Meningkatkan Motivasi Kerja Untuk Karir Yang Lebih baik

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Buat Apa Meningkatkan Motivasi Kerja?

meningkatkan motivasi kerjaAkan ada banyak alasan, orang malas untuk bekerja, bekerja asal-asalan, dan mengisi hari-harinya dengan mengeluh bukan meningkatkan motivasi kerja. Dan inilah yang akan memperburuk karir Anda jika Anda bersikap demikian. Anda sedang berada pada kondisi yang tidak menyenangkan kemudian kerjaan Anda hanya mengeluh, maka penderitaan Anda akan semakin parah.

Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan. Malah akan memperburuk karir Anda. Anda jadi malas, prestasi Anda jeblok, dan atasan menilai Anda tidak layak untuk mendapatkan yang lebih baik. Mereka tidak akan berpikir untuk mengangkat Anda, sebab untuk jabatan saat ini pun Anda tidak layak.

Nah, jika Anda ingin karir yang lebih baik, terlepas bagaimana pun kondisi pekerjaan Anda , maka satu-satunya cara adalah meningkatkan motivasi kerja Anda. Bahkan, jika Anda ingin beralih ke bisnis, ada baiknya tetap meningkatkan motivasi kerja.

Tapi, Atasan Saya Tidak Menghargai Saya. Buat Apa Meningkatkan Motivasi Kerja?

Bisa jadi atasan Anda memang tidak menghargai Anda atau memang tidak mengetahui prestasi dan kontribusi Anda. Lalu bagaimana kita menyikapinya? Apakah harus meningkatkan motivasi kerja dengan atasan seperti itu?

Jika atasan Anda tidak menghargai Anda, itu ada ditangan Anda. Pertama Anda yang memilih punya atasan dia. Betul, Anda punya pilihan apakah tetap menjadi bawahan dia atau tidak. Artinya jika tidak mau bekerja dibawah dia, silahkan cari atasan lain, tentu saja di perusahaan lain. Buktinya, jika Anda tidak memilih memilih atasan lain, artinya Anda tetap memilih dia sebagai atasan Anda.

“Tapi, nyari kerja lagi sulit.”

Perkataan ini semakin membuktikan bahwa Anda hanya layak bekerja di tempat ini. Jika Anda merasa layak mendapatkan yang lebih baik, maka Anda akan bisa mendapatkannya. Jika Anda merasa tidak mampu mencari yang lebih baik, maka tempat sekaranglah yang layak bagi Anda. Pahit? Tidak, masih ada peluang diri Anda untuk meningkatkan kelayakan Anda. Yang menjadi masalah saat Anda tidak merasa bisa meningkatkan kualitas diri Anda.

Coba pikirkan, seandainya Anda berhenti bekerja, ada berapa orang yang siap menggantikan Anda? Saya yakin ada ribuan orang disana yang siap. Bukankah mencari pekerjaan itu sulit?

Jadi, Saya Harus Menyukuri Apa Yang Sudah Saya Miliki Saat Ini

Ya, tentu saja. Jika Anda bersyukur, insya Allah, Anda akan mendapatkan nikmat yang lebih banyak. Ini janji Allah, tidak mungkin salah. Bisa dari perusahaan tempat Anda bekerja atau bisa dari mana saja. Cara Allah memberikan nikmat itu tidak sebatas melalui perusahaan saja, bisa melalui ribuan jalan yang lainnya.

Lalu apa bukti syukur kita? Caranya ialah dengan memanfaatkan kesempatan dan nikmat yang diberikan Allah seoptimal mungkin dan dengan cara yang diridhai Allah. Apa jadinya jika kita menyia-nyiakan nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita? Jika kita kehilangan motivasi kerja, kerja tidak benar, dan asal-asalan, itu adalah menyia-nyiakan nikmat Allah.

Jadi meningkatkan motivasi kerja itu adalah salah satu bentuk mensyukuri nikmat Allah, yaitu sebuah pekerjaan dan rezeki yang Anda dapatkan.

Lalu Bagaimana Jika Perusahaan Atau Atasan Yang Mendzalimi Karyawannya?

Sekali lagi, keputusan ada ditangan Anda. Anda sampaikan bahwa Anda merasa didzalimi oleh atasan dan perusahaan sampai mereka tidak lagi mendzalimi Anda. Jika mereka tetap mendzalimi Anda, maka Anda bisa mencari perusahaan dan atasan yang tidak dzalim. Jika ada hak Anda yang tidak dipenuhi oleh atasan atau perusahaan, maka Anda wajib menuntut hak Anda. Namun jika terus-menerus, carilah perusahaan atau atasan yang tidak menahan hak Anda.

Tapi, Prakteknya Tidak Semudah Bicara

Siapa yang mengatakan mudah? Tidak ada. Apa pun pilihan Anda, akan membutuhkan perjuangan. Jika Anda bekerja di tempat yang tidak menyenangkan, Anda perlu berjuang untuk tetap bersabar atas kondisi itu. Jika Anda mencari pekerjaan tempat lain, itu pun perlu perjuangan. Jika Anda ingin mengubah atasan dan perusahaan, ini pun perjuangannya akan lebih berat lagi.

Motivasi Kerja Yang Tinggi Bukti Anda Layak Mendapatkan Yang Lebih baik

Dengan menunjukan bahwa Anda bisa bekerja dengan baik, motivasi yang tinggi, maka itu adalah bukti bahwa Anda berhak mendapatkan yang lebih baik. Siapa yang bisa memberikan pekerjaan yang lebih baik?

Jangan membatasi hanya dari perusahaan saat ini saja. Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih di tempat lain. Bagaimana caranya? Akan banyak cara. Allah punya banyak cara. Yang penting Anda buktikan kepada Allah, bahwa Anda layak bekerja di tempat yang lebih baik. Insya Allah, akan selalu ada jalan untuk itu. Ini jauh lebih baik, dibandingkan sehari-hari hanya dihabiskan untuk mengeluh. Energi Anda akan habis untuk hal yang tidak berguna.

Kesimpulan: Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Renungi apa-apa yang ditulis diatas. Setelah Anda memahaminya, maka Anda akan motivasi kerja Anda akan meningkat, terlepas bagaimana pun kondiri tempat Anda bekerja saat ini.

Yang kedua, jika Anda sudah bekeja di tempat yang baik dan sesuai dengan keinginan Anda, maka targetkan supaya Anda menjadi juara yang terbaik di perusahaan tersebut. Jika Anda menjadi juara, maka Anda bisa mendapatkan karir yang lebih baik. Setidaknya, kalau ada pengurangan karyawan, Anda akan menjadi pilihan terakhir untuk dikeluarkan, mereka akan berusaha untuk mempertahankan Anda. Tidak ada ruginya meningkatkan motivasi kerja.

Jika Anda sudah tidak betah lagi bekerja dan ingin beralih lagi ke bisnis, tidak ada salahnya Anda tetap meningkatkan motivasi kerja agar cita-cita Anda menjadi pebisnis cepat terlaksana. Atau, jangan mendzalimi orang lain dengan bekerja asal-asalan, berhenti saja dan mulai bisnis.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 3 Comments.

  1. Nanang
    10:37 am October 8, 2012

    Betul dan benar adanya…semoga bermanfaat buat semua. aamiin

  2. Terimaksih, sangat membantu sekali utk meningkatkan motivasi dalam bekerja… Salam Ukhuwah

  3. salah satu cara memotivasi diri saat bekerja adalah, jika kita sudah berkeluarga kita fikirkan nasib keluarga kita nanti,besok dan hari selanjutnya bila kita bekerja asal-asalan,
    kalau kita belum berkeluarga ingat orang tua kita, buatlah orang tua kita bangga karena bila kalian bisa membuat orang tua bangga itu pasti Allah akan berikan jalan yang terbaik untukmu Insyaallah.

    betul nggak mas :D

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield