Gimana Cara Berpikir Positif?

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

yang-terbaik

Sebelum kita menjawab gimana cara berpikir positif, ada baiknya kita review, apa sich yang dimaksud dengan berpikir positif. Mengapa harus mengathui definisinya, karena kita tidak akan bisa mencapai sesuai jika kita tidak mengetahui apa yang kita tuju. Anda tidak akan pernah sampai ke Jakarta, jika Anda tidak mengetahui Jakarta itu dimana.

Berpikir Positif Adalah …

Sebuah hadist Qudsi menjelaskan tentang konsep dasar berpikir positif.

Sesungguhnya Allah berkata: “Aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku” (HR.Muslim)

“Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu” (QS.Adh Dhuha: 3)

Para mufassir sepakat bahwa latar belakang turunnya surat ini adalah keterlambatan turunnya wahyu kepada Rasulullah SAW Keadaan ini dirasakan berat oleh Rasul, sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa Muhammad SAW telah ditinggalkan oleh Tuhan nya dan dibenci-Nya.

Ayat ini memberikan taujih (arahan) kepada Rasulullah SAW agar tetap berpikir positif kepada Allah SWT, dan tidak menduga-duga hal negatif atau hal buruk seperti yang ada di pikiran orang-orang munafik dan musyrik.

Hakikat berpikir positif adalah yang datang dari Allah SELALU baik.

Tantangannya adalah, kadang Allah memberikan hikmah dengan cara yang tidak kita sukai. Nah, untuk orang yang berpikir positif, dia yakin bahwa dibalik semua itu ada kebaikan bagi manusia.

Berpikir positif bukan berarti menganggap semua manusia atau makhluq akan selalu berbuat baik kepada kita. Namun yang selalu baik itu datang dari Allah, bahkan melalui kejadian buruk sekalipun. Kita harus berbaik sangka kepada manusia sambil tetap waspada.

Berpikir positif juga bukan berarti semua hal yang salah menjadi baik. Namun kita bisa menemukan kebaikan dibalik kesalahan. Salah tetap salah, namun dibalik kesalahan ada hikmah. Hikmah inilah yang selalu baik.

Berpikir positif juga bisa berarti optimis. Ini kaitannya dengan masa depan termasuk dari yang sedang kita kerjakan saat ini akan memberikan hasil kepada kita. Kebalikannya orang yang pesimis tidak yakin apa yang dia lakukan akan memberikan hasil.

Berpikir positif juga artinya terbuka, sehingga memberikan peluang bagi kita untuk terus melangkah. Sementara pikiran negatif adalah pikiran yang tertutup sehingga dirinya akan tertutup dari keberhasilan.

Silahkan baca artikel lain yang menjelaskan Ciri Orang Yang Berpikir Positif.

Mengapa Harus Berpikir Positif

Gambar dibawah ini bisa menjelaskan, mengapa kita harus berpikir positif.

gimana cara berpikir positif

  1. Berpikir positif akan menjadikan hidup kita lebih nyaman, sementara berpikir negatif menjadi hidup kita sempit dan sumpek sebab semuanya terlihat jelek.
  2. Berpikir positif akan menjadikan kita terus bergerak atau bertindak, sementara berpikir negatif akan menjadi kita ragu bahkan tidak bertindak. Tanpa tindakan kita tidak akan berhasil.
  3. Berpikir positif adalah energi yang sangat besar, sementara berpikir negatif akan mengikis habis energi kita yang dibutuhkan untuk meraih sukses.
  4. Banyak hal yang sebenarnya mungkin menjadi tidak mungkin karena berpikir negatif, sebaliknya dengan berpikir positif akan berubah menjadi mungkin.
  5. Dengan berpikir positif, beban hidup akan berkurang karena kita tidak memikirkan hal negatif yang membuat hidup semakin berat.
  6. Berpikir positif, tindakan akan menjadi positif. Berpikir negatif menyebabkan kita bertindak negatif.
  7. Berpikir positif akan menjadikan hubungan kita dengan orang lain akan lebih baik. Orang tidak suka orang yang berpikiran negatif.
  8. Keluarga lebih harmonis jika anggota keluarga berpikir positif semua.
  9. Motivasi akan hancur jika kita selalu berpikir negatif, sebaliknya sumber motivasi datang dari pikiran positif.
  10. Berpikir positif menentukan keberhasilan Anda sebesar 85%. Jika anda sudah berpikir positif, maka 85% keberhasilan insya Allah sudah ditangan, sisanya tinggal masalah teknis. Tentu saja Allah yang menentukan, namun kita sedang berbicara ikhtiar, dan 85% faktor keberhasilan ikhtiar kita diawali oleh pikiran positif.

Juga jika kita mengambil hikmah dari Bill Gates, dia juga berpikir positif: Bill Gates: Keunggulan, Determinasi, dan Bepikir Positif

Bagaimana Cara Berpikir Positif

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu berpikir positif dan apa saja manfaatnya yang dahsyat. Pertanyaanya adalah gimana cara berpikir positif?

Pertama silahkan baca artikel sebelumnya: Cara Berpikir Positif

Cara Selalu Berpikir Positif dan Terjaga dari Pikiran Negatif

Setelah Anda memahami cara berpikir positif, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana menjaganya? Ini yang menjadi tantangan dan yang menentukan sukses Anda. Hanya mengetahui saja belum cukup, namun pikiran positif harus selalu menyertai pikiran dan tindakan kita. Setiap ada masalah, kejadian, atau apa pun, kita SELALU meresponnya dengan positif. Ini kondisi yang harus kita miliki, yang akan membawa kita kepada keberhasilan.

Kuncinya adalah dominasi! Pikiran kita harus didominasi oleh ide, informasi, gagasan, konsep, dan sistem yang positif. Saat kita merespon, pikiran kita akan mencari informasi di pikiran bawah sadar kita atau memori, kemudian digunakannya untuk merespon. Kejadian ini sering kali terjadi begitu cepat, apalagi jika Anda termasuk orang yang reaktif.

Pertanyaanya adalah bagaimana cara mendominasi pikiran kita dengan pikiran positif? Ada banyak teknik bagaimana agar pikiran positif mendominasi pikiran kita. Semuanya sudah dijelaskan di ebook saya Beautiful Mind Power. Silahkan diaplikasikan, termasuk dengan program Audio yang akan memandu Anda berpikir positif.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 5 Comments.

  1. Oh gitu alasannya kenapa harus berpikir positif

  2. berpkir positif menang bisa mengubah kehidupan kita…. terpuruk menjadi lebih jaya

  3. ANDRI
    1:28 pm October 20, 2013

    mengucapkan bisa tapi menyakinkan hati untuk ikut berfikir positif sungguh sulit…

  4. HUSEN
    11:19 pm November 10, 2013

    Meyakinkan untuk berpikir positif

  5. ALLAH memerintahkan kita berpikir positif

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield