3 Langkah Menghasilkan Ide Brilian Yang Bisa Dilakukan Siapa Saja

zona sukses

Untuk Apa Ide Brilian?

Ide Brilian Untuk Bisnis Baru

ide brilianPernahkah Anda melihat sebuah bisnis baru, yang begitu menguntungkan dalam waktu sekejap? Bisnis itu tidak terpikirkan oleh Anda atau pun oleh kebanyakan orang, tetapi muncul dengan keuntungan yang menggiurkan.

Itulah peran ide brilian dalam bisnis. Ide brilian memberikan kontribusi yang besar terhadap sukses gagalnya sebuah bisnis. Untuk itulah, salah satu rahasia bisnis anti gagal ialah ide bisnis yang brilian.

Ide Brilian Untuk Mengatasi Masalah

Langsung saja sebuah contoh, perusahaan Edelston menjual satu setengah juta buku berjilid setiap tahunnya. Biaya pengapalan yang naik merugikan penjualan. Mereka mencoba penjilidan yang lebih murah dan kertas yang lebih tipis, tetapi hal ini mengorbankan kualitas yang ingin mereka berikan.

Seorang karyawan menyelamatkan setengah juta dolar lebih pertahun dengan rekomendasi ide untuk memotong satu perempat puluh senti meter dari setiap ujung kertas dalam buku. Hal ini mengurangi berat buku, dan merupakan ide kecil tetapi signifikan yang menghasilkan penghematan besar.

Bayangkan jika Anda memberikan ide-ide brilian untuk mengatasi masalah perusahaan Anda. Anda akan menjadi orang penting dalam perusahaan dimana ide-ide Anda begitu berharga.

Ide Brilian Untuk Individu

Bukan hanya masalah bisnis atau perusahaan saja, dengan kemampuan menghasilkan ide brilian, Anda bisa mengatasi berbagai masalah Anda. Sering kali orang mengeluh dan stress karena tidak menemukan solusi, sementara dia sendiri tidak meningkatkan kapasitas dirinya dalam menghasilkan ide-ide brilian.

Jangan dulu mengeluh. Jangan dulu mudah menyerah. Pikirkan ide-ide yang akan menghasilkan solusi. Tingkatkan kualitas dan kemampuan diri Anda.

Jangan dulu mengatakan:

“Mau bisnis apa?”

“Semua sudah saya lakukan!”

“Kenapa orang lain menghalangi saya?”

Disarankan Untuk Anda:   Cara Mengatasi Terlalu Banyak Ide

“Kenapa ide-ide saya dibatasi oleh agama?”

Jika Anda masih mengatakan kalimat-kalimat ini artinya Anda belum kreatif, belum mampu menghasil ide-ide brilian untuk hidup Anda. Untuk itu Anda perlu mempelajari bagaimana menghasilkan ide.

Cara Menghasilkan Ide Brilian

Langkah#1: Ide Brilian Datang Dari Kumpulan Informasi

Tidak ada ide yang benar-benar baru. Pada dasarnya ide baru itu datang dari informasi yang ada di dalam kepala Anda, kemudian dikombinasikan dan dimodifikasi sehingga menghasilkan ide baru.

Jika Anda begitu sulit menghasilkan ide baru, mungkin informasi yang ada dalam kepala Anda masih sedikit. Dengan kata lain, wawasan Anda masih sedikit. Untuk itu, Anda harus terus-menerus meningkatkan wawasan Anda.

Ada banyak cara meningkatkan wawasan:

  1. Membaca buku, ebook, dan menonton video pendidikan.
  2. Mengikuti seminar dan pelatihan
  3. Bergabung dengan perkumpulan atau asosiasi
  4. Berkeliling dan mendatangi tempat-tempat yang belum dikunjungi dan sebagainya.
  5. dan masih banyak cara-cara lainnya

Langkah #2: Kuasai Teknik Mengeluarkan Ide

Mengeluarkan ide itu ada tekniknya dan bisa dipelajari. Anda juga bisa mempelajarinya. Seringkali, orang mengeluh bingung, sementara dia tidak pernah mempelajari bagaimana menggunakan otaknya untuk menghasilkan ide-ide yang mungkin akan menjawab kebingungan dia.

Ada dua teknik untuk mengeluarkan ide:

  1. Pertama teknik sistematis. Ada teknik yang bisa dilakukan secara sistematis, artinya dengan teknik-teknik yang bisa dipelajari secara beraturan. Jika tahu caranya, Anda bisa menghasil ide-ide yang mungkin belum kita pikirkan. Salah satu teknik yang bisa Anda lakukan ialah dengan berpikir terbalik. Jika dulu pemilik toko yang melayani pembeli, kemudian pemikiran ini dibalik, sehingga muncul ide “pembeli yang melayani” kemudian disebut dengan swalayan. Dan tentu masih banyak teknik lainnya.
  2. Kedua teknik intuitif. Jika teknik sistematis lebih memberi tugas pada pikiran sadar, teknik intuitif menugaskan pikiran bawah sadar untuk menemukan ide. Bahannya sama, berupa informasi atau wawasan yang tersimpan di pikiran bawah sadar, kemudian secara tidak sadar diolah menjadi sebuah ide baru. Teknik ini biasanya dengan cara menginstirahatkan pikiran sadar agar hanya pikiran bawah sadar yang bekerja.
Disarankan Untuk Anda:   Tidak Menggantungkan Pada Tindakan Karena Bukan Segala-galanya

Kedua teknik ini dibahas lebih lengkap pada produk kami Anda Pun Bisa Jenius. Jika Anda sudah menerapkannya, Anda bisa menghasilkan ribuan ide dengan mudah dan cepat.

Langkah#3: Evaluasilah Untuk Menemukan Ide Terbaik

Jika Anda sudah menguasai teknik mengeluarkan ide, menghasilkan ribuan ide adalah mudah. Sekarang, Anda tinggal mengevaluasinya untuk mendapatkan ide terbaik. Cara mengevaluasinya pun sama, bisa dengan cara sistematis atau analisis, dan bisa dengan cara kedua, yaitu cara intuitif.

Cara intuitif, meski pun sering menghasilkan ide brilian, tetapi tidak terukur. Berbeda dengan cara anlisis, Anda bisa menghasilkan ide brilian dan bisa meyakinkan semua pihak karena Anda bisa mempertanggung jawabkan secara ilmiah atau secara prosedural.

Dalam video Bisnis Anti Gagal, sudah dijelaskan bagaimana cara menghasilkan dan mengevaluasi ide brilian untuk bisnis, yang bisa Anda terapkan baik untuk menghasil ide bisnis maupun untuk mengatasi masalah pribadi atau perusahaan Anda.

Kesimpulan

Jika ada cara menghasilkan ide secara sistematis, artinya kemampuan menghasilkan ide tidak perlu tergantung bakat. Anda pun bisa menghasilkan ide brilian jika Anda ada kemauan mempelajari caranya.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield