Mau Kaya? Berdo’alah, Tapi Bukan Sekedar Berdoa

zona sukses

Dalam berbagai buku cara kaya yang ditulis oleh para milyarder barat, saya sering menemukan bahwa langkah pertama untuk kaya ialah kita jangan “alergi” dengan kekayaan. Jangan berpikir bahwa kekayaan itu jahat, orang kaya itu jahat, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kekayaan adalah jahat. Selama pikiran itu ada di dalam hati kita, kita tidak akan pernah kaya. Yang penting, seperti dikatakan oleh Bob Proctor, uang harus menjadi pelayan kita, bukan kita menjadi budak uang. Lalu bagaimana cara Rasulullah saw kaya?

Ternyata, dari sekian do’a yang pernah diucapkan oleh Rasulullah saw, ada beberapa do’a yang meminta kaya atau jauh dari kemiskinan. Coba simak beberapa do’a berikut ini:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan, kesucian diri, dan kekayaan.” Diriwayatkan oleh Muslim, Tirmidzi, dan Ibn Majah dari Ibn Mas’ud, Shahih. al-Jami’, as-Shaghir, 1275.

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemiskinan, kepapaan, dan kehinaan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kezaliman orang dan menzalimi orang.” Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasai, Ibn Majah, Hakim dari Abu Hurairah r a ( al-Jami’, as-Shaghir, 1287)

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemiskinan, kekufuran, kefasikan, perpecahan, dan kemunafiqan.” Diriwayatkan oleh Hakim dan Baihaqi di dalam al-Du’a,dari Anas, ibid., 1285

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelaparan, karena sesungguhnya ia adalah seburuk-buruk sahabat.” Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasai dan Ibn Majah dari Abu Hurairah r.a., ibid., 1283

Dan, do’a kita akan dikabulkan jika kita yakin dengan do’a kita. Seharusnya setelah membaca do’a-do’a yang dicontohkan oleh Rasulullah ini, hidup kita menjadi lebih cerah, berharapan, dan optimis. Kenapa tidak? Kita akan kaya, lambat atau laun karena kita sudah berdo’a dan yakin dengan do’a kita.

Disarankan Untuk Anda:   3 Kepercayaan Yang Menghancurkan Kepercayaan Diri

Jika Rasulullah saw saja berdo’a untuk kaya, mengapa kita tidak? Rasulullah saw memang pernah mengatakan kebaikan orang-orang miskin. Tapi Rasulullah juga pernah menyebutkan kelebihan orang kaya.

Sesungguhnya Allah mencintai hamba-Nya yang bertaqwa, kaya, dan tidak menonjolkan dirinya.” Diriwayatkan oleh Ahmad dan di-shahih-kan oleh Hakim, Ibn Hibban, dari Amr bin Ash.

Tahukah Anda kalau Rasulullah saw itu sebenarnya kaya? Hanya kehidupan beliau sangat sederhana karena semua kekayaan beliau hanya untuk dakwah. Itu suatu pilihan. Jika Anda kaya, Anda masih bisa tetap hidup sederhana, tetapi jika Anda miskin Anda tidak bisa hidup seperti orang kaya.

Ada dua hal yang penting untuk dilakukan setelah Anda kaya. Tetap bertaqwa dan jangan menonjolkan diri seperti hadits riwayat Ahmad diatas.

Berdo’alah untuk kaya.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

15 Comments

  1. belum banyak buku atau artikel yang mengupas mengenai “the secret” dalam Islam, mulai dari al quran, al hadits sampai peri kehidupan Rasulullah SAW…
    saya lihat kebanyakan buku2 islam yang mengupas masalah kekayaan, the secret, dll yang sejenis terkesan ikut2an…
    hanya satu dua saja yang memang punya cita rasa islam asli tanpa ikut2an…
    salah satunya artikel yang ditulis pak Rahmat ini..
    Jazakalloh khairon katsiro…. amin…

  2. Alhamdulillah Mas email yang saya terima mencerahkan kembali ingatan saya. Memang kadang-kadang saya sendiri kurang berdo’a untuk menjadi kaya. Karena biasanya saya hanya mengandalkan do’a sapu jagat. Ya semoga tulisan Mas yang mengingatkan kita semua untuk berdoa’a agar kaya akan menjadikan kita semua ingat akan kekekuatan do’a. Dan pada akhirnya kita semua akan menjadi orang yang kaya dan bertaqwa. Amiin.

  3. Berdo’a dan berusaha itu wajib hukumnya bagi setiap muslim, karena tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah. Tapi ingat bila kita belum juga kaya sementara usaha masih terus berjalan dan do’a tetap di panjatkan itu berarti ALLAh masih sayang dengan do’a kita, ALLAH masih suka mendengar rintihan do’a kita. Jangan berputus asa karena ALLAH maha tau yang terbaik bagi kita mahluknya.
    Semoga bermanfaat.

  4. Assalamu ‘alaikum wr wb

    Bapak Rahmat yang dirahmati Alloh..
    Jazakumullohu khoiron katsiro atas artikel-artikelnya yang dikirimkan lewat Email ana,semoga menjadi amal baik Bapak Rahmat yang Insya Alloh akan dibalas oleh Alloh dengan balasan pahala yang berlipat ganda. Amien
    Mari kita saling mendoakan supaya kita bisa sukses,sehingga dengan kesuksesan tersebut kita bisa ikut berjihad menegakkan Agama Alloh lewat dunia maya. Tolong bantu saya dalam segala hal kususnya yang berhubungan dengan dunia Internet karena ana pendatang
    baru yang masih harus banyak belajar saat ini.
    Wassalamu ‘alaikum wr wb

  5. Doa yg kita ucapkan selalu didengar oleh Allah SWT.Cuman kita tidak pernah tau kapan doa itu akan terkabulkan.Tapi yg jelas yakinkanlah pada hati apapun yg diberikan oleh Allah kepada kita patut untuk disyukuri.karna Allah maha mengetahui dan maha bijaksana apa yg terbaik untuk kita.

    1. “Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa) nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?” (QS 46:5)

  6. Asslm,wrwb, setelah banyak membaca artikel akhi rahmat, sangat bermamfaat, jazakumullah akhi, smg allah slalu memberikan ilmu slalu bermamfaat, ilmu memang tidak ada habisx. wasslm. kalau ada bisnis yg baik ajaklah ana akhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield