Dahsyatnya Potensi Manusia

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Bukti Bahwa Potensi Manusia Itu Dahsyat

potensi manusiaUntuk mengenal sejauh mana potensi manusia, saya punya analogi. Jika Anda ditugasi oleh atasan Anda untuk pergi ke suatu kota yang jauh dari kota Anda, tetapi Anda tidak diberi bekal untuk pergi kesana, sementara Anda tidak memiliki bekal sendiri, apakah Anda mau pergi? Seseorang pemberi tugas yang baik dia akan melihat apakah dia mampu atau tidak untuk melaksanakan tugas tersebut. Jika tidak dia harus memberikan bekal tersebut kepada orang yang diperintahkannya.

Begitu juga Allah SWT, Allah SWT tentu sudah memberi bekal kepada kita untuk mengemban tugas besar kita sebagai khalifah di muka bumi ini. Bekal yang sudah diberikan kepada kita ialah akal beserta potensi-potensi lainnya, hati dan jasad.

Bukti Lain Besarnya Potensi Manusia

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS.Al-Baqarah:164)

Ayat di atas adalah salah satu ayat yang menggambarkan hanya sebagian kecil fenomena yang di bumi. Di ujung ayat disebutkan bahwa itu adalah tanda-tanda kebesaran Allah SWT, tentu saja bagi kaum yang memikirkannya. Di sini tersirat bahwa memikirkan alam merupakan salah satu cara mengenal kebesaran Allah SWT.

Memikirkan alam akan membawa kita kepada pemahaman bahwa apa yang ada dan apa yang terjadi di alam ini begitu kompleks dan rumit. Salah satu contoh kerumitan yang menakjubkan ialah munculnya berbagai tanaman yang berbeda dari tanah yang sama. Kemudian, ada juga perbedaan rasa dari buah, padahal ditanam pada tanah yang sama dan disiram dengan air yang sama.

Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir. (QS.Ar Ra’d:4)

Itu hanya sebagian contoh saja. Masih banyak fenomena lainnya yang menakjubkan, kompleks, dan rumit. Seperti perputaran bumi, cuaca, adanya dua kutub, salju, pegunungan, keadaan di perut bumi, laut, dan sebagainya yang tidak mungkin dituliskan semua dalam artikel ini. Namun dibalik semua ini, ternyata, Allah SWT menundukannya bagi kita.

Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir. (QS.Al Jaatsiyah:13)

Allah SWT memerintahkan kita untuk mau berpikir tentang penciptaan-Nya yang begitu menakjubkan, rumit, dan kompleks. Namun semua itu telah Allah SWT tundukan untuk kita. Ini sebagai tanda bahwa manusia memiliki kemampuan (dari Allah) untuk menundukan apa yang ada di langit dan di bumi. Suatu kemampuan yang luar biasa. Sudahkah Anda memanfaatkan kemampuan ini?

Sudahkah Anda Mengoptimalkannya?

Potensi yang diberikan kepada manusia akan berjalan baik dan tersalurkan dengan baik apabila manusia mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya. Segala potensi manusia diperuntukkan dan disediakan Allah SWT agar manusia dapat menjalankan ibadah dan melaksanakan fungsi khalifah.

Dengan potensi inilah manusia dikehendaki mampu menjalankan misi sebagai khalifah yang diamanahkan kepada manusia oleh Allah SWT, padahal makhluk lainnya enggan untuk memikul tugas ini karena beratnya.

Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh,” (QS.33:72)

Kita semua sudah menyaksikan dan bahkan mengalami bagaimana dahsyatnya potensi manusia. Manusia menjadikan peradaban dan teknologi berkembang dengan pesatnya, yang seakan sebuah keajaiban, sesuatu yang tidak terpikirkan pada suatu jaman bisa terealisasi pada jaman berikutnya.

Namun, siapakah yang menguasai peradaban dan teknologi tersebut saat ini? Sudahkah kita mengoptimalkan potensi manusia yang dahsyat ini?

  1. Miliki impian besar, jangan hanya untuk diri sendiri tetapi untuk kebaikan umat manusia. Anda bisa memberikan kontribusi yang besar bagi dunia, sebab potensi Anda itu dahsyat. Jika tidak, artinya Anda masih malas untuk menggali dan membangkitkan potensi Anda.
  2. Jangan mudah menyerah oleh halangan dan rintangan sebesar apa pun di hadapan Anda. Dengan potensi dahsyat yang Anda miliki, Anda akan mampu mengatasi berbagai halangan dan rintangan sebesar apa pun.

Sadari bagaimana dahsyatnya potensi manusia kemudian gali serta optimalkan. Bagaimana caranya?

Silahkan baca artikel-artikel lainnya yang membahas cara membangkitkan potensi

Kiat Melejitkan Potensi Diri

Pengembangan Potensi Diri

Mengapa Harus Bersaing?

Membumikan Man Jadda Wajada

Meraih Percaya Diri

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 4 Comments.

  1. Muhammad Maris Nugroho
    3:31 pm June 24, 2007

    Saya akan menunggu artikelnya, tapi saya akan baca besok. Saya berpendapat memang Manusia sangat dahsyat kemampuannya. Bagaimana memanfaatkan dengan optimal?

  2. samsul bahri
    3:33 pm August 12, 2007

    Boss!!!!..potensi orang-orang indonesia akan lebih dahsyat……apabila pikiran-pikiran yang membelenggunya sudah gak ada…..,contoh nya kalo udah gak ada korupsi ….. cape-cape berkarya hasilnya di korupsi…..,cape dech…. setuju gak boss.!!!!

  3. hadi nafian
    12:34 am March 24, 2008

    ya…ya. Ana setuju dengan fikiran itu.manusia memang mempunyai kemampuan yang dahsat, sebagaimana yang sudah disampaikan dalam alqur’an manusia merupakan makhluk yag paling sempurna dianatara makhluk lain. … cuma kadang2 manusia lupa ….akan tujuan hidupnya,,,,sehigga bukan kemakmuran yang terjadi di duia ini …..///tapi kehancuran yang terjadi sebab sifat kerakusan manusia yang muncul…..banyak contoh yg terjadi disekitar kita,,,,,,,ok.khan .

  4. Dhika
    3:28 pm June 22, 2010

    Gimana cara memanfaatkannya secara optimal ya?

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield