Hikmah dari Iklan

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Tahukah Anda kalau iklan yang sering membuat kita kesal ternyata memberikan banyak hikmah untuk kita? Betul, banyak hikmah yang bisa saya ambil dari membaca, mendengar, dan melihat iklan. Dari mana pun, baik TV, radio, koran, majalah, dan internet. Apa hikmah yang bisa kita ambil?

Pertama, kita bisa belajar strategi bisnis para pebisnis sukses. Jika kita jeli melihat iklan-iklan dari produk yang begitu populer, kita akan menemukan strategi bisnis dibalik produk atau jasa yang ditawarkan oleh iklan tersebut. Tentu saja, kita akan memahami strategi bisnis orang lain jika kita sudah memiliki pemahaman strategi marketing yang memadai. Jika kita tidak faham dengan strategi bisnis atau marketing, tentu akan sulit untuk menangkap strategi dibalik iklan tersebut.

Kedua, hikmah dari iklan ialah melatih kreativitas kita. Semakin banyak iklan yang kita lihat, akan semakin banyak ide yang kita ketahui. Ide-ide yang sudah ada bisa memacu kreativitas kita untuk menemukan ide bisnis atau ide marketing baru. Jadi bukan berarti kita meniru ide orang lain, tetapi sebagai masukan untuk ide-ide bisnis selanjutnya.

Kita bisa mendapatkan ide baru dengan cara memodifikasi ide yang sudah ada menjadi ide baru. Bisa juga dengan menggabungkan ide yang sudah ada. Cara lain ialah dengan memperbesar atau memperkecil ide yang sudah ada. Atau kita juga bisa menyesuaikan suatu ide dengan target pasar yang baru. Dengan cara ini, kita akan menemukan banyak ide bisnis, bahkan jumlahnya tidak terbatas.

Ketiga, bisa saja kita menemukan peluang bisnis yang bagus dengan rajin melihat iklan. Saya sering mendapat pertanyaan tentang ide bisnis apa yang bagus, padahal kita bisa menemukan ide tersebut dari iklan. Dari iklan kita bisa melihat dan belajar terhadap ide-ide yang sudah ada kemudian kita ubah dengan cara kreatif sehingga kita akan menemukan ide bisnis baru yang potensial. Bisa juga kita menemukan tawaran bisnis yang bagus dari membaca iklan seperti tawaran mlm atau tawaran membuka cabang.

Salah satu ciri bisnis yang menguntungkan ialah iklannya terus muncul dalam waktu lama. Mengapa? Karena jika tidak menguntungkan maka pemilik bisnis tersebut tidak akan punya uang untuk membayar iklan yang mahal. Memperhatikan iklan bisa memberikan masukan kepada kita, iklan apa yang memberikan keuntungan.

Inilah 3 hikmah yang bisa kita petik dari iklan. Mulai sekarang, dari pada marah-marah karena keasyikan kita terganggu oleh iklan, mulailah membuka pikiran untuk menemukan hikmah dibalik iklan. Saat membeli koran, saya selalu membaca iklan. Saat membaca majalah pun sama. Begitu juga saat membaca website saya sering mengklik iklan. Saya mendapatkan banyak hikmah dari iklan. Bagaimana dengan Anda?

Dengan memahami bahkwa ada hikmah dibalik iklan, akan menyebabkan emosi kita tetap stabil saat kita diserbu dengan iklan. Marah karena iklan akan membuat emosi kita negatif dan akan melemahkan motivasi diri kita. Mulai sekarang insya Allah kita akan lebih berpikir positif meski iklan banyak mengganggu kita.

Jika Anda mengetahui ada hikmah lain dari iklan, silahkan bagikan dengan pembaca motivasi Islami melalui form komentar.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 4 Comments.

  1. Pak aku link yah soalnya aku suka baca2 artikel bapak

  2. artikel yang bagus dan gratis lagi…wekekekekekeekek

  3. HENDRA
    9:39 am August 11, 2008

    belajar sabar ya,he….! lagian liat slogan iklan mengajari kita punya kata2 indah , untuk disampaikan ke olang

  4. i like semoga bermanfaat bagi pembaca ya

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield