Hikmah Kisah Inspiratif, Inspirasi

Kisah Dua Tukang Sol

March 31, 2009

Mang Udin, begitulah dia dipanggil, seorang penjual jasa perbaikan sepatu yang sering disebut tukang sol. Pagi buta sudah melangkahkan kakinya meninggalkan anak dan istrinya yang berharap, nanti sore hari mang Udin membawa uang untuk membeli nasi dan sedikit lauk pauk. Mang Udin terus menyusuri jalan sambil berteriak menawarkan jasanya. Sampai tengah hari, baru satu orang yang menggunakan jasanya. Itu pun hanya perbaikan kecil.

Perut mulai keroncongan. Hanya air teh bekal dari rumah yang mengganjal perutnya. Mau beli makan, uangnya tidak cukup. Hanya berharap dapat order besar sehingga bisa membawa uang ke rumah. Perutnya sendiri tidak dia hiraukan.

Di tengah keputusasaan, dia berjumpa dengan seorang tukan sol lainnya. Wajahnya cukup berseri. “Pasti, si Abang ini sudah dapat uang banyak nich.” pikir mang Udin. Mereka berpapasan dan saling menyapa. Akhirnya berhenti untuk bercakap-cakap.

“Bagaimana dengan hasil hari ini bang? Sepertinya laris nich?” kata mang Udin memulai percakapan.

“Alhamdulillah. Ada beberapa orang memperbaiki sepatu.” kata tukang sol yang kemudian diketahui namanya Bang Soleh.

“Saya baru satu bang, itu pun cuma benerin jahitan.” kata mang Udin memelas.

“Alhamdulillah, itu harus disyukuri.”

“Mau disyukuri gimana, nggak cukup buat beli beras juga.” kata mang Udin sedikit kesal.

“Justru dengan bersyukur, nikmat kita akan ditambah.” kata bang Soleh sambil tetap tersenyum.

“Emang begitu bang?” tanya mang Udin, yang sebenarnya dia sudah tahu harus banyak bersyukur.

“Insya Allah. Mari kita ke Masjid dulu, sebentar lagi adzan dzuhur.” kata bang Soleh sambil mengangkat pikulannya.

Mang udin sedikit kikuk, karena dia tidak pernah “mampir” ke tempat shalat.

“Ayolah, kita mohon kepada Allah supaya kita diberi rezeki yang barakah.”

Akhirnya, mang Udin mengikuti bang Soleh menuju sebuah masjid terdekat. Bang Soleh begitu hapal tata letak masjid, sepertinya sering ke masjid tersebut.

Setelah shalat, bang Soleh mengajak mang Udin ke warung nasi untuk makan siang. Tentu saja mang Udin bingung, sebab dia tidak punya uang. Bang Soleh mengerti,

“Ayolah, kita makan dulu. Saya yang traktir.”

Akhirnya mang Udin ikut makan di warung Tegal terdekat. Setelah makan, mang Udin berkata,

“Saya tidak enak nich. Nanti uang untuk dapur abang berkurang dipakai traktir saya.”

“Tenang saja, Allah akan menggantinya. Bahkan lebih besar dan barakah.” kata bang Soleh tetap tersenyum.

“Abang yakin?”

“Insya Allah.” jawab bang soleh meyakinkan.

“Kalau begitu, saya mau shalat lagi, bersyukur, dan mau memberi kepada orang lain.” kata mang Udin penuh harap.

“Insya Allah. Allah akan menolong kita.” Kata bang Soleh sambil bersalaman dan mengucapkan salam untuk berpisah.

Keesokan harinya, mereka bertemu di tempat yang sama. Bang Soleh mendahului menyapa.

“Apa kabar mang Udin?”

“Alhamdulillah, baik. Oh ya, saya sudah mengikuti saran Abang, tapi mengapa koq penghasilan saya malah turun? Hari ini, satu pun pekerjaan belum saya dapat.” kata mang Udin setengah menyalahkan.

Bang Soleh hanya tersenyum. Kemudian berkata,

“Masih ada hal yang perlu mang Udin lakukan untuk mendapat rezeki barakah.”

“Oh ya, apa itu?” tanya mang Udin penasaran.

“Tawakal, ikhlas, dan sabar.” kata bang Soleh sambil kemudian mengajak ke Masjid dan mentraktir makan siang lagi.

Keesokan harinya, mereka bertemu lagi, tetapi di tempat yang berbeda. Mang Udin yang berhari-hari ini sepi order berkata setengah menyalahkan lagi,

“Wah, saya makin parah. Kemarin nggak dapat order, sekarang juga belum. Apa saran abang tidak cocok untuk saya?”

“Bukan tidak, cocok. Mungkin keyakinan mang Udin belum kuat atas pertolongan Allah. Coba renungkan, sejauh mana mang Udin yakin bahwa Allah akan menolong kita?” jelas bang Soleh sambil tetap tersenyum.

Mang Udin cukup tersentak mendengar penjelasan tersebut. Dia mengakui bahwa hatinya sedikit ragu. Dia “hanya” coba-coba menjalankan apa yang dikatakan oleh bang Soleh.

“Bagaimana supaya yakin bang?” kata mang Udin sedikit pelan hampir terdengar.

Rupanya, bang Soleh sudah menebak, kemana arah pembicaraan.

“Saya mau bertanya, apakah kita janjian untuk bertemu hari ini, disini?” tanya bang Soleh.

“Tidak.”

“Tapi kenyataanya kita bertemu, bahkan 3 hari berturut. Mang Udin dapat rezeki bisa makan bersama saya. Jika bukan Allah yang mengatur, siapa lagi?” lanjut bang Soleh. Mang Udin terlihat berpikir dalam. Bang Soleh melanjutkan, “Mungkin, sudah banyak petunjuk dari Allah, hanya saja kita jarang atau kurang memperhatikan petunjuk tersebut. Kita tidak menyangka Allah akan menolong kita, karena kita sebenarnya tidak berharap. Kita tidak berharap, karena kita tidak yakin.”

Mang Udin manggut-manggut. Sepertinya mulai paham. Kemudian mulai tersenyum.

“OK dech, saya paham. Selama ini saya akui saya memang ragu. Sekarang saya yakin. Allah sebenarnya sudah membimbing saya, saya sendiri yang tidak melihat dan tidak mensyukurinya. Terima kasih abang.” kata mang Udin, matanya terlihat berkaca-kaca.

“Berterima kasihlah kepada Allah. Sebentar lagi dzuhur, kita ke Masjid yuk. Kita mohon ampun dan bersyukur kepada Allah.”

Mereka pun mengangkat pikulan dan mulai berjalan menuju masjid terdekat sambil diiringi rasa optimist bahwa hidup akan lebih baik.

Bersambung ke : Cerita Motivasi Kisah Dua Tukang Sol Bag 2.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

You Might Also Like

90 Comments

  • Reply Nopriansyah March 31, 2009 at 8:49 pm

    Assalamu’alaikum
    Keyakinan itu harus sering dilatih. Caranya ya harus banyak2 berusaha mengambil hikmah dalam setiap kejadian yang Kita alami, banyak berkorban. InsyaAllah Yakinnya jadi meningkat dan bahkan bisa menular

  • Reply sukijan March 31, 2009 at 7:58 pm

    ceritanya ispriratif bang,maaf ini kisah nyata acara buka ya bank kl blh tau sumbernya dari mana?

    • Reply admin March 31, 2009 at 8:59 pm

      Ini kisah fiksi, tapi saya ambil dari relita. Cerita ini saya yang buat.

    • Reply Prastuty April 7, 2009 at 6:41 pm

      Hal yang memang seharusnya kita yakini tapi terkadang kita sendiri yang meragukannya. Padahal sudah jelas dalam salah satu ayat yang menyatakan semakin kita bersyukur maka semakin ditambah nikmatnya oleh Allah. Semoga hati ini senantiasa bersabar dan mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Amin.

  • Reply irwan April 2, 2009 at 3:27 pm

    Subhanallah walhamdulillah wa ala illah wa Allah hu Akbar..

  • Reply ira April 2, 2009 at 9:09 am

    jadi sedih,malu banget saya sama diri saya yang jarang banget menyadari nikmat allah
    makasih banget ceritanya

  • Reply choirul_aj April 2, 2009 at 6:31 pm

    semua nikmat yang telah Allah berikan memang harus kita syukuri

  • Reply Devi Yasmin April 7, 2009 at 12:06 am

    Bagus sekali ceritanya pak, kadang kita tak mau menyandarkan diri kepada Allah…tak yakin Allah akan menolong…padahal kalau kita mencintai Allah , pasti kita rela menyandarkan diri kepadaNya…kadang-kadang cinta kita hanya di mulut, tidak di perbuatan…padahal Allah sangat mencintai kita….bahkan tanpa kita balas pun, Allah tetap mencintai kita

  • Reply Prastuty April 7, 2009 at 6:44 pm

    Insya Allah dengan syukur dan tetap berdoa pada malam setelah shalat tahajud doa dan harapan kita akan terkabulkan. Yakinlah Allah berkehendak sesuai dengan prasangka hambanya. Allahu Akbar.

  • Reply damalisd May 20, 2009 at 8:44 am

    Terkadang seorang motivator pun butuh motivator lain untuk memberi motivasi… “sy ibarat mang udin yang butuh kehadiran bang sholeh untuk mentraktir”… adakah bang sholeh itu…??? yang benar-benar ikhlas melakukan sesuatu kebajikan dengan hati yang benar-benar tulus dan bersih..??..saatnya anda membantuku bang sholeh…

  • Reply Zul Asri July 15, 2009 at 7:54 pm

    Luar biasa ceritanya, ,ini bsa membuka kecerdasan spritual seseorang,,,sya sempat terharu dan malu kpda diri sya sendiri..terima kasih motivasinya,,,sya haus akan motivasi sperti ini…

  • Reply ayya February 3, 2010 at 3:12 pm

    ehm..kisahna bikin aya ingat ma kejadian dulu ma tukang sol jg,,..tukang sol yg buat aya semangat untuk lanjutin kuliah…beliau saja bisa mnyekolahkan kedua ankna sampai tinggi, knp aq tidak, meski untuk biaya harus berfikir panjang namun Beliau sudah memberikan Cahaya keyakinan terhadap pertolongan Allah! klo diceritain pasti panjang hehehe…

  • Reply ayya February 3, 2010 at 3:12 pm

    ehm..kisahna bikin aya ingat ma kejadian dulu ma tukang sol jg,,..tukang sol yg buat aya semangat untuk lanjutin kuliah…beliau saja bisa mnyekolahkan kedua ankna sampai tinggi, knp aq tidak, meski untuk biaya harus berfikir panjang namun Beliau sudah memberikan Cahaya keyakinan terhadap pertolongan Allah! klo diceritain pasti panjang hehehe…

  • Reply La Bora' February 11, 2010 at 12:27 pm

    Tidak semua yg qt anggap baik itu benar, begitupula tdk semua yang benar itu bagus, begitupun yang bagus itu tidak selalu benar.

  • Reply La Bora' February 11, 2010 at 12:27 pm

    Tidak semua yg qt anggap baik itu benar, begitupula tdk semua yang benar itu bagus, begitupun yang bagus itu tidak selalu benar.

  • Reply ayya February 12, 2010 at 2:51 pm

    subhanallah, jadi inget tukang sol yg ngasih semangat buat kuliah diriku….(buat bpk tukang sol yg telah memberiku pencerahan ” terima kasih ya pak..(4-5 tahun yg lalu))

  • Reply ayya February 12, 2010 at 2:51 pm

    subhanallah, jadi inget tukang sol yg ngasih semangat buat kuliah diriku….(buat bpk tukang sol yg telah memberiku pencerahan ” terima kasih ya pak..(4-5 tahun yg lalu))

  • Reply rINO February 16, 2010 at 8:26 am

    Almhamdullilah.saya menetes air mata tersentak mmbac kisah ini …jzk bang for u story..

    and then …tx

  • Reply rINO February 16, 2010 at 8:26 am

    Almhamdullilah.saya menetes air mata tersentak mmbac kisah ini …jzk bang for u story..

    and then …tx

  • Reply Dedih March 4, 2010 at 12:09 am

    Alhamdulillah satu lagi pencerahan bagi saya, terimakasih Bang Rahmat, mhn ijin di copas di blog sy.

    • Reply Rahmat Mr. Power March 4, 2010 at 12:22 am

      Bukankah akan lebih mudah tinggal memasang link ke artikel ini?

      Copy paste boleh saja, tapi pasang link ke blog ini yah.

  • Reply feby marissa March 17, 2010 at 8:24 am

    ceritanya bagus banget

  • Reply anto April 4, 2010 at 1:21 pm

    menarik, isnpiratif…
    motivasi jauh lebih mudah dicerna dlm bentuk cerita, sprti cara anda ini..
    kami tunggu kisah2 memotivasi lainx…
    salam…

  • Reply sigit April 19, 2010 at 4:02 pm

    Assalamu’alikum wr.wb
    Mas/mba tulisanya saya copy ya?, saya kirim ke teman2 saya. Terima kasih sebelumnya

    • Reply Rahmat Mr. Power April 19, 2010 at 10:47 pm

      wa’alaikum salam

      Bagaimana jika temannya yang dikirim ke sini?

  • Reply juli April 27, 2010 at 3:39 am

    halo mas, tulisannya saya copas dan blog nya sy link ya..trima kasih…

  • Reply nisa May 20, 2010 at 5:25 am

    aslm.wr.wb

    mas saya copas yaa dan saya link kan.

    jazakallah khair

  • Reply afandi May 21, 2010 at 8:25 am

    alhamdullilah.. q mendapatkan masukan n ilmu yg bermanfaat tuk q.
    Moga allah tetap n selalu menimpahkan rahmat, taufik serta hidayahnya kepada kita semua. Amin……………………………………………………………………..
    Makacieh ya bang yg dah kirim n menerbitkan jua membuat cerita ni.
    GOOD LUCK.

  • Reply 4Shared Mp3 May 21, 2010 at 3:33 pm

    saya tunggu kisah2 memotivasi yang lain bang….

  • Reply zamyut May 22, 2010 at 8:46 am

    terima kasih motivasinya… Jadi teringat Ali bin Abi Thalib dan kisahnya…

  • Reply peribadi widodo June 21, 2010 at 8:47 pm

    kisah inspiratif menjadikan pegangan kita dalam berusaha…

  • Reply wawan July 2, 2010 at 5:09 pm

    Alhamdulillah…semuga allah memberi berkah buat kita semua , amin…

  • Reply kay July 7, 2010 at 1:40 pm

    mantap….inspiratif banget..
    mhon izin tuk di copy ya,…bt ngasih inspirasi bgi teman2…
    thanks.

  • Reply hartini July 19, 2010 at 11:15 am

    cukup inspiratif

  • Reply au714 July 19, 2010 at 7:47 pm

    subhanallah ceritanya sungguh menyentuh hati, saya ijin pakai cerita ini untuk tugas sekolah ya pak sumber selalu akan saya tampilkan

    sebelumnya terima kasih

  • Reply N'cep August 19, 2010 at 1:57 pm

    mantaps pak

  • Reply fuji August 20, 2010 at 7:12 am

    Subhanallah …ustadz saya izin share jg ke facebook ya.^_^
    Allhamdullah saya ketemu link url ini..bermanfaat bgt..jazakallah ust.

  • Reply Sigit Prayogo August 25, 2010 at 11:27 am

    Subhanalloh…
    Alloh sudah mengatur… Pada saat saya mengalami hal yang serupa, saya klik sebuah link di FB dan hasilnya mengarah ke Artikel ini…
    Saya baca dan hati saya tersentuh pak… Alhamdulillah…

  • Reply jumpa August 26, 2010 at 11:33 pm

    Karunia Allah swt sering tidak kita sadari kehadirannya, padahal selalu mengiringi kita dalam tiap tarikan napas..maafkanlah kami Ya Allah.. syukron pak ustad

  • Reply Yes September 3, 2010 at 3:45 pm

    Ijin share geh

  • Reply Melani September 8, 2010 at 3:14 pm

    cerita nya bagus, saya izin share ya pak,

  • Reply mia September 11, 2010 at 4:23 pm

    salam alaykom

    Subhanallah
    kisah ini jawaban atas kegelisahan saya,,,semoga Allah semakin menguatkan keyakinan kita dan menuntun kita untuk selalu berbaik sangka pada ketetapanNya
    mohon ijin untuk copy paste,,,,alamat tetap saya tampilkan..,semoga bermanfaat terima kasih

    • Reply Rahmat Mr. Power September 12, 2010 at 6:13 am

      wa’alaikum salam
      Silahkan jika mau di share, lebih baik jika memberikan link balik.

  • Reply khumairoh September 18, 2010 at 11:18 am

    aslmkm_izin copy ya pak… crita ini mengingatkan sy pd almarhum kakek yg berprofesi sbg tukang sol (^_^,) sika sedih kalo ingat… subhanallah perjuanganny dlm menyekolahkan anak2nya…

    • Reply Rahmat Mr. Power September 18, 2010 at 12:37 pm

      Silahkan jika untuk keperluan pribadi. Jika untuk publikasi, harus menyertakan nama penulis dan link situs ini.

  • Reply sugianto September 28, 2010 at 3:37 am

    cerita yang bagus…..izin copi paste ya pak,cerita ini hampir sama dengan yang aku alami sekarang.

    • Reply Rahmat Mr. Power September 28, 2010 at 5:59 am

      Silahkan jika untuk keperluan pribadi. Jika untuk publikasi, harus menyertakan nama penulis dan link situs ini. Terima kasih.

  • Reply siti zulaeha September 30, 2010 at 12:05 pm

    izin share ya Pa!!!

  • Reply NURUL October 3, 2010 at 7:31 am

    Assalam ‘alaikum..
    Afwan pak
    Kalau boleh saya ijin meng-copy, saya print untuk saya ceritakan kepada anak2 didik saya di TPQ deket rumah. Wilayah kami di desa. KEmampuan ekonomi anak2 juga masih menengah ke bawah. Jadi untuk beli buku selain pelajaran masih berat.
    Padahal minat mereka dalam membaca sangat baik, juga untuk mendengarkan cerita.
    Hanya saja, saya tidak banyak ide untuk dongeng kalau tidak mengambil dari buku, siroh2 nabawi dsb.
    Jika diperbolehkan, jazakumullah….
    Nama penulis (antum) saya cantumkan juga, jadi tidak jiplak.

  • Reply paulus October 15, 2010 at 12:03 pm

    minta izin share ya pak,
    semoga anda selalu di beri kesehatan dan Rahmad ALlah SWT

    AW

  • Reply nazmi November 9, 2010 at 8:53 pm

    izin share ya pak.. moga bermanfaat..

  • Reply udin juga November 19, 2010 at 7:26 pm

    assalamu’alaikum..

    izin copy pak…ceritanya bagus banget…

    makasih…

  • Reply robyaksa November 25, 2010 at 4:22 pm

    sungguh menggugah cerita dua tukang sol ini, smoga dapat mengguggah jiwa yang kering ini.

  • Reply ahmad November 26, 2010 at 2:22 pm

    Syukron akhi..izin share 🙂

  • Reply kisah islam December 1, 2010 at 1:00 pm

    inspiratif, beautiful story

  • Reply kisah islam December 3, 2010 at 1:20 pm

    inspiratif banget..jzk

  • Reply Rini December 10, 2010 at 4:45 am

    ijin copy & Share ya pak …..

  • Reply abunaim January 24, 2011 at 8:28 pm

    izin kopi buat anak2 dn posting mudah 2 jadi infirasi

  • Reply eren February 5, 2011 at 9:14 pm

    izin copas ya pak.. buat temen2

  • Reply Ihwan February 8, 2011 at 8:32 pm

    cerita yang sangat memotivasi. izin share ya….

  • Reply goens February 17, 2011 at 7:20 pm

    izin copas gan buat inspirasi qt semua

  • Reply ogi February 21, 2011 at 9:35 am

    ijin copy yak.. inspiratif banget

  • Reply Ade S March 5, 2011 at 2:07 pm

    makasih., kisah nya sangat menginspirasi saya.,
    semoga saya bisa lebih baik.,

  • Reply doni March 7, 2011 at 3:21 pm

    cerita yang harus di jadikan contoh

  • Reply erna March 7, 2011 at 9:11 pm

    izin copi n share, trims…..

  • Reply mistri ani March 10, 2011 at 4:20 pm

    ijin copy y…bt keluargaku

  • Reply ucrai March 10, 2011 at 8:41 pm

    ijin kopas yaa.. buat kisah insfiratip

  • Reply indy March 19, 2011 at 5:36 pm

    crita ny bza mm0tivasi saya tuk jd lbih baik, 5kcie y pak,, mga saya bza brtmu 0rg yg sperti bang Sh0leh….

  • Reply dayat March 30, 2011 at 12:07 pm

    ijin copast mas…makasih artikelnya..berguna bgt

  • Reply ab April 2, 2011 at 5:43 pm

    tulisan yang sangat memotivasi… ijin share y pak… 🙂 makasih….

  • Reply jardiyanto April 12, 2011 at 5:41 pm

    Bagus untuk introspeksi…

  • Reply Sarip Purwanto April 22, 2011 at 5:52 pm

    trims mang Sholih ! moga tambah banyak mang sholih-mang sholih lain

  • Reply Mohammad Zaini April 27, 2011 at 2:05 pm

    Izin copy paste ya mas! makasih banyak

  • Reply budi rumah zakat April 30, 2011 at 9:28 am

    subhanallah, luar biasa sgt inspiratif. boleh di copas bg story nya?

  • Reply putra iip May 1, 2011 at 11:01 am

    Allah tak pernah sedetik pun meninggalkn hamba-Nya…

  • Reply nadzar May 5, 2011 at 4:31 pm

    nice story..

  • Reply Novi May 6, 2011 at 2:17 pm

    sebuah pelajaran hidup yang bagus

  • Reply Wida May 13, 2011 at 9:46 am

    Alhmd…dpt ilmu lg.inspiratif bngt.d tnggu crita lainnya

  • Reply hendro May 22, 2011 at 2:34 pm

    cerita yang bagus…. ijin share ya. thx 😀

  • Reply dwi June 12, 2011 at 4:15 pm

    ceritanya bagus… sya tunggu yang lain ijin share jg ya…..

  • Reply agus September 19, 2012 at 1:31 pm

    cerita yang oke banget…….moga dapat bermanfaat…..dan mohon ijin share ya….

  • Reply pashter January 11, 2013 at 4:09 pm

    subhnnallah benar” kisah yg mngetuk hati

  • Reply Bangun Inspirasi July 18, 2013 at 5:14 pm

    Keren pa Rahmat, Cerita yang sangat menginspirasi. Mengingatkan kita senantiasa bersyukur dan percaya bahwa rejeki datangnya dari Allah

  • Reply Akhlak kepada orang tua June 12, 2014 at 1:56 pm

    Subhanalloh, sangat menginspirasi. Memang sering kali kita terutama saya lupa akan nikmat Yang telah Alloh berikan lantas tidak ada kesadaran untuk mensyukurinya.

    Terimakasih.

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield