Kreativitas: Menghindari PHK

kreativitasSebuah perusahaan terselamatkan oleh kreativitas, sebuah ide kecil. Ini adalah kisah nyata, Anda atau perusahaan Anda bisa menerapkannya juga. Perusahaan Edelston menjual satu setengah juta buku berjilid setiap tahunnya. Biaya pengiriman semakin lama semakin mahal.

Perusahaan sudah mencoba mengganti jilid dengan kertas yang lebih ringan, tetapi mengorbankan kualitas. Akhirnya ada sebuah ide yang bisa menyelamatkan perusahaan ini dari kebangkrutan.

Idenya sangat sederhana dan tidak menurunkan kualitas buku yang berarti. Caranya dengan memotong satu per empat puluh cm. Pemotongan yang kecil dan buku seolah tidak berubah. Namun dampaknya luar biasa. Biaya pengiriman berkurang sangat signifikan sehingga perusahaan ini terus bertahan. Ide yang sederhana namun bisa menyelamatkan banyak orang. Inilah mengapa kreativitas begitu penting dalam bisnis.

Saat saya bekerja sebagai Product Engineer di sebuah perusahaan multi nasional, saya sempat membuat perubahan kecil pada desain produk yaitu dengan cara mengurangi dimensi suatu komponen produk sehingga beratnya berkurang beberapa gram. Ternyata bisa menghemat uang yang cukup menggaji dua orang engineer setiap bulannya. Sampai sekarang saya yakin, perusahaan tersebut masih menikmati penghematan tersebut. Kreativitas bisa menghemat biaya produksi.

Kreativitas bisa menghindari PHK jika bisa memanfaatkannya dengan baik. Jika Anda seorang leader atau pemilik perusahaan, langkah pertama ialah mulai membudayakan berpikir kreatif di linkungan perusahaan. Caranya sederhana, yaitu dengan mendorong setiap karyawan untuk menghasilkan ide kemudian berikan penghargaan dari setiap ide yang masuk. Jangan pernah mengkritik bahkan mencela suatu ide, sejelek apa pun ide tersebut. Akan lebih baik, jika karyawan Anda mendapatkan pelatihan kreativitas agar lebih mudah menghasilkan ide.

Jika Anda seorang karyawan, mulailah menjadikan diri Anda sebagai orang yang sangat dibutuhkan. Jangan jadikan diri Anda sebagai beban pengeluaran, tetapi justru menjadikan diri Anda penyelamat perusahaan dengan ide-ide inovatif Anda. Usulkan ide-ide hebat Anda, ditolak atau tidak, sebagai bukti bahwa Anda peduli dengan keberlangsungan perusahaan tempat dimana Anda bekerja. Jika Anda masih mentok dalam menghasilkan ide kreatif, miliki eBook kreativitas ini. Atau undang saya untuk memberikan pelatihan kreativitas di perusahaan Anda.