Masa Lalu dan Masa Depan

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

masa laluAda yang bertanya, sejauh mana masa lalu mempengaruhi kesuksesan kita di masa depan?

Sebelum kita menjawab pertanyaan diatas, kita lihat faktanya saja. Ada orang yang memiliki masa lalu kelam, masa lalu yang pahit, dan penuh kegagalan, namun saat ini mampu meraih sukses. Ada juga orang yang sekarang sukses karena masa lalunya penuh dengan kesuksesan. Sebaliknya juga ada, tidak sedikit orang yang memiliki masa lalu indah dan gemilang namun mengalami keterpurukan saat ini.

Anda sudah bisa menebak jawaban pertanyaan diatas? Ini alasannya.

Masa lalu, baik atau buruk, akan meninggalkan kenangan. Baik kenangan indah yang membuat kita semangat. Namun kadang, kenangan indah juga membuat orang terlena. Beruntunglah yang menjadikan kenangan indah sebagai pemicu semangat. Begitu juga, ada orang yang meninggalkan kenangan pahit kemudian dijadikannya sebagai cambuk yang memotivasi dirinya hingga sukses. Namun, tidak sedikit orang yang hilang semangat karena masa lalu yang kelam.

Jadi, terlepas apakah masa lalu kita itu baik atau buruk, yang terpenting ialah bagaimana kita mengambil hikmah kemudian dijadikan sebagai landasan kita untuk melangkah ke depan saat ini. Tidak peduli apakah kenangan itu baik atau buruk, keduanya mengandung hikmah. Selanjutnya, apakah Anda mau memanfaatkan hikmah itu sebagai tindakan saat ini atau tidak?

Kuncinya Ada Pada Saat Ini
Kuncinya ada pada saat ini, bukan masa lalu. Bagimana Anda bersikap dan bertindak sekarang. Bagaimana Anda menyikapi masa lalu kemudian mengambil tindakan untuk menyongsong masa depan.

Itulah yang perlu Anda lakukan saat ini atau sekarang: mengambil hikmah dan bertindak.

Saya teringat dengan kata-kata W Michell, orang yang sebagian besar tubuhnya pernah terbakar dan hidup diatas kursi roda. Dia mengatakan

It’s not what happens to you. It’s what you do about it.

Ini bukan tentang apa yang terjadi pada Anda. Ini tentang apa yang Anda lakukan dengannya. Fokusnya: apa yang Anda lakukan. Kapan? Ya sekarang.

Ada kata-kata yang indah, yang dikatakan oleh baginda Rasulullah saw

Aku mengagumi seorang mukmin. Bila memperoleh kebaikan dia memuji Allah dan bersyukur. Bila ditimpa musibah dia memuji Allah dan bersabar. Seorang mukmin diberi pahala dalam segala hal walaupun dalam sesuap makanan yang diangkatnya ke mulut isterinya. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Apa pun yang terjadi di masa lalu, kebaikan atau musibah, keduanya menjadi lahan mendapatkan pahala dari Allah.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 12 Comments.

  1. badar
    10:44 pm September 21, 2010

    Assalamu’alaykum…, boleh saya izin share di blog saya? trimakasih

  2. Uny Az_Zahra
    11:08 am September 24, 2010

    * knpa orng sllu mengungkit masalaluQ smpai sy trpuruk n trjatuh..?
    * knpa sy sllu dihantui masalalu se2orang?

    • Semua kembali kepada kita. Apa yang terjadi pada diri kita adalah ujian dari Allah dan bahan instropeksi bagi diri kita. Kenapa orang lain selalu mengungkit masalah kita? Bagaimana dengan cara kita bersikap? Kenapa orang lain tidak ungkit?

      Pikirkan dan jawablah dengan jujur jika ingin menyelesaikan masalah. Masalah akan tetap ada jika kita terus melakukan pembenaran pada diri sendiri.

      Yang kedua, alasannya karena Anda fokus padanya. Sekarang, alihkan fokus Anda. Mulailah dengan shalat yang khusyuk, membaca al quran, membaca buku-buku agama, motivasi, atau buku positif lainnya. Insya Allah fokus pikiran kita akan lebih terarah kepada yang baik.

      Mohon maaf, semua demi kebaikan Anda sendiri.

  3. Indrawati
    10:31 pm September 28, 2010

    Bagaimana memotivasi diri utk bertahan atas cobaan saat ini tanpa menyesali kejadian masa lalu ?

  4. Ahmad syifa
    11:03 pm October 22, 2010

    kemarin adalah kenangan
    hari ini adalah kenyataan, dan
    hari esok adalah harapan.
    terimakasih pa rahmat,krn dgn mmbca artikel bp mmbt sy mengingat pesan ini utk djdkn landasan pacu utk lbh baik lg d masa2 yg akn dtg.

  5. choty
    10:42 am November 3, 2010

    like it…

  6. IKHSAN,S.Pd
    10:55 pm November 3, 2010

    Bags artikelnya, kita tdk boleh trmanggu dg masa lalu, yg dpt mghntikan drp langkah kita ke ms dpn, tapi jadilah masa lalu sbg acuan u/ meraih masa dpn yg lbh cemerlang, smg bermanfaat bagi kita semua

  7. gimana y pak..
    nasib aku slalu gagal trus
    dalam bercinta maupun dalam pekerjaan

  8. tri novi
    12:15 pm January 24, 2011

    pak saya mw tanya,kadang saya berfikir bgmna masa depan saya nantinya,justru sya tambah bingung sndiri.trus bagaimana saya mengatasinya?

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield