Kita Semua Unik

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Kita Semua Unik

kita semua unikPengidolaan sepenuhnya kepada seseorang bukanlah sesuatu yang wajar, kita semua unik. Tidak perlu merasa rendah atau melebih-lebihkan orang lain dibanding diri sendiri. Bahkan Rasulullah SAW pun tidak menyuruh umatnya untuk benar-benar 100% meniru tingkah laku beliau. Rasulullah memberikan keleluasaan kepada para shahabat dalam urusan muamalah. Hanya untuk urusan ritual saja, yang harus benar-benar sesuai dengan yang dicontohkan atau yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Mengapa demikian? Karena fitrah manusia adalah bahwa setiap manusia diberikan keunikan masing-masing. Kita semua unik. Keunikan inilah yang memberikan kelebihan kepada kita. Popularitas tidaklah menunjukkan seseorang itu lebih baik. Kita masing-masing punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jangan iri dan kecewa jika orang lain memiliki keunggulan dibanding kita, karena kita juga memiliki keunggulan dibanding orang lain.

Kita Semua Unik, Begitu Juga Dengan Para Sahabat

Mari kita tengok, bahwa para sahabat Rasulullah SAW pun memiliki keunikan masing-masing. Lihatlah Umar ra dan Abu Bakar ra. Mereka tidak memiliki karakter yang sama meskipun mereka sama-sama termasuk manusia unggulan setelah para Nabi. Kedua-duanya berbeda, tetapi kedua-duanya unggul. Umar ra dikenal sebagai tokoh yang keras dan tegas. Sedangkan Abu bakar ra dikenal sebagai orang yang lembut dan penuh perasaan.

Bilal dikenal dengan suara merdu dan konsistensinya, Salman al Farisi dengan kemampuannya sebagai arsitek ulung. Abdurahman bin Auf sebagai pedagang yang sukses, Qais bin Saad dengan kecerdikan dan kepandaiannya, Ali ra dikenal sebagai pintu ilmu, dan masih banyak contoh lainnya. Yang jelas kita bisa melihat bahwa mereka adalah orang-orang unggul dengan keunikannya masing-masing.

Kita pun sama. Kita memiliki keunikan masing-masing yang dapat menjadi keunggulan kita masing-masing. Kita semua unik. Sering orang merasa rendah melihat keunggulan orang lain. Dia bukan tidak punya keunggulan, dia hanya saja belum menggali potensi yang ada pada dirinya. Kita semua memiliki keunikan. Maka siapa pun kita, menjadi besarlah dengan keunikan itu.

Kita Semua Unik Dengan Potensi Masing-masing

Kita semua unik dengan potensi yang kita miliki masing-masing. Setiap orang akan memiliki potensi yang berbeda dengan orang lain. Hanya saja, ada potensi yang membuat populer ada juga yang tidak. Untuk itu, orang populer belum tentu lebih baik dibanding kita. Mungkin di satu sisi dia lebih baik, tetapi di sisi lain kita yang lebih baik.

Anda memiliki keunikan potensi, yang tentu bisa digali agar muncul ke permukaan. Jangan katakan tidak memiliki potensi, Anda hanya belum menggalinya dan belum memolesnya. Potensi Anda seperti emas dan intan. Untuk menemukan harus di gali dulu. Dicari dengan cara mencoba berbagai hal, terutama berbagai bidang yang belum Anda geluti sebelumnya.

Setelah Anda menemukannya, kemudian Anda olah dan poles sampai menjadi emas atau intan yang berharga. Tentu perlu usaha dan kesabaran untuk memoles potensi Anda sehingga muncul ke permukaan dan berharga.

“Tetapi, tidak semua orang menggali potensi, seolah dia langsung menemukan potensinya dan langsung memberikan manfaat yang besar.”

Tentu saja bisa. Hal ini menunjukan bahwa Anda bisa langsung memoles satu bidang yang sedang Anda geluti atau Anda sukai saat ini sampai Anda memiliki keunggulan dibidang ini. Anda mungkin tidak perlu mencari potensi yang lain, tetapi kembangkan saja potensi yang sedang Anda geluti atau sukai saat ini. Saya yakin, jika Anda serius mengembangkan apa yang sedang Anda geluti dan sukai saat ini, maka itu akan menjadi potensi Anda.

Yang ketiga, keunikan Anda pun bisa muncul dengan sendirinya. Muncul seiring perjalanan hidup Anda. Ini pun bisa terjadi. Banyak kasus, orang yang terjun ke satu bidang karena hanya terbawa oleh aliran kehidupannya saja, tanpa direncanakan sebelumnya. Lakukan perjalanan hidup yang bervariasi, maka Anda akan menemukan sesuatu yang Anda suka dan bisa jadi itu adalah potensi Anda.

Kesimpulan

Anda tidak perlu menjatuhkan diri dengan kekaguman yang berlebihan kepada orang lain. Kita semua unik, sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Jika Anda menginginkan sebuah keunggulan maka tugas Anda adalah menggali dan memoles potensi Anda menjadi unggul juga. Jangan sampai menghabiskan waktu mengagumi dan mengidolakan orang lain tanpa usaha dari diri sendiri untuk mengembangkan diri.

Popularitas tidak menunjukan keunggulan sebenarnya. Tidak perlu rendah diri, semua orang memiliki potensi yang sama besarnya dengan keunikan masing-masing. Keunikan ini muncul dari ketertarikan Anda, dari perjalanan hidup, dan dari lingkungan Anda.

Kita semua unik.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 12 Comments.

  1. ari
    3:54 am March 14, 2007

    bagaimana menggali potensi keunikan tersebut?

  2. Cara terbaik untuk menggali potensi keunikan tersebut ialah dengan mencoba. Cobalah berbagai bidang sampai Sahabat menemukan suatu bidang yang terasa percaya diri melakukannya dan menikmatinya.

  3. menurut ana potensi akan dapat di ketahui oleh sang pemilik potensi dengan menjadikan potensi ini sebagai kebutuhan
    5:20 am March 21, 2007

    semua oramg di lahirkan dengan berbagi macam potensi yang unik namum terkadang ada sebagian orang yang tidak pernah kenal dengan potensi yang akhirnya mereka merekomemdasikan diri mereka sebagai makhluk yang teak berpotensi.jadi sebagai umat muhammad SAW bukan saatnya kita hanya menunggu potensi itu tergali tapi bagaimana potensi iti di jadikan sebagai komunitas kebutuhan baik jasmani maupun rohani.wass

  4. irham
    4:11 am March 23, 2007

    semua Manusia itu sama diberi potensi akal, ruh dan fisik, yang berbeda dan unik adalah proses pemberdayaan potensi itu. Hal itu dipengaruhi antara lain pengetahuan yang kita dapat

  5. Ace Karwan
    8:46 am March 26, 2007

    Kalau bicara fitrah, ada ayat yang menyatakan bahwa fitrah itu tidak berubah dan itu berlaku untuk semua manusi sehingga fitrah ini tidak diasumsikan pada sesuatu yang unik tapi justru fitrah itu dijadikan standard human platform dimana pada dasarnya kita itu berawal dari sesuatu yang sama(Q30:30), mohon pencerahannya jika saya salah memahami isi ayat itu. Kemudian pergeseran perubahan baru akan timbul ketika proses ketaqwaan mulai dilakukan atau diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik bisnis, politik, sosial dan spiritual, semua build in dalam satu character yang unik sebagai manusia. Dan sejalan dengan pak Irham bahwa hasil dari ketaqwaan yang dilakukan terus menerus akan menghasil suatu knowledge. Mungkin hal itu juga bisa menjadi cermin dari satu hadis yang mengatakan “amal tanpa ilmu tidak mendapat pahala di sisi Allah”. dan Allah-lah yang maha tahu. wassalam dan @sukses buat semua…!

  6. Saya setuju sekali dengan pak Ace, ayat tersebut menjelaskan tentang fitrah ketauhidan manusia, dan semua manusia sama. Bahkan menurut penelitian ilmiah, bahwa semua menusia memeliki God Spot, bahkan orang yang mengaku tidak percaya Tuhan pun.

    Sementara yang dimaksud oleh saya mengenai keunikan ialah keunikan dari keunggulan kita dalam implementasi kehidupan. Semua itu dipengaruhi oleh interest dan pengalaman kita masing-masing yang unik. Sebagai contoh ialah keunikan sahabat Nabi SAW yang saya gambarkan dalam artikel tersebut.

    Saya juga penganut faham yang sejalan dengan pak Irham, bahwa semua manusia diberi potensi yang sama. Keunikan akan muncul sejauh mana kita memilih hal apa yang ada di diri kita yang kita berdayakan.

  7. Firoh
    2:55 am March 28, 2007

    Gmn….. Sya terlahirkan dalam keadaan albino. apa yang harus saya lakuka…. Bagaman masa depan saya? spesialisasi apa yang harus saya kembangkan dan cocok. Saya punya banyak mimpi sebagaimana orang normal mimpikan tentang sebuah obsesi keberhasilan. tapi…itu semua nyaris tertepis lantaran, saya mematok bahwa diri ini lemah. Diri ini tidak sebebas truang gerak orang lain. Bisa tolong di carikan info , apakah dalam sejarah dunia atau indonesia sudah ada cverita sang albino yang sukses? iI need that. untuk sebuah motivasi hidup. Dengan tidak mengurangi rasa keberterimaan saya terhadap takdir. semua saya syukuri den rasa syukur itu, tetap terus saya perbaharui. My capability is, writing, konseptor, hafalan, dan komunikasi. Tapi sayang, sya akan jatuh dengan obsesi sebagai public speaker, karena pengelihatan saya yang tidak memungkinkan baik

  8. Sahabat Firoh, mohon maaf saya belum mendengar seorang yang albino yang meraih sukses. Insya Allah ada, hanya saja saya belum mengetahuinya. Yang pasti Allah telah memberikan potensi yang luar biasa kepada setiap orang, termasuk sahabat Firoh. Banyak orang yang keadaannya jauh lebih tidak beruntung dibanding kita, tetapi bisa meraih sukses.

    Sebagai contoh ialah W Mitchell (maaf kalo salah tulis), dia mengalami kecelakaan yang membuat dia lumpuh dan 90 badannya terbakar. Tetapi dia memiliki istri yang cantik dan menjadi pembicara yang terkenal di dunia.

    Insya Allah, sahabat Firoh pun bisa. Mintalah bantuan kepada Allah, karena kita dicptakanNya dengan kondisi seperti ini. Dialah yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita.

  9. Ace Karwan
    8:01 am March 28, 2007

    Dear Firoh,
    Banyak manusia yang berdiri dimuka bumi ini hanya dibalut oleh physik yang sempurna, namun kemudian mereka lebih memilih mati bunuh diri, bahkan ada yang sangat putus asa hingga dia membunuh ke 4 anaknya yang sangat cantik2 sblm dia mengakhiri hidupnya. Dalam buku Knoledge Management dari ITB, dikatakan sebenarnya Manusia itu adalah Roh atau ruh yang dijasmanikan, dengan pengertian lain sebetulnya INTI dari manusia adalah ruh, kemudian dilengkapi jasmani sebagai media untuk merepresentasikan ruhnya itu. Jadi mungkin sebetulnya ruh itulah yang memaintain knowledge hasil ketaqwaan kita, meramunya kedalam nafas kehidupan, dan tercermin dalam karakter dan behavior kita sebagai manusia, apakah dia albino, negro, cina, dsbnya. Namun selama karakter yang menjadi cermin diri itu muncul sebagai kekuatan, dan itulah yang orang katakan sebagai inner beauty. Kalau menurut saya Oprah itu tidak cantik, jauh jika dibandingkan dengan celebrity lain, tapi banyak orang yang lebih suka melihat penampilannya. Coba dong wujudkan keinginanmu sebagai public speaker, jika kemampuna itu ada, tidak pentinglah mencari refference apakah sudah ada manusia albino yang telah sukses sehingga itu menjadi tolok ukur. Kamulah yang harus m enjadi parameter itu. Jadilah trendsetter. Good luck !

    Rahmat Motivasi Islami:

    Pak Ace ini luar biasa! Saya sangat setuju pak. Terima kasih membantu saya menjawab pertanyaan sahabat Firoh. Dari yang lainnya saya tunggu:

  10. tantan
    8:29 pm May 13, 2009

    semua kembali kepada kita sebagai manusia yg di berikan berbagai kemampuan karena semua manusia di berikan modal yg sama QS.16/78 yaitu pendengaran penglihatan dan hati tujuannya agar kita mampu mensyukuri dengan ke 3 modal tersebut.itulah ke 3 unsur tadi merupakan akal bila kita mampu memfungsikan ke 3 hal tadi sesuai dengan QS.7/179 insya Alloh dialah manusia yg sesungguhnya tapi sebaliknya bukan manusia yg paripurna bila tidak mampu memfungsikan 3 unsur tadi sesuai dengan kehendaknya.

  11. 12:51 am May 14, 2009

    Assalamu ‘alaikum wr wb

    Setiap manusia memang diberi kelebihan dan kekurangan oleh Alloh SWT.Kelemahan manusia secara umum adalah sulit mendeteksi kelebihan dan kekurangan dirinya atau malu minta pendapat atau saran dari teman kita tentang kekurangan kita. Selain itu juga tidak ada tekad yang kuat untuk memaksimalkan kelebihannya dan meminimalkan kekurangan yang ada pada dirinya.Akibatnya prestasi yang dicapai tidak maksimal atau bila menghadapi kendala dan kesulitan mudah putus asa.Semoga kita termasuk golongan orang yang bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya serta bisa memaksimalkan potensi kelebihan yang ada pada dirinya sekaligus mempunyai tekad yang kuat untuk menekan kekurangan yang ada pada dirinya, Amien

    Wassalamu ‘alaikum wr wb

  12. John
    6:35 am April 4, 2010

    Dear firoh,

    Saya juga terlahir albino, ketika kecil sampai menginjak 17th saya selalu minder. Padahal saya punya cita-cita yang tinggi yaitu ingin bekerja diperusahaan layaknya orang normal…dengan tekad dan niat yang kuat akhirnya saya bisa bekerja diperusahaan itu. Dan kekurangan saya ini saya jadikan kelebihan atau anugrah dari alloh swt.
    Jangan merasa minder jika ingin mewujudkan impianmu, hadapi semua hinaan dari org2 yg iri kepadamu dengan sabar, alloh swt pasti punya rencana yg laen dengan menciptakanmu (termasuk saya) seperti itu. Tetaplah berjuang untuk mewujudkan segala cita2mu.

    Wassalam

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield