Cara Membangun Jembatan Menuju Impian

zona sukses

Menuju Impian, Artinya Harus Melewati Gap

menuju impian

Coba bayangkan saat Anda berdiri di pinggir suatu sungai yang besar, yang tidak mungkin Anda melaluinya dengan cara meloncat, apalagi melangkah. Sementara Anda sangat memerlukan atau menginginkan untuk dapat melaluinya. Bagaimana perasaan Anda saat menemukan sebuah jembatan yang menghubungkan kedua tepi sungai itu?

Saat Anda menginginkan sesuatu yang agak sulit untuk dicapai, maka Anda perlu sebuah jembatan yang menuju kepada apa yang Anda inginkan. Keinginan Anda, insya Allah, akan jauh nampak lebih mudah jika sudah terbentang jembatan yang menghubungkan antara Anda pada kondisi sekarang dengan kondisi Anda setelah mencapai mimpi Anda tersebut. Menuju impian memerlukan sebuah jembatan.

Apa Jembatan Menuju Impian Itu?

Jembatan itulah yang disebut dengan rencana. Rencana yang akan mengubah Anda, bukan kebetulan. Tanpa direncanakan Anda tidak akan berubah. Dalam kehidupan nyata yang saya jumpai, sering orang mengatakan belum siap, atau tidak bisa melakukan atau meraih sesuatu. Ketidaksiapan atau ketidakmampuan tidak akan berubah kecuali kita merencanakan untuk mengubahnya menjadi kesiapan atau kemampuan.

“Change should be a friend. It should happen by plan, not by accident.”

Philip Crosby (“Reflections on Quality”)

Sebagai contoh, jika Anda bermimpi ingin menjadi pengusaha, namun Anda tidak pernah berusaha mewujudkannya dengan alasan belum siap. Kenapa Anda tidak bertanya, “Kenapa saya belum siap?”

Mungkin Anda menjawab:

  1. “Saya belum punya modal yang cukup.”
  2. “Saya belum bisa menjalan bisnis ini.”
  3. “Saya belum mengetahui celah pasar produk saya.”
  4. dan berbagai ketidak siapan lainnya.

Maka sekarang Anda bisa mulai membuat jembatan menuju impian Anda. Langkah awalnya dengan bertanya. Sebagai contoh, berikut tiga pertanyaan sebagai respon ketidaksiapan diatas.

  1. Bagaimana agar saya memiliki modal yang cukup?
  2. Bagaimana agar saya bisa menjalankan bisnis?
  3. Bagaimana agar saya bisa menembus celah pasar untuk bisnis saya?
Disarankan Untuk Anda:   Bahaya Prasangka Buruk - Menarik Yang Ditakutkan Menghampiri Anda

Saat Anda berusaha menjawab ketiga pertanyaan diatas, maka Anda akan menemukan berbagai solusi. Dan solusi-solusi itu adalah bahan baku untuk menuju impian Anda.

Tidak semua pertanyaan akan terjawab tuntas. Bahkan saat Anda mencoba menjawab tiga pertanyaan besar tadi, Anda akan menemukan pertanyaan-pertanyaan kecil. Dan, tidak semua pertanyaan akan langsung terjawab saat ini. Namun Anda tidak perlu khawatir, tidak perlu menghentikan langkah Anda. Yang Anda perlukan ialah menjadi “mencari jawaban” sebagai bagian dari rencana Anda. Tidak perlu berhenti, jangan menyerah, dan teruslah cari jawaban.

Pentingnya Jembatan Menuju Impian

Putuskan apa yang Anda inginkan, kemudian tulislah sebuah rencana, maka Anda akan menemukan kehidupan yang lebih mudah dibanding dengan sebelumnya, kenapa?

  • Rencana adalah pijakan Anda melangkah, bagaimana bisa melangkah jika tidak ada pijakan?
  • Rencana memberikan arah langkah Anda.
  • Rencana memudahkan Anda untuk fokus, dimana fokus akan memberikan hasil yang optimal.
  • Rencana akan membantu Anda mengoptimalkan waktu.
  • Rencana akan menunjukan apakah tujuan Anda bisa dicapai atau tidak
  • Rencana akan mengontrol Anda, sehingga Anda tetap di jalur yang mengarah menuju impian Anda.
  • Rencana membuat kita berfikir lebih sistematis

Kini saatnya bagi Anda untuk membuat sebuah rencana jika Anda ingin sukses seperti apa yang dikatakan petenis tenar Andre Agassi,

“Success comes to those who plan their work and then work their plan!”

Allah SWT dalam firman-Nya memerintahkan kepada Nabi SAW beserta para sahabat untuk membuat rencana ketika akan berangkat atau menghadapi peperangan,

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (QS:Al Anfaal:60)

Disarankan Untuk Anda:   Kondisi Dasar Untuk Sukses

Sudahkah Anda memiliki jembatan menuju impian Anda?

Lalu Apa Itu Rencana?

Rencana adalah sekumpulan ide-ide tindakan untuk mencapai tujuan. Ide-ide ini seolah menjadi bahan baku bagi Anda untuk membuat sebuah jembatan. Jika seandainya, bahan baku itu kurang, maka Anda harus mencarinya agar lengkap.

Keistimewaan jembatan menuju impian adalah Anda bisa menggunakannya sebelum jembatan itu selesai. Mungkin belum semua ide yang dibutuhkan ada, namun Anda bisa mulai meniti jembatan menuju impian sekarang juga. Mulailah dari ide yang sudah ada.

Kadang Anda akan menemukan ide-ide baru setelah Anda mengaplikasikan ide-ide yang sudah ada. Artinya ide-ide itu berada dibalik ide-ide yang sudah ada. Jadi, buatlah rencana, tetapi tidak perlu menunggu rencana itu sempurna karena Anda bisa mulai bertindak, bahkan saat hanya ada satu ide dalam rencana Anda.

Punya impian? Maka bangunlah jembatan menuju impian Anda!

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

One Comment

  1. Saya dan istri saya ingin membuka usaha sendiri dirumah untuk menambah pengasilan, karena istri tidak bekerja sedang penghasilan tidak seberapa dengan mempunyai 3 orang anak, saya mohon saran usaha apa yang cocok dan modal tidak begitu besar serta mudah dikerjakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield