Masa Lalu Bukan Potensi Anda

zona sukses

Sikap Yang Salah Terhadap Masa Lalu Bisa Menyesatkan Anda

masa laluJika kita merasa ragu terhadap sesuatu, karena kita sering kali melihat masa lalu. Apa yang Anda dapat hari ini adalah hasil dari masa lalu. Semua pemikiran dan tindakan Anda dimasa lalu akan menjadikan Anda saat ini. Jadi jika Anda melihat Anda saat ini, artinya Anda melihat masa lalu. Kemudian Anda memberikan “cap” pada diri Anda saat ini. “Inilah saya”. Maka Anda akan seperti hari ini selamanya.

Karena Anda melihat masa lalu yang seperti itu, kemudian Anda menganggap bahwa Anda pun akan seperti itu selamanya. Ada hal yang memang tidak berubah, yaitu yang berkaitan dengan kondrat manusia seperti jenis kelamin, kapan, serta dimana kita dilahirkan. Yang sudah terjadi pun tidak bisa diubah. Saat dulu Anda gagal, memang kegagalan itu tidak bisa diubah, tetapi tidak berarti esok lusa Anda akan gagal terus. Masa lalu adalah masa lalu dan masa depan adalah masa depan.

Hanya Satu Yang Bermanfaat Dari Masa Lalu

Betulkah kondisi saat ini mencerminkan potensi diri Anda sesungguhnya? Selama masih bisa bertindak, kondisi hari ini bukanlah cerminan potensi Anda. Anda masih bisa belajar dan masih bisa bertindak untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi. Hanya satu yang bisa Anda dapatkan dari masa lalu, yaitu hikmah. Ambillah hikmahnya, kemudian jadikan sebagai bekal untuk menuju masa depan yang lebih baik.

Selama maih bisa belajar, berarti masih ada potensi yang bisa dikembangkan. Masa lalu Anda baru menampilkan “sebagian” dari potensi Anda. Pertanyaanya, maukah Anda tetap belajar?

Kita seperti sedang ada di jalan. Mungkin Anda melalui panjangnya jalan. Untuk ke depan, Anda bisa memilih jalan Anda. Apakah tetap lurus, belok ke kanan, atau belok ke kiri. Posisi saat ini adalah hasil dari langkah Anda di masa lalu. Sementara posisi Anda di masa depan adalah hasil dari keputusan dan langkah Anda saat ini, insya Allah.

Disarankan Untuk Anda:   Inspirasi Dari Kemampuan Manusia Yang Luar Biasa

Bagaimana Pun Masa Lalu Anda, Anda Bisa Berubah

Mungkin, Anda pernah berpikir atau mengatakan:

“Saya tidak bisa melakukannya.”
“Saya tidak mampu.”

Pernyataan ini menggambarkan suatu kondisi Anda. Pertanyaanya, kondisi kapan? Masa lalu atau masa depan?

“Oh tidak, pernyataan ini menggambarkan kondisi saya saat ini. Saya memang tidak bisa melakukannya saat ini.”

Mari kita tanyakan lagi, mengapa tidak bisa? Mengapa Anda pikir Anda tidak bisa?

“Karena kemampuan saya sekarang sebatas ini.”

Kenapa hanya sebatas ini?

“Inilah hasil belajar dan pengalaman saya selama ini.”

Hasil belajar dan pengalaman masa lalu kan?

“Iya sich.”

Jadi kondisi Anda saat ini adalah hasil dari masa lalu. Masa lalu dimulai dari detik ini ke belakang.

Lalu bagaimana dengan masa depan? Apakah Anda tidak bisa belajar lagi?

“Ya tentu, saya bisa belajar.”

Apakah Anda bisa melakukan hal baru jika belajar?

“Mungkin.”

“Mungkin” adalah starting point yang lebih baik dibanding kata “tidak bisa”. Kata “mungkin” mengandung sebuah harapan, sebaliknya kata “tidak bisa” memupus harapan.

Dulu, ada seorang kerabat saya mengatakan

“Uang dari mana untuk membiayai anak kuliah?”

Itu dulu…

Sekarang?

Anaknya kuliah!

Dulu, ayah saya berkata kepada saya:
“Sekarang memang tidak punya uang, tetapi jika Allah mengijinkan, kamu bisa menyelesaikan kuliahmu. Kekurangan uang tidak bisa menghalangi kekuasaan Allah.”

Arahkan Saja Langkahmu Kearah Yang Lebih Baik

Terlepas Anda datang dari mana, Anda bisa mengarahkan langkah ke mana saja. Anda tinggal mengarahkan atau membelokan stir ke arah yang lain, yaitu arah yang lebih baik. Anda tidak usah melihat masa lalu terus. Menyesali dan menganggap itu adalah gambaran Anda. Itu adalah jalan yang sudah Anda lalu dan akan berbeda dengan jalan di depan yang akan Anda tempuh.

Disarankan Untuk Anda:   Yakinlah Rencana Allah Itu Lebih Baik - Optimalkan Saja

Dan, semua itu adalah keputusan Anda. Apakah Anda akan diam terpaku melihat masa lalu? Ataukah melihat masa depan dengan penuh optimis dan melangkah ke arah yang lebih baik?

Cara Menemukan Jalan Yang Lebih Baik

Jika Anda bingung menemukan jalan yang lebih baik yang harus Anda tempuh, itu semua karena cara berpikir Anda masih menggunakan cara berpikir yang lama. Dengan kemampuan berpikir dan pengetahuan yang usang mungkin akan sulit menemukan jalan baru yang lebih baik. Artinya Anda harus meningkatkan kemampuan berpikir, menuntut ilmu, mendapatkan bimbingan, dan berbagai cara belajar lainnya.

Jika kita tidak bisa melihat masa depan yang lebih baik, artinya kita perlu membuka mata dan hati kita agar jelas jalan terbentang didepan sana. Seringkali, masa depan tidak bisa kita lihat karena masa depan begitu gelap. Untuk itu kita perlu meneranginya dengan pengetahuan, keterampilan, optimisme, dan percaya diri serta berdo’a kepada Allah agar menerangi jalan kita.

Masa lalu bukan potensi Anda sebenarnya.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield

Dapatkan Info Artikel Terbaru, Masukan Email Anda, Kemudian Klik Daftar:
+