Jalan Pintas Menjadi Pengusaha Sukses

Adakah Jalan Pintas Menjadi Pengusaha Sukses?

menjadi pengusaha suksesJangan bilang “tidak ada” dulu, sikap skeptis akan menghalangi Anda menjadi pengusaha sukses. Meski banyak yang mengatakan bahwa bisnis perlu kerja keras, harus dari nol, dan memerlukan waktu lama untuk menuai hasil. Mungkin tulisan ini menjadi kabar gembira bagi Anda yang selama ini mencari jalan pintas menjadi pengusaha sukses.

Jalan pintas sebenarnya adalah jalan dari satu titik ke titik lain melalui garis lurus. Sementara, ada jalan lain yang harus berkeliling dulu, melewati tempat-tempat yang tidak perlu. Dalam bisnis, seringkali kita melalui jalan-jalan yang tidak perlu, sehingga lebih lama meraih tujuan. Ada banyak jalan menuju Mekah, semuanya bisa sampai, maka pilihlah jalan yang paling cepat, dan inilah yang disebut jalan pintas.

Lihat gambar dibawah. Ada banyak kemungkinan jalan dari A menuju B, tapi jalan yang berwarna hijaulah yang paling dekat dan paling cepat. Inilah yang disebut jalan pintas. Anda masih tetap harus berusaha, bertindak agar Anda berpindah dari A menuju B.

jalan pintas

Bukan Tongkat Ajaib Menjadi Pengusaha Sukses

Tapi… jangan sekali-kali menganggap bahwa saya akan memberikan sebuah “tongkat ajaib” yang membuat Anda menjadi pengusaha sukses dalam semalam. Bingung? Bagus… saat Anda bingung artinya itu adalah langkah menuju sebuah pencerahan. Anda akan menemukan jawabannya. Baca terus!

Jalan Pintas Menjadi Pengusaha Sukses Yang Pertama

Terkadang… kita menerima sebuah “nasihat”, bahwa membangun bisnis itu harus dari nol. Mulai dari yang kecil dulu, kemudian membangun setahap demi setahap. Diperlukan ketekunan dan kesabaran untuk sukses. Untuk ketekunan dan keberhasilan saya setuju. Memulai dari nol juga boleh, tetapi yang perlu kita fahami adalah kita tidak perlu dari nol untuk memulai bisnis. Sebab Anda tidaklah berada di titik nol, sebab Anda bisa mengakses sumber daya yang sudah tersedia.

Buat apa memulai dari nol? Yang lebih tepat adalah mulailah dari apa yang Anda miliki dan yang bisa Anda akses. Ini jalan pintas menjadi pengusaha sukses pertama: tidak perlu dari nol, manfaatkan sumber daya yang sudah ada.

Jalan Pintas Menjadi Pengusaha Sukses Yang Kedua

Lalu apa jalan pintas yang kedua? Jalan pintas itu sudah ada, tinggal Anda manfaatkan saja. Jalan pintas itu adalah jalan yang sudah digunakan selama ini oleh orang lain yang terbukti sukses. Saya sering menganalogikan dengan jalan biasa, jalan untuk kendaraan. Ada banyak jalan dari Bandung ke Jakarta, mana jalan yang paling cepat? Sekarang ada jalan tol Cipularang. Jalan tol ini adalah jalan pintas, tidak perlu membuat jalan baru, sebab membuat jalannya saja lama. Untuk apa menggunakan jalan lain jika ada jalan yang lebih cepat? Kecuali Anda punya maksud lain.

Aplikasinya dalam bisnis ialah: agar Anda menjadi pengusaha sukses, Anda bisa meniru cara bisnis yang sudah terbukti berhasil yang pernah dilakukan oleh orang lain. Jangan dulu mencari cara atau rahasia baru, gunakan saja cara tercepat yang sudah terbukti. Inilah jalan pintas menjadi pengusaha sukses yang kedua.

Mengapa Tidak Semua Orang Melalui Jalan Pintas?

Tentu saja, semua orang ingin melalui jalan pintas. Bukankah Anda juga begitu? Tapi mengatapa tidak bisa dilakukan? Biasanya, kita tidak melalui jalan pintas karena 2 penyebab ini:

  1. Anda tidak mengetahui jalan yang paling cepat
  2. Jalan pintas yang ada terhalang atau ada hambatan sehingga Anda terpaksa menggunakan jalan yang lain

Solusi masalah yang pertama adalah Anda harus terus belajar, bagaimana jalan tercepat menuju tujuan Anda. Bagaimana cara tercepat agar bisnis Anda terwujud.

Yang kedua, jika jalan pintas tertutup, maka ada dua kemungkinan. Jika memang tidak bisa dibuka, maka Anda cari jalan lain yang terdekat. Namun jangan menyerah dulu, jika memungkin Anda bisa menyingkirkan penghalang yang menghalangi Anda melalui jalan pintas. Lihatlah kondisinya, mana cara yang terbaik.

Untuk mempelajari lebih lanjut, bagaimana cara membangun bisnis tercepat dan mengatasi semua halangan Anda membangun bisnis, sudah saya bahas secara detil di video Bisnis Anti Gagal.

Mau Yang Lebih Cepat?

“Tapi… saya mau lebih cepat lagi. Cara yang sudah ada tidak cukup cepat bagi saya.”

OK. Kembali analogi dengan perjalanan. Kecepatan Anda dari Bandung ke Jakarta akan dipengaruhi oleh kendaraan Anda. Dalam hal ini, kendaraan Anda adalah “daya ungkit” untuk mempercepat perjalanan Anda. Mobil sedan berkecepatan tinggi tentu akan lebih cepat dibandingkan dengan jalan kaki. Lagi pula, bukan zamannya bepergian dengan jalan kaki. Gunakan kendaraan dalam perjalanan. Artinya gunakan daya ungkit dalam bisnis, maka Anda akan sukses lebih cepat. Inilah jalan pintas yang ketiga.

Jadi, jalan pintas itu ada. Yang tidak ada adalah tongkat ajaib yang membuat Anda menjadi pengusaha sukses dalam semalam.