Kerja Keras Atau Kerja Cerdas

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Pilih Kerja Keras atau Kerja Cerdas?

kerja kerasOrang tua kita mengatakan, jika ingin sukses kita harus mau kerja keras. Tetapi, banyak para pelatih sukses yang mengatakan kita harus kerja cerdas. Apa perbedaan kedua istilah tersebut dan mana yang benar?

Apa yang dikatakan orang tua, belum tentu kuno. Justru ada kebijakan dibalik itu. Begitu juga, kita jangan dulu menolak konsep baru, karena teknologi dan informasi mengalami kemajuan terus. Apakah kerja cerdas itu hanya hiperbola?

Saya setuju dengan apa yang dikatakan orang tua tentang bekerja keras. Jika mau sukses, kita memang harus bekerja keras. Saya mengetahui beberapa kehidupan orang-orang yang sukses dalam bisnis, mereka bekerja keras untuk bisnis mereka. Orang yang sukses dalam karir, mereka kerja keras dalam karirnya. Begitu juga, orang yang sukses dalam dakwahnya, mereka kerja keras dalam dakwahnya.

Saat ada orang yang mengatakan kita hanya perlu kerja cerdas, tanpa harus kerja keras, saya tidak setuju. Tapi, saya setuju dengan kerja cerdas. Yang benar menurut saya adalah, kita perlu kerja keras DAN juga kerja cerdas. Jika kita hanya kerja cerdas saja, kita akan kalah oleh orang lain yang kerja cerdas dan kerja keras pula.

Definisi Kerja Keras

Saya kita, kita tidak akan kesulitan untuk mendefinisikan kerja keras. Kerja keras itu adalah bekerja dengan waktu yang cukup lama dan energi sebesar mungkin. Agar kita bisa memberikan energi yang besar dalam bekerja, artinya kita harus fokus pada pekerjaan kita. Itulah cara memberikan energi terbesar.

Bagaimana kita bisa bekerja keras? Kuncinya ialah Anda harus memiliki motivasi tinggi. Pelajari bagaimana meningkatkan motivasi secara instan di video Instant Motivation Weapon.

Definisi Kerja Cerdas

Apa itu kerja cerdas? Kerja cerdas itu adalah bagaimana kita bekerja sebaik mungkin dengan hasil yang lebih besar untuk usaha yang sama. Atau hasil yang sama dengan usaha yang lebih sedikit. Bagaimana caranya? Banyak sekali, kuncinya ialah dengan menggunakan apa yang disebut daya ungkit. Saya yakin, jika Anda setidaknya lulusan SMP, Anda sudah belajar tentang pengungkit pada bab Pesawat Sederhana pelajaran Fisika. Pengungkit adalah alat yang memungkinkan kita bisa menghasilkan kerja dengan usaha sekecil mungkin.

Contoh pesawat sederhana yang menggunakan daya ungkit adalah dongkrak mobil. Kita tidak akan kuat untuk mengangkat dan menahan mobil dengan tenaga tangan kita, tetapi dengan bantuan dongkrak, kita menjadi mampu mengangkat dan menahan mobil kita tanpa energi yang lebih besar. Pertanyaanya ialah: apa “dongkrak” yang bisa digunakan untuk bisnis atau karir kita?

Anda perlu usaha untuk menemukan daya ungkit dalam bisnis dan karir Anda. Berikut adalah usaha yang bisa Anda lakukan:

  1. Belajar kepada orang lain, apa yang sudah terbukti berhasil yang pernah dilakukan oleh orang lain. Tidak perlu dari nol! Ikuti cara tersebut, Anda tidak akan membuang waktu belajar dari nol lagi.
  2. Carilah ide untuk meningkatkan kinerja atau hasil dari apa yang Anda biasa atau sudah dilakukan. Untuk lebih lengkapnya tentang ini, saya sudah membahas pada ebook Revolusi Waktu. Pada ebook Revolusi Waktu Anda akan belajar bagaimana meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu kita bekerja.

Coba bayangkan, Anda sudah bekerja dengan cerdas ditambah dengan kerja keras, maka sukses insya Allah ada dihadapan Anda.

Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad)

Allah SWT menyukai hamba-Nya yang suka kerja keras.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 12 Comments.

  1. Alhamdulillah, input yang memberangsangkan, terima kasih. Keperluan kerja keras dan cerdas amat tinggi. Tambahan pada hari ini, cabaran dan rintangan dalam setiap usaha yang dilakukan amat dahsyat sekali. Cuma harus kita ingatkan juga, kerja cerdas bukan bermakna dengan memberikan rasuah atau wang pertaruhan (judi) kerana ia terang-terang sekali salah. Niat tidak akan menghalalkan cara. Kecerdasan perlu digunakan dengan cara yang betul, tepat dan memenuhi kehendak Allah. Kerana hari ini, memang sudah ramai orang yang bekerja dengan cerdas, tetapi diluar dari kasih sayang Allah s.w.t.

  2. Braveda
    12:05 pm June 15, 2010

    Sepakat…kalo semua pekerjaan sdh dilakukan dengan cara yg benar dan baik, maka Kerja keras = Kerja Cerdas…lama2 kita akan menjadi cerdas atau menjadi keras !
    Salam sukses

  3. setuju…

  4. Riezca
    2:17 pm April 2, 2011

    Semoga saat aku keluar sekolah nanti aku cepat mendapatkn pekrjaan dn aku bisa bkrja keras dan cerdas. Karena itu aku mempunyai motivasi yg sangat tinggi dalam menyatakan mimpi aku.
    Semoga aku bisa

    Terimakasih.

  5. andi ka
    5:31 pm April 6, 2011

    kerja cerdas adalah seumpama matahari.
    hanya dengan ide sederhana : (1) menyala bersinar,dan (2) berputar semu (planet-2 yg berrotasi dan berevolusi). ternyat menghasilkan kehidupan yang amat besar di bumi bersama air.

    air di sinari matahari pada siang hari terjadi penguapan, sore hari ada perubahan suhu permukaan bumi yang telah disinari dan yang baru disinari. dari perbedaan suhu ada perbedaan tekanan, lalu ada angin, lalu awan tertiup ke tempat kering, lalu jatuh sebagai hujan, lalu tumbuhlah pohon, lalu daun pohon berfotosintesis dengan sinar matahari, lalu muncullah kehidupan di bumi…

    mungkinkah kita bisa melakukan hal ‘kunci’ yang amat sederhana tapi bermanfaat besar dan luas secara berantai… , yang disebut maa kitsiyna fiyhi abada…? bercabang dan beranting dan mengembang.

  6. Rony Abdan Syakura
    6:31 pm May 26, 2011

    Saya rasa perlu ditambah dgn “Kerja Ikhlas”. Apapun hasil yg didapat dari Kerja keras ‘n cerdas harus belajar untuk Ikhlas.

  7. Kerja keras dan kerja cerdas,suatu kombinasi yang mestinya selalu diterapkan bagi orang yang mengininkan sebuah keberhasilan …

  8. mustaqim
    1:21 pm August 13, 2012

    hasil yang kita targetkan dlm pekerjaan kita itu tdk tergantung seberapa keras kerja kita, akan tetapi seberapa cerdas kita melakukan pekerjaan kita.

    • Maksudnya seperti ini
      Kerja cerdas + Santai
      Kerja cerdas + kerja Keras

      Mana yang akan memberikan hasil lebih baik?

  9. tari auliya
    4:21 pm October 2, 2012

    subhanallah
    open my mind
    syukron jiddan atas ilmu.a ^-^

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield