Mekanisme Meraih Sukses

Banyak hikmah di sekitar kita. Salah satunya dari sistem kendaraan, misalnya sebuah modil. Kenapa mobil? Mungkin saya lulusan mesin, sehingga saya tertarik di cara kerja mobil. Saya lihat ada prinsip kerja mesin mobil yang bisa kita ambil hikmahnya dan diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Saat ini saya melihat bagian gigi transmisi sebuah mobil.

Saat Anda mulai menjalankan mobil, gigi berapa yang Anda gunakan? Tentu saja gigi satu. Meskipun Anda sedang terburu-buru, adalah tidak mungkin Anda langsung masuk gigi 4 agar mobil berjalan dengan kencang. Mengapa dipilih gigi 1? Karena inilah gigi yang paling memiliki torsi paling besar untuk memulai perjalanan. Coba saja gigi 4, nggak akan kuat.

Apa hikmahnya? Dalam kehidupan sehari-hari, kadang untuk memulai sesuatu yang baik, sulitnya minta ampun. Mengapa begitu sulit? Sebab kebanyakan orang selalu langsung masuk gigi 4 dan tancap gas. Sekeras apapun gas Anda injak, jika transmisi tidak kuat, mobil tidak akan bergerak.

Mulailah dengan gigi satu, pelan tetapi bertenaga. Salah satunya ialah dengan mempelajari ilmunya terlebih dahulu saat akan melakukan sesuatu yang berat. Banyak orang yang tidak mau belajar dulu, sebab tidak terlihat hasilnya. Itulah gigi 1, sepertinya tidak punya kecepatan, tetapi memiliki kekuatan yang besar. Knowledge is power!

Setelah mampu berjalan, jangan betah di gigi satu. Sebab sangat lambat. Karena lambatnya, kita mungkin cepat menyerah karena hasilnya belum juga terlihat. Adalah bosa mengendarai mobil dengan kecepatan yang rendah. Anda harus pindah gigi agar Anda bisa lebih cepat dalam meraih tujuan. Sekeras apa pun Anda menginjak pedal gas tetapi tetap pada gigi 1, maka mobil tidak akan bisa berlari dengan kecepatan maksimum. Jika ingin cepat, pindahkan ke gigi 2, 3, 4, bahkan 5.

Memindahkan gigi itu ialah dengan meningkatkan paradigma, mindset, atau pola pikir. Jika Anda mau lebih cepat meraih sukses, Anda harus meningkatkan pola pikir Anda. Jika tidak, akan ada selalu ada yang membatasi Anda untuk beranjak dari kecepatan Anda saat ini.

Jika Anda ingin memiliki penghasilan Rp 100.000.000 sebulan, maka Anda harus memiliki mindset yang sama dengan orang yang sudah memiliki penghasilan sebesar itu. Jika tidak, sekeras apa pun Anda bekerja, hasil yang Anda inginkan tidak akan tercapai. Bukankah tidak asing mendengar kalimat

“Saya sudah berusaha.”

Mungkin dia sudah berusaha, tetapi sudahkan dia meningkatkan pola pikir? Bagaimana dengan Anda? Jika belum, Anda bisa mendapatkan rahasianya disini.