Kiat Melejitkan Potensi Diri

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

Melejitkan Potensi Diri Sering Dihambat Oleh Diri Sendiri

Melejitkan Potensi DiriSiapa yang menghambat Anda melejitkan potensi diri? Ya, sering kali dilakukan oleh diri sendiri. Ada dua hal yang menyebabkan kita menghambat melejitkan potensi diri yaitu tidak ada kemampuan dan tidak ada kemauan (malas). Namun penyebab yang pertama bisa diatasi jika kita punya kemauan. Kemampuan bisa kita dapatkan kita kita memiliki kemauan untuk belajar.

Melejitkan potensi diri tiada lain dengan cara “memaksa” diri Anda untuk mengeluarkan apa yang terpendam dalam diri Anda. Yang namanya potensi artinya masih potensial, belum benar-benar digunakan. Untuk menggunakannya diperlukan energi. Nah, inilah yang tidak disukai oleh pemalas.

Melejitkan potensi diri adalah keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman memang menjadikan kita akan melalui proses yang tidak nyaman tetapi akan membawa kita masuk ke zona yang lebih baik, yaitu zona sukses. Sekali lagi, kemalasan akan menghambat diri Anda untuk keluar zona nyaman.

 

Kata-kata Yang Menghambat Anda Melejitkan Potensi Diri

Kemalasan Anda bisa dilihat dari kata-kata Anda. Kata-kata keluar dari mindset atau pola pikir Anda. Sebaliknya, pola pikir bisa dibentuk oleh kata-kata Anda. Maka langkah pertama untuk melejitkan potensi diri ialah dengan memperhatikan kata-kata yang sering kita ucapkan. Setelah itu perbaiki kata-kata itu, maka Anda akan mampu melejitkan potensi diri Anda.

Dibawah ini akan saya bahas beberapa kata atau phrase yang sering digunakan dan menghambat kita untuk melejitkan potensi diri. Biasanya, orang yang betah akan selalu memiliki alasan, jika tidak ada pun akan mencari-carinya. Jika masih mencari-cari alasan untuk pembenaran diri, maka lupakan untuk melejitkan potensi diri.

 

Katakan “Saya Tidak Bisa”, Maka Anda Tidak Akan Melejitkan Potensi Diri

Ya, saat Anda mengatakan tidak bisa, maka semuanya berhenti. Mau apa lagi, toch tidak bisa. Karena Anda berhenti, maka Anda tidak akan bisa melejitkan potensi diri.

“Tapi, saya memang benar-benar tidak bisa.”

Tuh kan?

Mungkin iya, saya juga sama, orang hebat mana pun sama, mereka pernah tidak bisa. Bedanya adalah mereka tidak mengatakan “saya tidak bisa”, tetapi mereka mengatakan “saya belum bisa.” Artinya, saat ini Anda boleh tidak bisa, besok lusa mungkin akan menjadi bisa. Kuncinya adalah, Anda mau tidak mengubah diri menjadi bisa?

Oleh karena itu, daripada mengatakan “saya tidak bisa”, lebih baik katakan “Insya Allah saya bisa”. Perhatikan kata-kata Anda, ubahlah dengan yang lebih baik, dan lihat apa yang terjadi dalam diri Anda nanti.

 

“Saya Realistis Saja” Realistis Menurut Siapa?

“Saya optimis, tapi saya realistis saja.” Ingat pembahasan tentang kata TAPI. Anda sudah mengatakan optimis, kemudian dibalikan dengan kata TAPI, maka optimis itu hilang menjadi apa yang dikatakan “realistis.”

“TAPI, bukankah kita harus realistis?” (kali aja ada yang protes seperti ini).

Ya, kita memang harus realistis, artinya sesuai dengan kenyataan kemampuan manusia. Kemampuan manusia memang terbatas (saya tidak setuju dengan motivator yang mengatakan kemampuan manusia tidak terbatas, hanya Allah yang tidak terbatas). Yang menjadi pertanyaan adalah, sampai dimana batas manusia?

Jika Anda mengatakan realistis itu adalah realistis manusia, maka Anda harus memiliki pencapaian hebat seperti yang sudah dilakukan manusia-manusia hebat lainnya.

Namun sayangnya, banyak yang mengatakan realistis, dengan maksud realistis menurut anggapan dia sendiri. Mereka berpendapatkan realistis itu adalah hanya yang bisa atau biasa mereka lakukan dan capai. Kalau begitu, maka Anda tidak akan pernah melejitkan potensi diri.

Sebenarnya, yang disebut dengan realistis adalah kehebatan maksimal manusia.

Protes lagi: “TAPI, saya sepertinya memang tidak mungkin melakukan hal yang lebih hebat, karena …”

Ya, itu artinya ada batasan dalam diri Anda, dan dunia Anda lihat dengan batasan yang Anda miliki itu. Itu disebut realita Anda. Realita Anda artinya bagaimana cara Anda melihat dunia. Jika sesuatu di luar realita Anda, maka Anda mengatakan “tidak mungkin”.

Semakin sempit realita Anda, maka akan semakin banyak hal yang Anda anggap tidak mungkin. Jika Anda mengubah atau memperbesar realita Anda, maka banyak hal yang terlihat tidak mungkin menjadi mungkin (karena memang sebenarnya mungkin).

Bagaimana cara memperbesar realita? Caranya ialah dengan mengembangkan pikiran positif Anda. Lebih detilnya bisa Anda baca di ebook Beautiful Mind Power, yang bisa Anda dapatkan di http://www.zonasukses.com/paket1.php

“Itu Bukan Untuk Saya” Boleh, Jika Anda Hebat Di Bidang Lain

Kadang ada juga yang selalu mengatakan, “Itu Bukan Untuk Saya”. Seolah dia tidak berhak untuk mendapatkan dan melakukan hal-hal hebat. Dia tidak mau melakukan hal hebat agar, dia hanya melakukan yang biasa-biasa saja. Maka hasilnya akan biasa-biasa saja, dia tidak akan melejitkan potensi diri.

Boleh jadi, dalam satu kasus, memang benar itu bukan untuk Anda. Boleh-boleh saja, jika seandainya Anda sudah atau sedang melakukan hal yang hebat lainnya. Jangan sampai mengatakan “Itu bukan untuk saya” hanya sebagai alasan tidak mau keluar zona nyaman Anda.

“Ah Teori”, Anda Sudah Tahu Segalanya?

Satu lagi yang bisa menghambat Anda melejitkan potensi diri adalah sering mengatakan “ah teori” sebagai alasan dia tidak mau belajar. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Anda sudah mengetahui segalanya sehingga tidak lagi butuh teori?

Seperti dibahas di artikel lainnya, saya mengatakan bahwa teori itu adalah cahaya. Jika Anda tidak punya ilmu, artinya Anda berjalan dalam kegelapan. Memang tindakan itu penting, tetapi Anda bisa melakukan tindakan yang salah jika tidak tahu ilmunya. Seperti halnya saat kita berjalan di kegelapan.

Kesimpulan: Perhatikan Kata-kata Anda

Kesimpulannya adalah jika Anda ingin melejitkan potensi diri, mulailah dengan memperhatikan kata-kata Anda. Kata-kata diatas hanya contoh, masih banyak kata-kata lain yang pada intinya memberikan alasan agar Anda tidak keluar dari zona nyaman. Padahal, kemauan keluar dari zona nyaman adalah syarat mutlak untuk melejitkan potensi diri Anda.

Jangan lupa, download eBook Melejitkan Potensi Diri Gratis di member area Zona Sukses, bagi yang belum daftar silahkan daftar via form dibawah (Update Artikel Terbaru + eBook Gratis). Ini cara tercepat melejitkan potensi diri.

Insya Allah, Anda bisa melejitkan potensi diri Anda.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield