Masalah Anda Bernilai Jutaan

Anda punya banyak masalah? Sama dengan saya. Dan semua orang juga memiliki masalah. Masalah adalah bagian dari hidup kita. Yang tidak memiliki masalah hanyalah orang yang sudah menikmati kenikmatan Jannah di akhirat kelak, semoga kita menjadi salah satunya. Sementara, selama kita hidup, masalah adalah bagian dari hidup kita, kita tidak bisa lepas dari masalah.

Tentu saja, bukan berarti kita harus membiarkan masalah. Masalah yang ada harus kita selesaikan sebab jika tidak masalah baru akan datang dan akan menambah masalah yang sudah ada. Semakin menumpuk masalah kita, akan semakin besar beban hidup kita. Dan, satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ialah dengan menghadapinya. Masalah tidak akan selesai dengan menghindarinya. Jika kita menghindari masalah, sesungguhnya masalah itu tetap saja ada.

Dalam sebuah buku yang berjudul Cracking The Millionaire Code, karangan Mark Victor Hansen (penulis Chicken Soup for the Shoul), dan Robert G. Allen (penulis Creating Wealth) dikatakan bahwa masalah Anda bernilai jutaan. Jadi semakin banyak masalah yang Anda miliki, sebenarnya semakin kaya saja Anda. Tentu saja kekayaan ini Anda miliki jika Anda mampu mengoptimalkan semua masalah Anda.

Ada dua cara untuk mendapatkan manfaat dari masalah Anda:

  1. Ambil hikmahnya. Selalu ada hikmah dibalik masalah. Semakin banyak masalah semakin banyak hikmah yang Anda dapatkan. Betulkah ini bernilai jutaan? Anda bisa mengeluarkan uang puluhan sampai ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan pelajaran dari orang lain. Begitu juga, sebenarnya setiap hikmah yang Anda dapatkan memiliki nilai yang sama. Coba kumpulkan semua hikmah yang Anda miliki dan hargai setiap hikmah kemudian hitung berapa total nilai yang Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan pelajaran bernilai jutaan dengan mengambil hikmah dari masalah Anda sendiri. Lebih jauh tentang hikmah sudah saya tulis dalam ebook Beautiful Mind Power.
  2. Manfaat diatas boleh dibilang tidak real. Anda bisa mendapatkan nilai real (jutaan) dari hikmah Anda dengan menjualnya. Anda bisa menulis buku, mengajar, mengadakan seminar, dan menulis ebook.

Terlepas, cara mana yang mau Anda lakukan untuk memanfaatkan masalah Anda, yang jelas Anda masalah Anda bernilai jutaan. Hadapi masalah, jangan menghindarinya, sebab masalah adalah bagian dari hidup kita dan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita.