Kiat Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Kiat-Menjadi-Pengusaha-Sukses-dengan-Modal-Kecil

Modal Kecil Bukan Alasan Tidak Menjadi Pengusaha Sukses

Yang penting adalah … mindset. Kiat menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah memiliki mindset yang benar dan mindset yang besar.

Bukan modal yang menentukan sukses atau tidaknya Anda sebagai pengusaha, tetapi 80% ditentukan oleh mindset.

Mindset seperti apa yang menjadikan seseorang sukses meski dia bermodalkan kecil?

Inilah yang akan dibahas pada artikel ini. Fahami artikel ini, jadikan prinsip Anda dalam membangun bisnis, maka tidak peduli sebesar apa pun modal Anda saat ini, maka Anda akan berhasil. In syaa Allah.

Tidak Apa-apa Modal Kecil Yang Penting Berpikiran Besar

Modal kecil bukan penghalang, jika Anda memiliki pikiran yang besar.

Coba Anda renungkan fakta di lapangan ini.

Ada banyak tukang bakso. Mungkin dimulai dari kebutuhan untuk mendapatkan nafkah, dia mau mendorong gerobak atau memikul pikulan bakso keliling kampung.

Dan bisa kita lihat.

Ada sebagian yang terus jualan bakso berpuluh-puluh tahun.

Ada yang beralih ke profesi lain yang hasilnya tidak jauh beda.

Sementara ada juga diantara mereka …

Memiliki kedai bakso dipinggir jalan.

Memiliki restosan bakso yang berkelas di mall-mall.

Memiliki ratusan anak buah yang menjajakan baksonya.

Apa yang Anda tangkap dari kenyataan ini?

Bukan masalah apakah dia dagang bakso dengan penghasilan yang kecil yang menentukan keberhasilan seseorang, tetapi lebih penting adalah bagaimana cara dia berpikir.

Sama-sama jualan bakso, tapi ujungnya beda. Perbedaanya adalah ada di pikiran mereka.

Jadi, tidak masalah modal Anda kecil, tapi miliki pikiran besar.

Bagaimana caranya berpikir besar?

  1. Miliki keinginan Anda akan sukses sebagai pengusaha.
  2. Miliki visi yang besar, gambaran masa depan yang Anda inginkan.
  3. Miliki optimisme bahwa Anda akan sukses.
  4. Bangun kepercayaan diri, bahwa Anda mampu membesarkan bisnis Anda, meski saat ini masih kecil.
Disarankan Untuk Anda:   Mintalah Pertolongan Allah Saat Menghadapi Kesulitan

Jadi, Bagaimana Caranya Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Modal Kecil?

Jika Bisnis Anda Mau Besar, Anda Butuh Modal Besar

Katanya bisa dengan modal kecil?

Tidak. Jika Anda memiliki modal kecil, maka bisnis yang Anda bangun akan kecil juga. Bisnis besar akan membutuhkan modal besar.

Jika Anda ingin membangun usaha yang besar, Anda harus membangun modal atau aset. Dan itu bisa dimulai dari modal kecil.

Bisnis dengan modal kecil hanyalah awal. Gunakan bisnis kecil Anda ini, leverage it, sehingga Anda memiliki bisnis besar.

Artinya, jika Anda ingin sukses, Anda harus memiliki prioritas untuk memperbesar bisnis Anda dengan cara membangun aset. Jangan buru-buru ingin cepat menikmati. Saat Anda sudah mulai memiliki penghasilan atau keuntungan, usahakan untuk menyisihkan sebagian untuk membangun aset Anda. Istilahnya Anda harus mengumpulkan modal.

Anda bisa mengumpulkan modal dengan berbagai cara. Bisa dengan menabung dalam bentuk tunai untuk keperluan yang lebih besar, misalnya membeli aset. Atau menambah stok produk. Membangun data base pelanggan. Dan sebagainya yang memperbesar bisnis Anda.

Godaan terbesar pada pengusaha pemula ialah ingin cepat-cepat bergaya dari hasil usahanya. Tunda dulu, jangan cepat puas. Perkuat bisnis Anda, perbesar bisnis Anda.

Anda memang tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis Anda. Tapi Anda butuh modal besar jika bisnis Anda ingin besar, maka bangunlah modal Anda secara bertahap.

Ini mindset penting selanjutnya jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil. Ingat ini: membangun bisnis dengan modal kecil hanyalah awal, agar Anda memiliki modal besar, untuk membangun bisnis besar.

Banyak yang salah, saat mulai memiliki penghasilkan dari bisnis kecil dia meningkatkan gaya hidupnya dulu, sementara bisnis tetap kecil.

Disarankan Untuk Anda:   Bagaimana Agar Tidak Menyerah Saat Membangun Bisnis

Perbesar Kapasitas Diri Anda

Ada seorang teman, dia berkesempatan mendapatkan peluang bisnis yang besar, menggiurkan. Dia mengambil peluang itu, dan tidak butuh waktu yang lama penghasilannya sudah bagus.

Tapi …

Tidak membutuhkan waktu lama juga, bisnisnya menurun kembali. Bukan pasar yang kurang. Bukan cara dia memasarkan yang kurang.

Tapi dia tidak bisa mengelola bisnisnya.

Mengapa?

Saya ibaratkan seperti Anda menemukan sebuah danau, tapi wadah yang Anda miliki cuma sebuah cangkir. Maka air yang bisa Anda dapatkan hanya satu cangkir.

Jika Anda mau air satu ember, maka Anda harus memiliki sebuah ember untuk mengambilnya. Jika mau satu drum? Ya, Anda butuh drum.

Artinya, jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak, Anda harus memiliki “wadah” yang lebih besar.

Sama halnya dengan bisnis. Jika “wadah” atau kapasitas diri Anda kecil, maka akan terhambat untuk mendapatkan hasil besar, meski Anda mendapatkan peluang yang besar. Peluang besar akan percuma jika kapasitas diri Anda kecil.

Apa itu kapasitas diri?

  • Mindset, optimisme, dan kepercayaan diri.
  • Memiliki ilmu inti bisnis yang memadai seperti pemasaran, kepemimpinan, daya ungkit, membangun sistem, dan cara mengakses sumber daya seperti saya jelaskan di video Bisnis Anti Gagal.
  • Memiliki wawasan yang luas.

Jangan terjebak hal teknis, sementara ilmu penting lainnya malah diabaikan.

Yang saya tahu, teman-teman yang saya kenal dan dia sudah berhasil, mereka tetap mengikuti pelatihan dan coaching yang biayanya cukup mahal. Karena mereka sadar akan pentingnya kapasitas diri.

Jika Anda masih berpikir “yang penting action”, artinya Anda masih berada pada tataran memulai. Jika mau memperbesar bisnis, bukan hanya action yang dibutuhkan, tetapi action yang tepat. Action yang tepat akan diketahui dari ilmu yang Anda miliki berlandasakan mindset yang positif.

Disarankan Untuk Anda:   Rahasia Sukses Adre Agassi: Bukan Hanya Latihan, Teknik dan Strategi

Mintalah Pertolongan Allah Sejak Awal

Saya yakin, Anda sudah faham tentang pentingnya pertolongan Allah. Sayangnya banyak orang yang lupa Allah saat memulai bisnis. Mereka baru ingat Allah saat ada masalah.

Tidak salah sebenarnya, saat ada masalah ingat Allah, memang seharunya. Tapi jangan lupakan Allah saat Anda memulai. Mintalah pertolongan dan petunjuk Allah agar Anda dibimbing menjalankan bisnis yang bukan hanya akan menguntungkan tetapi juga membawa berkah.

Tawakal bukan hanya diakhir ikhtiar, tetapi dimulai sejak setelah azam, saat ikhtiar, dan setelah ikhtiar.

Kesimpulan

Sukses atau tidaknya Anda menjadi pengusaha bukan ditentukan oleh besar atau kecilnya modal, tetapi ditentukan oleh mindset Anda dan kapasitas diri Anda serta pertolongan Allah. Untuk itu belajarlah memiliki pikiran positif juga berpikir besar, tingkatkan kapasitas diri dan dekatkan diri kepada Allah agar kita mendapatkan pertolongannya.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield