan diri kita. Ada tiga kemungkinan:

  • Pertama: cara kita bersyukur yang salah.
  • Kedua: kita kurang peka terhadap nikmat yang sebenarnya sudah Allah berikan kepada kita.
  • Ketiga: Allah memberikan nikmat lain yang terbaik bagi kita, tapi kita tidak menyadarinya.

Pada artikel kali ini, saya akan fokus menyoroti tentang point kedua dan ketiga. Dengan dua penyebab itu, kita akan kurang bersyukur. Jika kita kurang bersyukur, maka wajar jika nikmat tidak kunjung datang. Kita harus terus meningkatkan rasa syukur kita terhadap nikmat Allah. Insya Allah, poin pertama, cara bersyukur akan dibahas pada artikel lain.

Bagaimana cara meningkatkan rasa syukur?

  1. Luangkan waktu untuk merenungkan nikmat-nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita. Nikmat itu sangat banyak, bahkan tidak akan terhitung. Lalu mengapa banyak orang yang merasa tidak mendapatkan nikmat? Karena mereka kurang memberikan perhatian terhadap nikmat-nikmat yang sudah Allah berikan. Allah mengulang-ngulang ayat “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” dalam surah ar Rahmaan, dimana salah satu hikmahnya adalah agar kita lebih memperhatikan nikmat-nikmat. Saat kita memberikan perhatian terhadap nikmat, kita akan melihat, kita akan ngeh, bahwa nikmat Allah yang kita terima sangat banyak.
  2. Berprasangka baiklah kepada Allah. Banyak nikmat yang tidak terlihat bagi kita. Kita sering menganggap bahwa nikmat itu harus dalam bentuk materi, padahal lebih luas dari itu. Seringkali kita menganggap bahwa nikmat itu adalah sebuah pemberian, padahal bisa saja Allah sudah menghindarkan kita dari suatu musibah yang asalnya akan menimpa kita. Mungkin tidak ada yang bertambah pada diri kita, tetapi terhindar dari musibah bukankan sebuah nikmat yang besar? Renungkanlah…
  3. Setelah kita mengetahui bahwa nikmat Allah begitu banyaknya, maka langkah selanjutnya ialah memasukan pengetahuan ini ke dalam hati. Agar melekat dengan diri kita sehingga rasa syukur kita akan bertambah. Caranya ialah terus menerus mengingat nikmat dalam berbagai kesempatan. Semakin sering kita mengingat nikmat, akan semakin tertancap dalam hati, maka rasa syukur pun akan meningkat.

Jadi cara meningkatkan rasa syukur diawali dengan pengetahuan akan nikmat yang telah kita terima. Namun tidak cukup hanya pengetahuan saja, karena banyak orang yang tahu tetapi kurang bersyukur. Pengetahuan akan nikmat ini harus tertanam dalam hati kita.

Kita sudah mengetahui bagaimana cara meningkatkan rasa syukur. Muda-mudahan dengan meningkat rasa syukur, nikmat kita akan bertambah.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me

Latest posts by Rahmat Mr. Power (see all)

zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

15 Comments

  1. akh,.
    ana binggung, kadang ana merasa tlah berbuat yg terbaik yg bisa ana lakukan,.. tapi kenapa ana ngrasa kalo semua itu kurang adil untuk ana,..kadang ana ngrasa sedih dengan cobaan dn ujian yg selalu diberikan pada ana,.. ana sungguh sedih,. dn kadang ana berfikir kalo semua itu sangat kurang adil ,.. gmn cara ngilangin semua prasangka dn perasaan seperti itu?

    1. Ukhti,

      Caranya ialah dengan meningkatkan keimanan bahwa Allah Maha Adil. Bisa jadi, kita saja merasa tidak adil, padahal apa yang diberikan Allah kepada kita itu adalah yang terbaik bagi kita, sebab Allah Maha Mengetahui.

      Silahkan tadaburi ayat berikut:

      Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS.2:216)

      Mudah-mudahan membantu.

  2. Artikelnya memiliki banyak arti yg terkandung didalamnya. Penulisan dan tata bahasanya jg bagus. Terima kasih telah membagi ilmunya dengan kami…

  3. saya berharap yang berkunjung di blok ini adalah orang2 yang tidak terseret dalam hiruk-pikuk kasus zainuri….eh…..zainudin maksudku!!!!!
    “salam pak ustad rohmat”

  4. Takka henti mengucap kata syukur atas sgala nikmat yg tlah Allah berikan kpd qu. Terutamax Allah telah menitipkan aq kpd ke 2 orgtua yg baek n pexyg.

  5. saya mau curhat nich,saya hbs kecelakaan dan sampai sekarang blm bisa jalan normal (karena agak parah),terkadang saya down meski saya sudah berusaha untuk menyemangati diri….sebaiknya saya harus bagaimana??

    1. Sama donk… saya juga pernah mengalami kecelakaan. Saya sekarang memiliki keterbatasan.

      Tapi itu hanya sebagian kecil dari nikmat Allah yang tidak saya dapatkan, sementara nikmat lainnya begitu besar.

      Yang kedua: meski terlihat mustahil disembuhkan, saya yakin itu adalah mudah bagi Allah jika berkehendak, tinggal sejauh mana keinginan kita? Sejauh mana do’a dan sejauh mana kita berikhtiar untuk menyambut pertolongan Allah tsb.

      Tunjukan bahwa Anda memang benar-benar ingin sembuh.

  6. nikmat yang sangat perlu kita syukuri adalah nimat nafas yg setiap detik kita rasakan insyaallah kita bisa lebih lagi bersyukur akan nikmat yang Allah berikan

  7. Setiap saya membaca artikel yg memotivasi hdp saya lgsung merasa bgtu lemahnya ternyta kualitas hdp saya, lalu saya beristigfar,menyesali berbagai kesalahan yg saya telah lakukan,tp jika sdh kembali khdupan sehari2 seakan smua tdk ada gunanya lagi,jika ada berbagai mslah datang suka lupa diri,lepas kontrol,ingat Allah tp tetep saja mengeluh. Contoh kecilnya saja waktu saya sdh dpet pkerjaan yg sesuai jurusan tp jauh dr keluarga dan saya tetap jalani tp disana trnyta byk sekali tantangan dan rintangan,saya merasa down dan ingat Allah tp tetap saja putus asa tu trus ada menghantui hingga saya memutuskan akhirnya saya hrus kmbali plg, lalu apa yg hrus saya lakukan utk kedepannya ya? Knp penyesalan hrs adanya di akhir,seolaholah hdp hrs dibuat penyesalan dlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield