Kapan Uang Bernilai? Saat Anda Memperlakukannya Dengan Benar

Kadang masih banyak orang yang yang tidak ngeh dengan nilai uang. Hanya sekedar memenuhi kebutuhan hidup. Dia tidak bertanya, Kapan Uang Bernilai?

Saya yakin, sebagai umat Islam bahwa Anda sudah memahami konsep hidup dengan harta. Bahwa kita tidak boleh hanya mengumpulkan harta seolah-oleh harta akan menyelamatkan kita atau membuat kita kekal. Orang seperti ini pekerjaanya hanya menumpuk harta, seolah hidup dunia akhirat bisa diselamatkan oleh harta.

Dalam kondisi ini, uang sama sekali tidaklah bernilai. Lalu kondisi seperti apa yang membuat uang menjadi bernilai?

kapan uang bernilai

Yang pertama, uang akan bernilai jika uang menjadi pelayan kita. Artinya keberadaan uang bisa membantu kita untuk mendapatkan keinginan kita dunia akhirat. Uang akan bernilai saat Anda gunakan untuk menunaikan ibadah haji. uang akan bernilai saat Anda menginfaqkan uang tersebut.

Uang akan bernilai saat Anda gunakan untuk memberi nafkah anak istri (bagi seorang suami). Uang juga akan bernilai saat Anda gunakan untuk berjuang dijalan Allah. Jadi Kapan Uang Bernilai? Tergantung cara Anda menghabiskannya.

Yang kedua, uang akan bernilai jika uang tersebut bersirkulasi. Uang Anda hanya akan bernilai jika digunakan. Jika Anda hanya menunpuk uang, maka uang Anda tidak jauh berbeda dengan koran bekas Anda. Jadikan uang Anda berguna untuk Anda sendiri.

Jika Anda memberikan kepada orang lain, maka yang mendapat manfaat dari uang tersebut ganda, yaitu Anda dan orang yang menerimanya. Yang perlu diingat ialah, bersirkulasi bukan berarti Anda harus boros dengan uang, tetapi Anda harus menjadikan uang yang Anda miliki menjadi bermanfaat.

Inilah pola pikir orang kaya yang sesungguhnya. Uang bukanlah tujuan hidupnya, tetapi sebagai alat untuk meraih tujuan hidupnya. Jadi sebenarnya, saat ini Anda bukanlah sedang mencari uang, tetapi sedang mencari manfaat dibalik uang tersebut.

Jika keyakinan ini sudah kita miliki, kita juga akan menjadi tenang, sebab bisa saja Allah langsung memberikan manfaat kepada kita tidak melalui uang. Tujuan kita sebagai umat Islam ialah untuk meraih ridla Allah, baik melalui uang atau tidak.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

One Comment

  1. Pak Rahmat,
    Menarik sekali berbicara mengenai sisi lain tentang uang. Paradigma dan mind set yang diutarakan memang pas untuk orang yang punya uang dan kemudian memfungsikan uang atas azas manfaat.

    Namun kebanyakan fakta saat ini adalah masyarakat tidak banyak mempunyai uang atau kelaupun ada hanya pas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kamudian uang justru menjadi problem dan polemik dimasyarakat ketika mereka kekurangan uang. Kiamatpun tiba ketika sebagian dari kita kehilangan sumber mata uang, dan sebagain lagi sudah menukar arah kiblat dengan nilai uang.
    Walaupun kita shalat dengan gema takbir Allahu akbar, Allah maha besar, tetap saja dalam keseharian kita hanya masalah2 kita yang maha besar, uang yang maha besar sedangkan Allah tak tersentuh existensi kebesaranNYA.

    Mungkin pak Rahmat dan rekan-rekan yang lain dapat memotivasi saudara2 yang kekurangan uang agar bisa memanfaatkan sedikit uang tersebut menjadi hal yang terbaik spt halnya azaz manfaat uang yang diterangkan pak Rahmat diatas kemudian dapat memicu pertambahan rezekinya kelak.

    Dapatkah orang miskin memanfaatkan kemiskinannya dan merubahnya menjadi masyarakat yang cukup dan kemudian menjadi kaya.
    Atau mungkin kita sering lupa dengan ayat Allah yang berkata :
    ” (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. ” Q 3:134

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield