4 Aktivitas Bernilai Tinggi Untuk Mengisi Waktu Luang Anda

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Mengisi Waktu Luang

Mengisi Waktu Luang Agar Lebih Bermanfaat

Bagi Anda yang memiliki waktu luang, tentu saja Anda akan mencari cara, sadar atau tidak sadar, untuk mengisi waktu luang Anda. Saat Anda menghabiskan waktu dengan menonton TV, itu juga cara Anda mengisinya, meski pun pilihan itu sering kali dilakukan secara tidak sadar. Tau-tau, Anda sudah menghabiskan berjam-jam waktu luang Anda “hanya” dengan menonton TV.

Jika waktu luang Anda ini lebih bermanfaat, Anda harus mengambil keputusan, waktu Anda mau digunakan untuk apa? Tanpa ketegasan mengambil keputusan, waktu luang Anda akan menguap percuma tanpa makna. Sekali Anda memapu mengambil keputusan, maka waktu luang Anda akan memberikan manfaat luar biasa.

Cara Jitu Mengisi Waktu Luang

Cara yang paling tepat dalam mengisi waktu luang itu adalah beribadah?

“Apa saya harus shalat dan dzikir terus?”

“Emangnya ibadah hanya itu?”

Ibadah itu banyak, namun kalau pun Anda shalat dan dzikir, apa salahnya? Itu adalah ibadah yang memberikan manfaat luar biasa bagi kesuksesan kita di akhirat. Jika Anda punya waktu luang di malam hari, akan lebih Anda tidur sore kemudian bangun malam untuk shalat tahajud dilanjutkan dengan dzikir. Ada yang salah?

Tentu saja, ibadah itu bukan hanya shalat dan dzikir, kita juga perlu melakukan aktivitas lainnya yang masih dalam rangka ibadah lainnya. Banyak pilihan yang bisa kita lakukan, tanpa meninggalkan ibadah fardhu. Banyak kasus, ingin mengisi waktu luang dengan hal positif seperti olah raga, namun shalat dilupakan. Ini salah.

Membaca Dan Menuntut Ilmu

Cara mengisi waktu luang yang bernilai tinggi adalah membaca dan menuntut ilmu. Kita sudah mengetahui bagaimana pentingnya menuntut ilmu. Agama mengajarkan kepada kita untuk selalu menuntut ilmu. Ibadah menuntut ilmu memiliki kedudukan tinggi dalam agama. Bahkan termasuk pokok ibadah, sebab ibadah-ibadah lainnya bisa tidak berarti jika melakukannya tanpa ilmu.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menuntut ilmu:

  1. Membaca buku, ebook, artikel, majalah, dan sebagainya.
  2. Menonton video pendidikan, seperti video produksi Zona Sukses.
  3. Mengikuti pelatihan
  4. Menghadiri seminar
  5. Belajar kepada ahlinya
  6. dan masih banyak cara lainnya.

Kita belajar apa? Banyak yang harus dan bisa kita pelajari. Pada dasarnya kita belajar agar ibadah kita diterima. Membaca buku bisnis juga ibadah, sebab mencari nafkah adalah ibadah. Niatkan selalu untuk beribadah. Namun, jangan sampai kita hanya menghabiskan waktu untuk belajar ilmu bisnis, sementara ilmu agama ketetaran. Keduanya harus kita pelajari dengan adil.

Berlatih

Aktivitas lainnya yang bernilai tinggi adalah berlatih. Apa yang perlu dilatih? Silahkan lihat tujuan dan program Anda. Bidang apa yang harus Anda kuasai dengan baik. Kita harus menjadi juara, harus menjadi yang terbaik, sehingga jika ada hal yang masih kurang, kita harus melatihnya sampai mahir dan menjadi yang terbaik. Terlepas Anda seorang karyawan, pebisnis, atau profesional, Anda harus berlatih agar menjadi yang terbaik.

Termasuk berlatih untuk kesehatan tubuh anda. Melatih konsentrasi, melatih kesabaran, dan banyak sekali latihan yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas diri Anda.

Semakin banyak berlatih, akan semakin berkualitas diri Anda. Bukankah ini cara mengisi waktu yang bernilai tinggi?

Silaturahmi

Mungkin kita sudah mengenal hadist ini:

Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)

Ya, Anda bisa mengisi waktu luang Anda dengan bersilaturahim. Ini akan meluaskan rezeki kita. Diakui juga dalam dunia bisnis dan karir, networking adalah satu faktor penting dalam keberhasilan kita.

Namun jangan terjebak, dengan dalih silaturahmi, kita malah hanya ngobrol bahkan melakukan hal dosa. Tekadkan dalam diri, bahwa kita berniat silaturahmi, yaitu memberikan kasih sayang dengan cara memberikan manfaat dunia akhirat. Bukan membawa orang lain kepada perbuatan tercela atau sebaliknya kita yang terbawa arus. Bukan silaturahmi saat kita terjerumus pada perbuatan dosa.

Silahkan baca juga artikel sebelumnya: The Power of Silaturahmi

Bersama Keluarga Tercinta

Keluarga adalah fondasi untuk keberhasilan dalam bidang apa pun. Untuk bisnis, untuk karir, dan untuk dakwah harus ditunjang dengan keluarga yang kuat dan harmonis. Maka, salah satu aktivitas penting yang tidak boleh dilewatkan adalah kebersamaan dengan keluarga. Jangan dilupakan ini.

Kada ada orang, yang lebih mengutamakan teman untuk mengisi waktu luang, lebih memilih hobi seperti futsal dan memancing, namun jarang sekali bersama keluarga. Hobi adalah boleh selama tidak melenakan dan tidak mengabaikan serta meninggalkan keluarga.

Jika kita mencari kedamaian dan kesenangan, mengapa tidak dilakukan bersama keluarga?

Penutup

Keempat aktivitas diatas akan menambah dan menjaga motivasi kita serta menjadikan diri kita lebih berkualitas. Selain itu, jika kita niatkan ikhlas karena Allah, in syaa Allah benilai ibadah. Kadang, banyak orang yang tidak punya waktu luang, maka buatlah waktu luang itu agar Anda pun bisa merasakan manfaat luar biasa dari keempat aktivitas itu.

Mudah-mudahan menjadi panduan bagi Anda untuk mengisi waktu luang Anda.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 6 Comments.

  1. Riza Nur
    8:43 am February 7, 2013

    Hobi adalah boleh selama tidak melenakan dan tidak mengabaikan serta meninggalkan keluarga.

    :)

  2. Saat ini membaca adalah hal paling memungkinkan dibanding tips lainnya.

  3. san
    11:22 am August 3, 2013

    nais info pak.
    trimakasih.

  4. Terima kasih pak, artikel ini sangat bermanfaat bagi saya

  5. hesti andriani
    7:21 am October 19, 2013

    penuh inspirasi,,,,makasih ya saran nya !

  6. saya harus banyak silaturahim, terima kasih atas artikelnya. sangat mengena sekali

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield