Dahsyatnya Kekuatan Mencoba Meski Modal Anda Terbatas

zona sukses

inspirations 26-5-12

Membahas tentang kekuatan mencoba, kita bisa mengambil hikmah dari perjalanan kakek bernama Kol Sanders. Hikmah ada dimana-mana, tidak ada salah kita petik untuk kebaikan kita bersama.

Anda pernah makan KFC? Meskipun makanan ini berasal dari negeri Paman Sam, tetapi sudah terkenal di dunia. Begitu juga dengan di Indonesia, hampir di setiap kota besar selalu ada KFC. Anda tidak akan kesulitan jika ingin makan daging ayam yang bermerk KFC ini.

Hanya Punya Resep Plus Kekuatan Mencoba

Saya bukan promosi, saya sendiri tidak suka makan disini. Artikel ini hanya memaparkan keberhasilan pendiri KFC bisa merambah dunia, bisa menghasilkan jutaan dolar pertahun. Jika kita menengok bagaimana perjuangan pendirinya, Kolonel Sanders, seorang pensiunan tanpa modal, tanpa perusahaan, yang dia punya hanyalah resep ayam goreng.

Saya katakan tampa modal, karena hanya memanfaatkan apa yang dia miliki saat itu. Tidak dengan modal besar dari bank atau mertua, tetapi dengan kendaraan tua dan sebuah ide resep ayam goreng.

Perjuangan kolonel Sanders tidaklah mudah, dengan bermodalkan sebuah mobil tua, dia berkeliling mencari toko yang mau menggunakan resepnya dengan imbalan sebagian keuntungan. Puluhan rumah makan dia ketuk, maka dia mendapatkan puluhan kata “tidak”. Ratusan rumah makan dia kunjungi lagi, namun ratusan jawaban “tidak” kembali terdengar.

Ditolak dan ditolak lagi.

Apakah ia berhenti? Saat dia yang berkata tidak. Dia tidak berhenti, dia terus mencari rumah makan yang mau menggunakan resepnya, sampai 1009 rumah makan dia datangi dengan selalu menjawab perkataan “tidak”. Berarti dia mendapatkan penolakan sampai 1009 kali. Setelah itulah dia mendapatkan jawaban “ya”.

Menunggu sampai 1009 kali ditolak dan akhirnya mendapatkan kata “YA”!

Disarankan Untuk Anda:   Sudahkah Anda Bertindak? Ini Penyebab Kenapa Sulit Mengambil Tindakan

Sekarang, pertanyaanya ….

Bagaimana Dengan Kekuatan Mencoba Anda?

Mari kita renungkan diri kita, sudahkan kita melakukan usaha seperti yang dilakukan kolonel Sanders dalam membangun bisnis kita? Sudahkan kita berusaha menawarkan ide kita kepada puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang? Sudahkah kita mencoba dan mencoba lagi ketiga gagal?

Saya sering menemukan orang yang mengatakan bahwa bisnis itu susah, sementara apa yang dilakukan mereka belumlah optimal. Seringkali kita mengurungkan ide kita karena baru mendapatkan kritik dari segelintir orang. Sering kita tidak mau berbisnis hanya karena orang lain sudah melakukannya.

Jika apa yang Anda inginkan itu baik. Jika apa yang Anda cita-citakan mulai, sejauh manakah kekuatan mencoba Anda?

Ini bisa diaplikasikan untuk meraih karir yang lebih baik. Untuk mendapatkan bisnis yang hebat. Untuk mendapatkan dukungan dari keluarga. Untuk mendapatkan hati objek dakwah Anda. Jika hanya untuk urusan dunia saja, mereka 1000 kali mencoba, apalagi untuk urusan akhirat?

1000 Alasan Atau 1000 Percobaan?

Jika Sanders mau mencari alasan saat dia mencoba 1000 kali, bisa saja. Dia bisa saja mengatakan “Saya sudah mencoba 1000 kali dan gagal, saya sudah berusaha.” Tetapi kenyataannya tidak, dia tetap mencoba dan mencoba meskipun sudah ribuan kali gagal.

Yang lucu, pernah ada orang protes kepada teman saya (trainer bisnis) bahwa bisnis percetakan itu susah. Teman saya menanyakan berapa kali dia menawarkan produk, jawabannya hanya tiga kali. Lucu!

Tiga kali sudah menyerah. Baru rugi ratusan ribu sudah menyerah. Baru kena tipu sekali sudah nyerah. Baru tidak laku beberapa hari saja, sudah nyerah. Tahukah Anda, ada rumah makan yang harus menunggu 1 tahun sampai dagangannya laris?

Disarankan Untuk Anda:   Cara Mengatasi Keterbatasan Diri Untuk Meraih Sukses

Anda bisa dengan mudah mengeluarkan seribu alasan. Kenapa kemampuan itu tidak digunakan untuk 1000 kali mencoba.

Sudahkah Anda 1000 kali berdo’a?

Tidak ada dalil (setahu saya) yang mengatakan harus berdo’a sampai 1000 kali. Ini hikmah yang bisa kita dapatkan disini adalah bahwa jika kita berdo’a, kemudian do’a kita belum dikabulkan, apakah akan berhenti berdo’a? Jika kita sedekah, tetapi Allah belum memberikan balasan berlipat ganda, apakah Anda akan akan berhenti.

Sebuah kekuatan luar biasa, saat disiang hari Anda terus berusaha, mencoba dan mencoba. Sementara dimalam hari, pada sepertiga malam terakhir Anda bersujud memohon agar apa yang kita inginkan dikabul oleh Allah.

Luar biasa bukan? Terus mencoba berusaha dan terus mencoba meminta kepada Allah. Cobalah untuk merasakan kekuatan mencoba ini.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

7 Comments

  1. didalam hidup ini memang sering kita menemukan orang yang bilang tidak bisa, padahal dia belum pernah mencobanya, jadi kunci semua adalah berani bencoba dan jangan takut gagal karena setiap kegagalan itu adalah langkah menuju keberhasilan. jangan putus asa dalam hidup ini sering-seringlah dalam mencoba, mencoba dan mencoba sampai bisa. jangan sampai putus asa. Allah tidak suka orang yang suka putus asa. belajarlah dari kegagalan.

  2. Setelah membaca”kekuatan mencoba” saya jadi teringat dikala saya sedang menyusun skripsi & merasa masih punya energi utk “belajar kerja” .. maka saya beranikan diri utk buka-2 lowongan kerja .. walau hampir di semua lowongan dikatakan : pengalaman minimum 1 tahun, saya tertarik dengan suatu lowongan kerja yang sesuai dengan background pendidikan saya ( walau saat itu saya belum lulus ) dgn syarat : Pria berpengalaman .. saat itu dgn tekad kuat saya berusaha apply .. dan ternyata saya satu-2 nya pelamar wanita yg belum lulus & di terima ! .. Tugas manusia adalah berupaya .. Mencoba adalah termasuk upaya sedangkan mengenai hasil kita pasrahkan pada Allah yang Maha Menentukan ..

  3. Boss dalam memulai suatu pekerjaan emang slalu banyak gagalnya ……..,keinginan kuat dan kerjaan yang disukai mungkin akan terus dilakukan dan biasanya akan menemukan tingkat kesuksesannya..

  4. kadang belum coba sudah bilang sulit dan kita terperangkap dalam kesulitan terus menerus padahal untuk mengubahnya harus dimulai dengan langkah kecil diikuti dengan keputusan yg tepat n kemauan untuk terus mencoba

  5. org yg sukses adalah org yg ga mudah menyerah, bukti na pendiri KFC tersebut dah mencoba ampe ribuan kali baru diterima..masa kita yg baru 10 kali gagal dah menyerah..mari kita bersemangat dalam menggapai impian kita…

  6. Assalamualaikum…
    Salam sukses.
    Saya adalah salah seorang pemula dlm usaha retail sales.
    Mgkin benar ada peluang bisnis yg tanpa modal materi ckup dgn ide2, atau mgkin resep2 msalan spt pemilik KFC. Tp dlm usaha yg saya geluti mutlak modal finansial sngat d butuhkn. Karena saya mbutuhknnya utk membeliny dr suplaier.
    Pertanyaan saya bgmn cara jitu utk mndapatkn investor yg baik yg mau membantu saya & bgmn cara meyakinkan investor tersebut.
    Trimakasih.
    Wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield