Membangkitkan Kekuatan Dalam Diri

zona sukses

Anda Memiliki Kekuatan Luar Biasa

kekuatanAllah sudah memberikan kekuatan luar biasa kepada manusia. Satu dalil yang selalu memberi saya semangat adalah,

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (QS Al Baqarah:286)

Saat kita melihat atau merasakan beban begitu berat, namun berdasarkan ayat diatas, itu semua PASTI sesuai dengan kemampuan kita. Ini menunjukan bahwa kita sebenarnya memiliki kekuatan dahsyat dalam diri untuk menghadapi sebesar apa pun beban yang kita hadapi. Ini harus kita yakini, dan sebagai seorang yang beriman, pasti tidak akan pernah ragu sedikit pun apa yang dikatakan Al Quran.

Langkah pertama untuk membangkitkan kekuatan dalam diri Anda, ialah yakin bahwa kekuatan itu ada. Jika tidak yakin, Anda tidak akan pernah bisa membangkitkan kekuatan tersebut. Jadi yakinlah bahwa Anda memiliki kekuatan yang besar, lebih besar dibandingkan dengan beban yang Anda hadapi.

Ketahui Bagaimana Cara Menggunakan Kekuatan

Anda mungkin sudah mengetahui fungsi dongkrak. Sebuah alat kecil yang mampu mengangkat mobil saat Anda akan mengganti ban mobil. Dongkrak memiliki kekuatan, tetapi Anda tidak akan bisa memanfaatkan kekuatan dongkrak jika Anda tidak bisa menggunakannya. Begitu juga kekuatan dalam diri Anda, tidak akan berguna jika Anda tidak bisa memanfaatkan atau menggunakannya.

Tuntutlah Ilmu

Banyak yang mengatakan bahwa ilmu adalah kekuatan. Ini ada benarnya, karena dengan ilmu Anda bisa membangkitkan kekuatan dalam diri Anda. Banyak orang yang merasa tidak memiliki kekuatan yang besar, sebenarnya hanya dibatasi oleh pengetahuan dia saja. Dia tidak mengetahui bagaimana membangkitkan kekuatan yang ada dalam dirinya.

Berikut adalah contoh-contoh bagaimana ilmu bisa membangkitkan kekuatan:

  • Jika Anda mengetahui ilmu berpikir kreatif, maka Anda bisa menggunakan kekuatan kreativitas yang sebenarnya sudah ada dalam diri Anda. Jika Anda tidak merasa kreatif, karena Anda belum tahu ilmu kreativitas. Itu saja, artinya Anda perlu belajar kreativitas.
  • Begitu juga dengan kekuatan fisik, orang yang tahu ilmunya dan melatih kekuatannya akan lebih kuat dibandingkan yang tidak mengetahui ilmunya dan tidak berlatih.
Disarankan Untuk Anda:   Jangan Berhenti Karena Masalah

Jangan salah kaprah dengan pentingnya praktek kemudian mengabaikan ilmu. Praktek penting (akan dibahas kemudian) namun ilmu harus mendahului praktek. Saya akan gunakan analogi belajar berenang (ini yang sering digunakan oleh orang yang hanya mementingkan praktek).

Jika Anda belajar berenang serampangan, langsung praktek, masuk kolam, kemudian Anda tenggelam, dan mati. Tidak mau seperti ini bukan? Jika Anda akan langsung praktek belajar berenang, maka Anda harus mengetahui dulu ilmunya. Apa saja?

  • Anda harus tahu, kalau belajar berenang, gunakan kolam yang dangkal dulu.
  • Anda harus tahu, kalau belajar berenang, harus ada pelatih atau setidaknya pengawas.
  • Anda harus tahu, apa dulu yang harus dilatih saat praktek belajar berenang.

Jika tidak, maka Anda akan sangat beresiko, bahkan tenggelam sampai meninggal. Ilmu dulu, kemudian praktekan. Yang penting Anda jangan menghabiskan buku renang yang tebalnya bersaing dengan bantal, kemudian praktek. Miliki ilmu secukupnya, kemudian jangan tunda untuk praktek.

Latihlah Kekuatan Anda

Seperti disebutkan diatas, bahwa kekuatan akan muncul jika kita tahu ilmunya dan mau melatih kekuatan tersebut. Anda tidak bisa membeli kekuatan diri Anda, namun Anda bisa melatihnya sampai kekuatan itu muncul. Bagaimana cara melatihnya?

  1. Anda bisa langsung praktek (setelah tahu ilmunya). Jika gagal, evaluasi, dan coba lagi. Semakin sering Anda mencoba, akan semakin kuat Anda. Ini latihan learning by doing.
  2. Anda bisa berlatih dengan latihan khusus. Seperti berenang, Anda bisa berlatih di tempat khusus, waktu khusus, dan dengan pembimbing. Kemudian prakteklah pada dunia sesungguhnya. Seperti tentara yang sehari-harinya selalu diisi dengan latihan dan latihan agar siap menghadapi perang sesungguhnya.

Mana yang terbaik? Anda harus melihat situasi dan kondisi. Apakah perlu latihan dulu atau langsung praktek? Pertimbangkan dengan bijak, jangan sampai membahayakan diri Anda. Jika Anda langsung berbicara bahasa Inggris di depan orang banyak, sementara Anda belum bisa bahkan dasarnya sekali pun, ini bisa bahaya. Saat Anda ditertawakan oleh orang lain, langsung drop, dan kapok bicara bahasa Inggris untuk selamanya. Kecuali Anda sudah melatih kekuatan mental Anda sebelumnya, mungkin bisa langsung praktek (artinya tetap harus latihan dulu).

Disarankan Untuk Anda:   Cara Mengatasi Masalah

Untuk Apa Kekuatan Diri Itu?

Ada dua fungsi utama kekuatan.

Untuk Bertahan dan Mengatasi Masalah

Dalam hidup, kita akan selalu menghadapi masalah dan rintangan. Namun kita tidak perlu takut, sebab setiap masalah dan rintangan yang ada sudah disertai dengan jalan keluarnya. Anda sudah memiliki kekuatan untuk mengatasi masalah hidup dan mengatasi rintangan yang menghambat Anda. Jika kekuatan itu belum nampak, artinya Anda perlu membangkitkannya seperti yang dijelaskan diatas. Yakinlah, belajarlah, latihlah, dan cobalah.

Untuk Berjuang dan Mencapai Tujuan Besar Anda

Dalam hidup juga penuh perjuangan, termasuk berjuang untuk meraih cita-cita Anda baik di dunia maupun di akhirat. Semuanya butuh perjuangan dan perjuangan butuh kekuatan. Sekali lagi, kekuatan itu ada dalam diri Anda, yang Anda perlukan ialah membangkitkan kekuatan itu.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield