Mengatasi Takut Yang Menghalangi Anda Dari Sukses

mengatasi takutMengatasi takut adalah hal yang penting kita lakukan, sebab jika takut dibiarkan, dia akan menghalangi kita untuk bertindak. Tidak bertindak, artinya tidak ada sukses.

Takut adalah kondisi emosi negatif yang paling merusak. Tentu saja takut bertindak dan takut menggapai hasil yang besar. Sumber takut adalah kegagalan dan kehilangan.

Orang yang dikuasai oleh rasa takut, dia tidak akan pernah mencoba. Jika dia tidak pernah mencoba, maka dia tidak memiliki peluang sukses. Bagaimana akan sukses jika tidak memiliki peluang?

Hanya ada satu takut yang baik dan bahkan harus kita miliki. Yaitu takut kepada Allah. Tetapi kita tidak sedang berbicara hal ini, kita sedang membahas takut kepada selain Allah yang akan merusak sukses kita.

Penyebab Takut

Takut disebabkan oleh sesuatu yang mungkin mengakibatkan hal yang buruk dan kita tidak bisa mengatasinya. Yang ditakutkan saat mau memulai bisnis ialah gagal, kemudian kehilangan uang, dan hidup akan hancur sementara dia tidak bisa mengatasi kehancuran tersebut.

Orang akan takut berbicara di depan publik. Yang dia takutkan adalah saat dia berbuat salah dan kesalahannya menjadikan dia orang yang dianggap buruk oleh orang lain. Dan, dia tidak bisa mengatasi anggapan ini.

Takut disebabkan karena adanya kemungkinan buruk dan dia merasa tidak mampu mengatasi akibat buruk tersebut.

Cara Mengatasi Takut

Kata kunci yang membuat seseorang takut ialah kemungkinan akibat buruk dan persepsi terhadap kemampuan dirinya. Bayangan akibat buruk disebabkan oleh pikiran negatif, prasangka, melebih-lebihkan, dan generalisasi. Sering kali, kita terlalu mendramatisir akibat buruk itu. Dengan berpikir positif dan berpikir jernih, sering kali apa yang menakutkan itu tidaklah seseram yang dibayangkan.

Teknik pertama untuk mengatasi rasa takut ialah cobalah tulis kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Berpikirlah dengan jernih, tanyakan:

  • Benarkan akibatnya akan seburuk itu? Bisa jadi tidak. Coba lihat orang lain yang pernah mengalami. Carilah banyak rujukan, jangan hanya satu saja.
  • Saat Anda sudah menemukan kemungkinan akibat buruk, hasil pemikiran yang jernih, periksa apakah Anda akan sanggup mengatasinya? Jika sanggup, apa yang perlu ditakutkan? Ambillah tindakan.

Bagaimana jika kita ternyata tidak akan sanggup mengatasi akibat buruk? Kata siapa? Itu bisa saja hanya persepsi Anda saja. Jika Anda merasa tidak sanggup sebelum mencoba, artinya kepercayaan diri Anda memiliki masalah. Anda perlu meningkatkan kepercayaan diri. Setelah Anda memiliki kepercayaan diri yang cukup, Anda akan yakin mampu mengatasi masalah, dan keberanian Anda akan muncul. Anda akan mampu mengatasi rasa takut.

Semua orang sebenarnya memiliki rasa takut. Mengatasi rasa takut bukan berarti menghilangkan ketakutan sama sekali. Rasa takut itu mungkin tetap ada, tetapi Anda akan tetap bertindak karena Anda yakin mampu mengatasi akibatnya.

Jadi, untuk mengatasi takut, langkah pertamanya ialah jangan lebay dech… biasa-biasa saja terhadap kemungkinan buruk yang akan terjadi. Berpikirlah positif dan jernih. Yang kedua bangunlah kepercayaan diri Anda bahwa Anda akan melakukannya dengan baik dan mampu mengatasi akibatnya. Kunci mengatasi takut ialah berpikir positif dan percaya diri.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me

Latest posts by Rahmat Mr. Power (see all)

zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

11 Comments

    1. Berani bukan berarti membabi buta.

      Berani bukan berarti asal bertindak.

      Rasulullah saw dan para sahabat adalah sangat berani dalam berperang, tetapi beliau tetap menggunakan baju perang, menyiapkan peralatan perang, dan mengatur strategi jitu sebelumnya.

  1. Bener skali kalau kita bisa mengatasinya berarti kita adalah seorang yg pemberani,,, ingat takut bertindak menjauhkan kita dari kesuksesan. Tanks…

    1. Seperti iman, ada orang yang cendrung berbuat baik dalam hidupnya. Artinya perbuatan baik lebih banyak dibandingkan perbuatan buruk. Ada juga orang yang perbuatan jahatnya lebih banyak. Kita mau yang mana? Tentu, perbuatan baik yang banyak. Ini yang diperintahkan oleh agama.

      Begitu juga dengan rasa takut. Ada orang yang cendrung penakut, pengecut, tidak mau berbuat sesuatu yang lebih. Tetapi ada juga orang yang cendrung berani mengambil peluang, berani menyuarakan kebenaran, dan kebenarian positif lainnya. Dan orang yang berani seperti ini yang memiliki peluang sukses.

      Iman memang naik turun, tetapi Rasulullah saw mengajarkan bagaimana kita menjaga iman supaya tidak turun terus. begitu juga dalam meraih sukses, takut muncul mungkin saja, tetapi jangan terus takut atau hidup dikuasai oleh ketakutan.

      Itu maksud artikel ini. Menyebutkan wajar seringkali sebuah pembenaran atas dirinya yang penakut. Jadilah pemberani!

  2. Wah, bener deh tipsnya. Dunia gak selebar daun kelor men!! Nyante aja, jangan takut. Lagian 99 % ketakutan ternyata gak kebukti. Yang penting berusaha dan berdoa. ya gak Bro?!!

  3. = hati2 boleh, terlalu hati2 g bagus juga? Berarti memang kebukti nyata dan harus mengakui kalau Allah sudah memberi kita Segumpal darah “HATI” untuk manusia gunakan menyelaraskan “AKAL” & meredam “NAFSU” untk bisa tetap hidup di jalan yg benar. Allahu Akbar “Beruntunglah orang2 yg bs mengendalikan akal & nafsu dg hati yg bersih”!!!! Semga kita semua termasuk org2 yg beruntung AMIN…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield