Manusia adalah Software, bukan Hardware

zona sukses

004_32Dulu ada yang beranggapan bahwa manusia adalah tubuh yang berjiwa, tapi anggapan itu sekarang telah beralih dengan adanya pengembangan disiplin ilmu Psychology yang kini sudah berjalan melangkah keluar, memasuki area metafisik – Parapsychology. Ilmuwan di negara barat sependapat bahwa manusia adalah jiwa yang bertubuh, jangan heran kalau mereka pun mampu melakukan experience outside body (EOB) atau yang disini dikenal dengan istilah ragasukma.

Jika sebuah mobil melintas di hadapan kita, maka pandanglah sang supir – itulah manusia nya yang mengendalikan alam semesta dirinya baik fisik maupun metafisik. Terkadang terjadi sang supir lengah, lalu mendekatlah seorang preman – supir dipukul pingsan, preman masuk kedalam mobil dan mengendalikannya, akhirnya jalan mobil ga karuan. Begitulah serupa dengan kasus kesurupan yang kadang terjadi, disaat sang supir sebagai pemimpin unsur bumi (kholifah fil aradh) lengah, maka kendali dipegang oleh lainnya

Kembali, bahwa manusia adalah JIWA yang bertubuh. Tubuhnya tidak lain hanyalah unsur mineral semata yang tidak beda dengan unsur bumi, yang bisa rusak termakan hukum alam atau law of the universe (sunnatullah). Tidak ada yang bisa dibanggakan dari tubuh manusia, baik dari kekuatan, keindahan dan lainnya. Tubuh Gajah jauh lebih besar daripada tubuh manusia, kekuatan tubuh gajah jauh melebihi kekuatan tubuh manusia, mata seekor burung elang jauh lebih tajam daripada mata manusia.

Lalu kenapa manusia dikatakan sebagai pemimpin di alam semesta ini, baik alam semesta micro yang merupakan dirinya sendiri maupun alam semesta makro. Allah ber firman bahwa dijadikan nya manusia adalah sebagai Master of The Universe, pemimpin .. tapi kenapa tubuhnya kalah kuat dengan gajah, matanya kalah tajam dengan elang? Benar, kalau kita bicara tubuh manusia sangatlah rentan. Tubuh manusia bukanlah yang diisyaratkan sebagai khalifah, tetapi jiwa tersebutlah yang di isyaratkan sebagai pemimpin – karena manusia memang adalah JIWA yang bertubuh.

Disarankan Untuk Anda:   Potensi Manusia Yang Harus Disyukuri Dan Cara Mengoptimalkannya

Mata seekor burung hantu bisa melihat di kegelapan malam.
Mata (‘ainun) manusia tidak mampu melakukan hal itu tapi ..
PANDANGAN (bashor) manusia dapat melihat menyeberangi lautan ribuan kilometer, yang mana tidak mampu dilakukan oleh burung elang atau makhluk apapun. Itulah hebatnya unsur rohani manusia, unsur langit manusia atau unsur samaawaat.

Manusia  adalah jiwa yang bertubuh, manusia adalah samaawaat yang terbungkus aradh. Karena itu marilah kita mulai alihkan perhatikan kita tidak melulu pada unsur jasad kita tapi lebih menitikberatkan pada unsur samaawaat kita, tidak melulu fokus pada hardware kita tetapi lebih menekankan pada perawatan software, pengembangan software, pengoptimasian software sebagaimana hakikat diri manusia yaitu JIWA yang BERTUBUH.

Latest posts by Ahmad Hilal (see all)

Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

5 Comments

  1. Setuju tuh bang,

    tapi ada juga manusia yang memiliki sifat bawaan yang jelek dan susah memperbaikinya seolah-olah udah jadi bawaan fisik alias mendarah daging.

    thanks pencerahannya.

  2. Manusia mempunyai BIOS seperti halnya komputer. Dalam BIOS itu sudah ditetapkan semua perangkat manusia, dari hardware maupun software nya. Kadang memang ada manusia yang mempunyai BIOS kurang handal. Dalam diri manusia, BIOS itu ada dalam kode genetik, tidak ada yang mampu membongkar kode genetik bawaan itu kecuali BIG BOS nya langsung Allah azza Wa Jalla..hanya doa yang bisa mengubah takdir.

    🙂 sekedar share lho

  3. betul bgt,tubuh ni hanya kumpulan se onggok daging yang di aliri darah dan kemudian ditiupkan ruh di dalamnnya.jadi ga ada yang dapat di banggakan oleh tubuh ini tanpa softwarenya yaitu JIWA.

  4. Assalamu alaikum…

    Allah SWT telah menciptakan manusia dengan kesempurnaanya. dan Allah SWT telah pula mengatur segala sesuatu aturan yang berkaitan dengan alam semesta.

    Ketika manusia mengenal jiwa yang sesungguhnya yang ada dalam balutan daging berisi darah. kemudian manusia itu semakin tahu apa kemampuan yang ada disana. maka beruntung untuk mereka yang memiliki tameng iman sehingga bersyukur atas apa yang diterima dan sekaligus berusaha menjaga titipan yang Kuasa itu.
    Namun ketika virus ganas (syetan) masuk kedalam sebuah software jiwa manusia maka ketika itu aturan yang diberlakukan oleh Sang Maha Hidup dilagi dihiraukan. dan untuk itu Allah telah mempersiapkan azab yang maha pedih..

    Sebuah tulisan yang dasyat. Salut untuk anda

    Wassalamu alaikum

  5. manusia adalah software saya gak setuju, menurut saya tubuh tetap za sebuah alat yang dikendalikan oleh ruh, adapun softwarenya adalah akalnya dengan bentuk programnya adalah ilmu yang dipelajarinya namun tetap pengendaliannya ada pada ruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield