Cinta dan Motivasi

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

cinta

Ada Apa Dengan Cinta?

Cinta dan motivasi jelas memiliki hubungan yang erat. Cinta adalah motivasi yang paling kuat. Cinta adalah penggerak hati, pikiran, dan tindakan. Seseorang akan merasa tergerak hatinya saat sesuatu yang dicintainya disebutkan. Cinta menggerakan pecinta untuk mencari yang dicintainya.

Objek cinta itu begitu banyak. Mereka adalah ujian bagi kita semua. Cinta terhadap lawan jenis, cinta terhadap keluarga, cinta terhadap harta benda, cinta terhadap tanah air, dan cinta terhadap hal-hal lainnya.

Namun tahukah bagi Anda, bahwa cinta itu adalah tawanan?

Cinta Itu Adalah Tawanan

Apa yang dimaksud bahwa cinta itu adalah tawanan? Siapa yang ditawan? Cinta menawan hati. Sebab hati akan tunduk demi mengejar apa yang dicintainya. Banyak sekali orang yang rela melakukan apa pun demi yang dicintainya. “Gunung kan kudaki, lautan akan kusebrangi.” begitu kata syair yang menggambarkan bagaimana hati tertawan oleh cintanya kepada kepada seorang gadis pujaan.

Lihatlah… banyak orang yang melakukan segala cara untuk mendapatkan harta dan jabatan. Yang haram dihalalkan, apa pun dilakukan demua cintanya kepada harta dan jabatan.

Cinta selalu menggerakkan hati pada apa yang dia inginkan. Keinginan diri inilah yang disebut dengan hawa nafsu. Sehingga dengan cinta ia menjadikan hatinya sebagai tawanan hawa nafsu, mengikuti apa yang dikatakan hawa nafsu dan menjadikan hawa nafsu dengan pimpinannya dalam hidup. Sehingga masuklah dia ke dalam fintah syahwat, yang menghalangi hatinya dari petunjuk dan rahmat.

Kemerdekaan Itu Datang Dari Tauhid

Tauhid membebaskan hati ini dari tawanan hawa nafsu. Bebas dari tawanan cinta harta, jabatan, popularitas, anak, lawan jenis, dan objek cinta yang berasal dari hawa nafsu. Bukan berarti, kita tidak lagi mencintai mereka. Namun, dengan kehadiran tauhid, maka hawa nafsu sudah bisa ditundukan, sehingga cinta kita tidak lagi hanya digerakan oleh hawa nafsu, tetapi digerakan oleh cinta kita kepada Allah sebagai konsekuensi tauhid.

Adapun orang-orang yang beriman sangat cintanya kepada Allah.” (Al-Baqarah: 165)

Anda akan terbebas dari kesedihan yang tidak perlu. Seseorang yang melakukan hal-hal yang dilarang agama demi cintanya, artinya belum ada tauhid pada dirinya, setidaknya masih sedikit. Orang yang hatinya sudah dipenuhi dengan cinta kepada Allah, tidak mungkin menduakan cintanya dengan sesuatu yang rendah. Tidak mungkin meninggalkan Allah (yang dicintainya) demi cinta kepada selainnya.

Kita boleh mencintai lawan jenis, namun kita tidak akan pernah melakukan yang dilarang seperti mendekati zina bahkan melakukan zina, bunuh diri, durhaka kepada orang tua, dan perbuatan munkar lainnya. Sebab perbuatan-perbuatan tersebut dimurkai oleh cinta sejati kita, yaitu Allah SWT. Satu-satunya cara mencintai terhadap lawan jenis adalah melalui pernikahan. Titik.

Begitu juga, cinta kita kepada keluarga, harta, jabatan, dan objek cinta lainnya tidak akan menggerakan kita untuk melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh Allah SWT sebagai cinta sejati kita.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 11 Comments.

  1. Dewi
    2:20 pm November 22, 2010

    Bagaimana caranya untuk mengalihkan rasa cinta kt trhadap lawan jenis agar menjadi sesuatu yang halal..krn untuk menghilangkan rasa cinta itu sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan sedangkan keimanan manusia itu terus menerus pasang surut.

    • Pertama: Jika waktunya sudah tepat, menikahlah. Itu halal dan sunah Rasulullah saw.

      Kedua: Fokuskan perhatian kepada Allah, baca surat-surat cinta dari Allah (Al Quran), dan perbanyak ibadah. Dengan demikian, artinya kita semakin sering “bersama” Allah dan kebersamaan bisa menumbuhkan cinta.

      Jika menikah masih lama, maka langkah kedua bisa diambil.

  2. aghni
    3:01 pm November 22, 2010

    Memang sulit menghilangkan rasa cinta kpada lawan jenis,, jln 1..1nya mendekatkan diri kpd ALLAH SWT…….InsyaAllah

  3. alfyah utary
    3:03 pm December 6, 2010

    asslm,’afwan..gmana cranya brgbung di fb???

  4. seprima enti
    5:56 pm December 9, 2010

    asslm wr wb….
    bgaimna klo seandainya cnta kta p kluarga trkdg sring mmbwt kta mrsa sdih dan bgtu rndu krn lma tak brjmpa.it smw sgt mnggnggu hti dan pkiran sya krn lma tak brjmpa.sya sdah mncba be2rapa cra tk mnghlangkany,diantranya mningkatkan ibdah sprti slat,ba al-qur’an,slat mlm,dll.tp kdg2 prasaan it mncul kmbli dlm hti saya.bgaimna cra mngtasinya lg.

  5. indra
    9:43 am December 22, 2010

    aslm… bagaimn crx mlpkn cinta yang tlh tiada, dan cinta yg tak tersambut????????????

  6. nah..ini yg mmbwt cinta tanpa batas.. ckp pk takaran twhd g bakalan patah hati patah smngt d patah2 lain mas rahmat.. bener2 perfect..tq pisan bwt mtvs yg st ini!!

  7. ade bagus santoso
    1:58 pm May 10, 2011

    yah… cinta dan motivasi menjadi sebuah elemen yang saling berkoreolasi

  8. cinta adalah motivasi yg sangat ampuh.bukti dari motivasi yang berasal dari cintapun banyak, bahkan ada yg rela berkorban mati2an demi mendapatkan org/sesuatu yg dicintainya.

  9. miptahul janah
    11:44 am July 1, 2011

    aslm.. bagaimana meghilangkan rasa cinta yg terlanjur tumbuh? sementara kita gagal untuk menikah??? apakah menikah hrs cukup usia?? padahal kita tlah siap meskipun msh dini??

  10. iruel
    2:00 pm October 10, 2013

    sejuah mana kita harus mencintai lawan jenis,harta dan popularitas…??
    dan bgaimna cra utuk mnumbuhkan tauhid dlam hati kita….???

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield