5 Cara Mengurangi Stress Yang Mungkin Tidak Terpikirkan

Anda sedang stress atau mau membantu orang lain? Mudah-mudahan artikel cara mengurangi stress ini bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Cara Mengurangi Stress Yang Cukup Unik

Ada sebuah artikel cukup menarik di web site BBC, yaitu tentang suatu alat yang bisa mengurangi stress atau trauma pasca gempa bumi. Uniknya, cara mengurangi stress tersebut, para korban justru disuruh merasakan gempa kembali dalam suatu alat simulasi gempa.

OK, saya tidak boleh mengulang lagi beritanya di sini karena aturan hak cipta, silahkan Anda baca beritanya sendiri, klik disini

cara mengurangi stress

Aplikasi Mengurangi Stress Lainnya

Mengurangi Stress Karena Gagal

Anda pernah stress dengan suatu kegagalan? Cara yang sama bisa kita lakukan untuk mengurangi stress tersebut. Kita harus mengulangi kembali kegagalan tersebut dalam sebuah simulasi. Yang perlu diperhatikan ialah, simulasi yang dilakukan persis sama dengan kejadian yang sebenarnya.

Para korban gempa melalui alat simulasi tersebut merasakan kembali goncangan yang sesungguhnya, hanya saja bukan dari gempa sungguhan tetapi dari alat simulasi. Untuk menghilangkan stress atas kegagalan yang pernah kita lakukan berarti kita harus mengalami kembali kejadian yang sesungguhnya.

Jika Anda pernah gagal bisnis dan membuat Anda stress, maka Anda harus mengulangi kembali kegagalan tersebut, bedanya dalam skala dimana Anda sanggup menerima kegagalan tersebut tanpa mengalami stress.

Sederhananya ialah dengan mencoba menjalankan bisnis kembali dengan besar modal yang kecil terlebih dahulu. Jangan berpikir untuk sukes dulu, jalankanlah apa adanya. Ini contoh untuk mengurangi stress dalam bisnis.

Apa pun yang terjadi, baik sukses atau gagal, coba lagi berbisnis dengan modal yang lebih besar, dan seterusnya sampai Anda nyaman dengan kegagalan yang Anda alami. Lama-kelamaan trauma yang ada didalam diri Anda insya Allah akan hilang atau berkurang seperti apa yang dilakukan oleh alat simulasi gempa tersebut. Selamat mencoba cara mengurangi stress ini.

Cara Mengurangi Stress Saat Menghadapi Wawancara

Metode yang sama bisa dilakukan jika Anda mengalami stress karena menghadapi wawancara. Maka Anda harus mengalami wawancara tersebut. Stress saat menghadapi wawancara tidak akan memberikan hasil yang baik. Nah, sebelum Anda wawancara dengan perusahaan idaman Anda, Anda bisa melakukan simulasi wawancara terlebih dahulu. Bisa mulai dengan teman, berlatihlah, anggaplah ini sebuah wawancara sungguhan.

Cara lain ialah Anda bisa benar-benar melakukan wawancara sungguhan, hanya saja bukan pada perusahaan yang Anda idamkan. Anda bisa mencoba ke perusahaan lain dulu. Carilah pengalaman bagaimana menghadapi dan menjalani wawancara.

Cara ketiga ialah dengan membangun kepercayaan diri Anda. Pada video The Confidence Secret, ada kiat-kiat membangun mental dan persiapan yang harus Anda lakukan agar lebih percaya diri menghadapi wawancara.

Cara Mengurangi Stress Lainnya

Mengurangi Stress Karena Pekerjaan Menumpuk

Mengapa pekerjaan menumpuk? Bagaimana cara mengatasinya?

Seringkali kita stress melihat pekerjaan yang menumpuk. Apalagi jika deadline pekerjaan tersebut sudah mepet dan boss Anda cukup galak. Apa yang harus dilakukan?

Ada yang mengatakan, mulai saja pekerjaannya agar tumpukan pekerjaan tersebut berkurang dan tidak menumpuk lagi. Namun pada kenyataanya tidak bisa semudah itu. Ada blok mental dalam diri kita saat melihat pekerjaan menumpuk. Sering orang malah tambah malas melihat pekerjaan yang menumpuh alih-alih semangat mengerjakannya.

Lalu, bagaimana cara menangani pekerjaan yang menumpuk agar tidak stress?

Stress terjadi akibat beban terlalu besar yang ada di kepala Anda (pikiran Anda). Maka, supaya beban itu enteng, Anda harus membersihkan kepala Anda dari beban. Anda harus mengeluarkan beban pekerjaan yang tadinya ada di kepala ke luar kepala. Caranya ialah dengan mencatatnya.

Membuat to do list?

Bukan, belum sampai sana. Yang penting sekarang catat semua beban itu. Catat dalam kertas, potongan kertas, atau dalam komputer.  Catat semua sampai tidak ada yang tersisa. Kemudian lakukan analisa, Anda akan temukan bahwa ternyata tidak semua beban itu harus dikerjakan sekarang juga. Dan, dengan analisa yang baik, Anda akan menemukan bahwa banyak hal yang sebenarnya tidak perlu Anda lakukan sama sekali.

Dengan demikian, stress Anda akan berkurang. Pertama beban yang ada di pikiran sudah dipindahkan ke kertas dan yang kedua pekerjaan Anda ternyata berkurang. Untuk melakukan ini semua, Anda perlu memiliki kemampuan analisa dan keberanian dalam memutuskan.

Saya sudah membahasnya lebih detil di ebook saya Revolusi Waktu bagaimana meningkatkan produktivitas tanpa stress.

Jangan lupa, kembangkan kecepatan Anda bekerja. Jangan menunda-nunda. Sebab pekerjaan menumpuk juga disebabkan oleh kedua kebiasaan ini, yaitu menunda-nunda dan lambat. Tingkatkan keahlian Anda agar mengerjakan sesuatu selalu dengan cara tersepat.

Yakinlah bahwa cara kerja Anda saat ini bukanlah cara tercepat, masih ada cara yang lebih cepat lagi, hanya saja Anda tidak mengetahuinya. Oleh karena itu Anda harus tetap mau belajar. Tetaplah mengasah gergaji Anda.

Tawakal dan Yakin Akan Mendapatkan Yang Terbaik

Setelah Anda berusaha sebaik mungkin, maka langkah selanjutnya agar terbebas dari stress adalah tawakal (serahkan hasilanya kepada Allah) dan memiliki keyakinan yang mantap bahwa Allah Subhaanahu wa Ta’ala akan memberikan yang terbaik bagi Anda. Inilah cara mengurangi stress yang paling mujarab.

Mungkin, jika Anda masih suka mengalami stress atau sering, sejauh mana Anda tawakal dan yakin akan mendapatkan yang terbaik dari Allah.

Jika kita benar-benar tawakal, kita yakin Allah akan membantu, menolong, mengarahkan, dan membimbing setiap langkah kita. Jika kita sudah mewakilkan kepada Allah, maka apa lagi yang harus kita khawatirkan?

Dan kita yakin, semuanya akan baik-baik saja karena Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita.

Dari Umar bin Al Khoththob radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Al Hakim. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash Shohihah no.310)

Memang benar, tidak semua orang stress gara-gara uang. Yang dimaksud rizki juga tidak hanya uang, semua nikmat itu adalah rezeki, kesehatan, kesembuhan, kebugaran, terbebas dari kecelakaan, dan nikmat-nikmat lainnya adalah rezeki.

Anda tidak perlu khawatir dengan semua itu, jika tawakal + ikhtiar tetap Anda lakukan, maka semuanya akan baik-baik saja.

Mengingat Allah

Dzikir, shalat, dan membaca Al Quran adalah cara ampuh untuk mengurangi stress.

Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra`du:28)

Sejauh mana Anda sering berdzikir? benar-benar berdzikir sampai ke hati, bukan hanya di lisan saja namun hati lalai. Lihatlah setelah shalat Anda, apakah Anda buru-buru saat berdo’a?

Apakah Anda suka bangun malam untuk shalat tahajud dan membaca Al Quran?

Cara mengurangi stress itu, dekat Allah dan selalu mengingat-Nya. Lihat diri saat ini, sejauh mana kita dekat dengan Allah?

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

2 Comments

  1. assalamu’alaikum…
    dalam tulisan tersebut,, apabila terjadi suatu kegagalan… maka di coba sd nyaman dengan kegagalan tersebut….
    maksud dari kenyamanan tersebut seperti apa?…
    kenapa kita bisa dibilang nyaman dengan kegagalan?…
    syukron sebelumnya…
    wassalamu’alaikum…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield