Fokus Pada Kekuatan Diri Anda

zona sukses

Fokus pada kekuatan diri sendiri, akan menjadikan meraih sukses lebih sederhana.

Biasanya, kekurangan itu banyak, tapi Anda bisa fokus pada 1 hal terbaik pada diri Anda.

Fokus pada 1 kekuatan yang paling bisa diandalkan, akan lebih memberikan dampak daripada menghabiskan waktu untuk memperbaiki semua kekurangan.

Mengapa Harus Fokus Pada Kekuatan Diri Anda?

fokus pada kekuatan diri

Sebuah kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh banyak orang ialah ingin memperbaiki semua kekurangan dan kelemahan dirinya. Bukannya tidak boleh memperbaiki diri, ini tetap harus dilakukan, tetapi dengan proporsi yang tepat.

Anda akan benyak menghabiskan waktu jika mencoba memperbaiki semua kekurangan dan kelemahan Anda. Semua orang punya kekurangan dan kelemahan. Anda dan juga saya, kita tidak sendiri.

Bahkan orang sukses pun punya segudang kelemahan dan kekurangan. Mereka bukan tanpa kekurangan dan kelemahan, mereka bisa sukses karena mereka fokus pada kekuatan mereka bukan memperbaiki semua kekurangan atau kelemahan.

Kalau pun Anda mau memperbaiki diri, pilihlah hal-hal yang paling penting bagi Anda. Anda tidak bisa memperbaiki semuanya sebab akan menghabiskan waktu hidup Anda. Semua orang diberikan kelebihan dan kekurangan.

Optimalkan kelebihan Anda dan Anda akan segera memperoleh hasil yang gemilang. Mengoptimalkan 1 kelebihan Anda jauh akan lebih efektif daripada menyibukan diri memperbaiki banyak kekurangan yang kita miliki.

Bagaimana Cara Fokus Pada Kekuatan Diri Anda?

  1. Identifikasikan kekuatan Anda. Apa yang Anda lakukan dengan baik, berprestasi, dan paling menghasilkan?
  2. Bagaimana cara menggunakan kekuatan Anda untuk mencapai tujuan Anda.
  3. Pelajari lebih lengkap tentang cara mencapai tujuan Anda. Identifikasikan aset dan keterampilan yang diperlukan.
  4. Anda akan menemukan (mungkin) beberapa keterampilan yang Anda perlukan tapi Anda tidak bisa. Mungkin ini kekurangan Anda.
Disarankan Untuk Anda:   Tetap Meraih Sukses Meski Pun Tanpa Dukungan

Fokus Pada 1 Hal Setiap Waktu

Jika Anda menemukan beberapa potensi diri yang mau menjadi kekuatan, Anda harus mempriortitaskan memilih salah satu dulu. Ya, satu dulu pada satu waktu. Bukan berarti satu-satunya, tetapi dilakukan secara berurutan (seri).

Dengan fokus pada 1 hal dulu, satu hal tersebut akan benar-benar kuat. Karena waktu, usaha, dan sumber daya Anda tertuju pada satu hal. Sehingga satu hal itu memiliki kekuatan penuh.

Lalu mana yang harus didahulukan? Semuanya penting?

Coba tanyakan, jika seandainya ada satu hal dimana Anda sangat kuat, sangat menguasai, dan sangat ahli dalam hal ini, yang lainnya akan mudah atau akan memberikan dampat paling besar dalam hidup Anda.

Apa satu hal itu?

Artinya yang paling penting, paling berdampak, dan paling cepat memberikan hasil.

Jangan terjebak dengan mengatakan semuanya penting. Mungkin benar, tetapi hanya ada 1 yang terpenting. Mungkin Anda membutuhkan waktu untuk memikirkan hal ini.

Perhatikan gambar diatas, itu bukan tanpa maksud. Gambar diatas adalah disebut efek domino, dimana jika 1 jatuh yang lain akan jatuh. Bahkan jika disusun semakin membesar pun akan jatuh. Banyak rekor terjadi, ratusan ribu keping domino jatuh hanya dengan menjatuhkan 1 keping saja.

Artinya saat Anda fokus pada kekuatan diri Anda, satu kekuatan, maka itu sama dengan menjatuhkan satu keping domino yang akan menjatuhkan domino lainnya.

Artinya keberhasilan Anda pada satu hal, akan memudahkan keberhasilan-keberhasilan lainnya. itulah kenapa harus fokus pada satu hal dulu, agar memudahkan keberhasilan yang lainnya.

Fokus pada satu kekuatan Anda, kemudian optimalkan kekuatan Anda, ini akan memudahkan Anda meraih hasil dan memudahkan Anda meraih keberhasilan-keberhasilan lainnya.

Cara Memperbaiki Kekurangan

Kalau Anda mau memperbaiki kekurangan, maka fokuslah untuk memperbaiki kekurangan ini. Ini adalah kekurangan yang perlu Anda perbaiki, jadi tidak perlu semua kekurangan Anda perbaiki. Hanya yang diperlukan saja. Dengan demikian, Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting.

Disarankan Untuk Anda:   4 Sumber Inspirasi Bagi Yang Bingung Menentukan Tujuan Hidup

Namun selain kita memperbaiki kekurangan, sebenarnya ada hal lain yang bisa Anda lakukan, yaitu menutupi kekurangan. Apa bedanya? Menutupi kekurangan tidak selalu oleh Anda sendiri. Anda bisa menutupi kekurangan dengan cara bekerja sama, delegasi, atau outsourcing.

Penutup

Sementara, Anda bisa fokus pada kekuatan Anda. Gunakan kekuatan Anda seoptimal mungkin sehingga hasilnya akan luar biasa atau Anda menjadi pribadi yang luar biasa. Dengan pola pikir seperti ini, waktu Anda tidak akan terbuang percuma, Anda akan fokus pada hal-hal penting. Pencapaian dan keberhasilan akan segera diraih.

Satu saja yang jangan dilupakan adalah jangan mengabaikan kekurangan dalam beribadah wajib. Ibadah-ibadah pokok dan wajib, itu tidak boleh kurang. Jangan karena rajin tahajud, kemudian shalat wajib 5 waktu jadi kurang. Ini tidak boleh.

Seperti para sahabat, ada sebagian sahabat yang memiliki amalan unggulan, namun bukan berarti beliau-beliau meninggalkan amal pokok dan wajib.

Untuk penjelasan lebih detil, lebih lengkap, dan secara terintegrasi, bisa Anda dapatkan di ebook Revolusi Waktu. Begitu juga dalam Video The Champion Way, untuk menjadi juara, Anda tidak perlu hebat dalam segala hal. Nyatanya tidak ada.

Para juara pun masih memiliki kekurangan. Dia bisa saja juara dalam satu hal, tapi yakinlah mereka punya kekurangan di bidang lainnya.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

8 Comments

  1. Fokus adalah perbuatan yang memerlukan istiqamah serta teliti dalam apa yang ingin dicapai. Dalam konteks perbaiki diri, kita perlu istiqamah jika ingin berubah kepada sesuatu yang baik. Jika tiada istiqamah maka perubahan berlaku hanya untuk seketika sahaja.

  2. saya setuju mas…
    konsentrasi penuh pada titik terkuat di diri kita, konon bisa menetralisisr kekurangan kita. sebab, aura kekuatan itu bisa menutuoi kekurangan yang ada..

    salam sukses

  3. saya setuju mas…
    konsentrasi penuh pada titik terkuat di diri kita, konon bisa menetralisisr kekurangan kita. sebab, aura kekuatan itu bisa menutuoi kekurangan yang ada..

    salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield