Cara Mengatasi Masalah

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

Ini Dia Cara Mengatasi Masalah Anda

==> Baru, eBook Cara Mengatasi Masalah, Klik Disini.

mengatasi masalahCara mengatasi masalah adalah salah satu pokok bahasan yang menarik untuk kita simak. Bagaimana tidak, semua orang memiliki masalah dan masalah tidak akan ada pernah habisnya. Ada yang mengatakan, selama kita hidup kita tidak pernah lepas dari masalah. Sebenarnya saya tidak setuju, mati pun masih memiliki masalah jika kita tidak mendapatkan ridha Allah SWT. Hanya jika kita sudah di syurga, barulah tidak ada masalah.

Jika kita selalu mendapatkan masalah, lalu buat kita harus mengatasi masalah? Mengatasi masalah tetap harus dilakukan meski kita akan masuk ke masalah lain. Sebab jika masalah saat ini tidak diatasi maka masalah akan numpuk dan hidup kita akan semakin sulit. Jika kita mampu menyelesaikan setiap masalah yang datang, maka hidup akan terasa lebih ringan dan indah.

Cara Mengatasi Masalah #1: Tetaplah Berpikir Positif

Apakah berpikir positif akan mengatasi masalah? Apakah tidak punya beras bisa diatasi dengan hanya berpikir positif? Yup, tentu saja. Seseorang akan bertindak mencari solusi jika dia memiliki pikiran positif. Orang yang berpikiran negatif akan cepat menyerah sehingga tidak akan mendapatkan solusi.

Untuk mengatasi masalah, langkah pertamanya ialah tetaplah optimis bahwa Anda akan mampu mengatasi masalah tersebut. Ini adalah langkah awal yang penting. Saat Anda mengatakan Anda bisa mengatasi masalah, maka hati, pikiran, emosi, dan tubuh Anda akan bekerja selaras untuk mengatasi masalah. Jika Anda berpikiran negatif, merasa masalah tidak mungkin dipecahkan, maka tidak akan lagi usaha untuk memecahkan masalah tersebut. Padahal, sebesar apa pun masalah Anda, insya Allah Anda, sanggup untuk mengatasinya.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya. (QS. Al Baqarah:286)

Jika Anda melihat masalah yang Anda hadapi terlihat tidak mungkin untuk dipecahkan, artinya Anda perlu meningkatkan pola pikir Anda. Bukan masalah yang terlalu berat, tetapi cara berpikir Anda yang masih terlalu sempit. Anda perlu membebaskan pikiran sempit itu.

Langkah Kedua: Berpikirlah Kreatif

Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru. Ide-ide tersebut diperlukan untuk memecahkan masalah Anda. Jika satu ide tidak berhasil, maka carilah ide lain, dan seterusnya. Jadi, agar Anda tangguh menghadapi masalah apa pun yang datang, Anda perlu berpikir kreatif.

Bagaimana agar kita berpikir kreatif? Kuncinya ialah informasi, berpikir mengolah informasi, dan terbuka terhadap hal-hal baru. Anda pun bisa jenius, Anda pun bisa berpikir kreatif, dan mampu menghasilkan ide-ide cemerlang untuk mengatasi masalah Anda.

Langkah Ketiga: Miliki Motivasi Untuk Bertindak

Setelah Anda memiliki ide untuk mengatasi masalah, langkah berikutnya ialah mengambil tindakan untuk menerapkan ide tersebut. Ide akan percuma jika tidak Anda aplikasikan. Untuk itu Anda perlu terus mempertahankan motivasi agar terus bertindak sampai masalah Anda terselesaikan.

Kenapa Masalah Datang Bertubi-tubi?

Kadang, ada orang yang merasa mendapatkan masalah bertubi-tubi. Satu masalah belum selesai, datang masalah lagi bak pepatah “Sudah jatuh, tertimpa tangga”. Atau, baru saja selesai satu masalah, muncul masalah lagi. Seolah hidup terus datang tidak ada hentinya.

Cara Keluar Dari Masalah Yang Bertubi-tubi

Sebenarnya, Anda tidak perlu berharap untuk bebas dari masalah, karena memang tidak akan pernah bisa. Namun, Anda tetap bisa belajar untuk menghindari masalah yang bertubi-tubi dan menumpuh yang akan memberatkan hidup Anda. Jika dibiarkan, masalah akan menjadikan hidup kita terpuruk, sampai suatu saat seolah tidak ada harapan lagi.

Sebelum kita bicara, bagaimana cara mengatasi masalah yang bertubi-tubi, kita teliti dulu kenapa masalah datang bertubi-tubi?

Pertama, kemampuan Anda dalam mengatasi masalah masih kurang. Sehingga Anda memerlukan waktu yang lama untuk mengatasi masalah. Bisa jadi, satu masalah belum Anda atasi, maka datang lagi masalah lain. Mungkin, sebenarnya masalah yang datang itu dalam porsi yang normal, tetapi karena kita lambat dalam menyelesaikannya, seolah masalah datang bertubi-tubi.

Penyebab kedua, dan ini adalah menyebab yang paling harus mendapatkan perhatian, yaitu karena orang tersebut tidak mau mengembangkan dirinya. Sebagai contoh, banyak orang yang mengeluh karena tidak punya uang. Dia punya masalah karena bingung untuk membeli beras. Beras belum didapat, biaya sekolah harus dibayar, kontrakan sudah habis, dan sebagainya. Yang menjadi masalah, banyak orang yang tidak mau meningkatkan kemampuan mencari uang. Artinya, jika Anda tidak mau diterpa masalah uang terus menerus, maka bangkitlah, jadilah orang yang pandai mencari uang.

Penyebab ketiga ialah terjebak pada pemikiran sempit saja, yaitu hanya fokus pada masalah spesifik yang sedang dihadapi saja tanpa memikirkan akar permasalah kepada dia terus menerus mendapatkan masalah.

Jadi, jika Anda ingin keluar dari masalah yang bertubi-tubi ialah Anda harus tahu cara mengatasi masalah dan meningkatkan kemampuan diri secara terus menerus.

Kesimpulan

Cara mengatasi masalah, apa pun masalahnya, fondasinya pada kemampuan untuk tetap berpikir positif, agar pikiran Anda tetap jernih dan memiliki harapan. Yang kedua, Anda harus memiliki kreativitas agar mampu menghasilkan ide-ide solusi. Dan yang ketiga Anda harus memiliki motivasi untuk mengambil tindakan mengaplikasikan ide-ide solusi Anda.

Kemudian, agar Anda terlepas dari masalah yang bertubi-tubi, mastikan Anda menguasai cara mengatasi masalah dan tetaplah mengembangkan diri.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 14 Comments.

  1. hamidah arnold
    3:03 pm October 20, 2010

    Goood article….,,jujur saat ini sy sedang mengalami masalah Bisnis…

    Pertanyaannya…???adakah Bisnis tanpa Masalah…???

  2. wow.. keren !
    mengatasi masalah tanpa masalah . .

  3. artikel yang mantabs dan ok. salam action

  4. pelajar
    11:11 am October 22, 2010

    saya sedang punya lawan yang profilnya pintar membawa diri di publik,apa yang harus sya lakukan untuk lawan saya ini???

  5. betul pak..selama kita hidup pasti selalu ada masalah dan ujian dari Allah..dan Allah juga tidak akan memberikan ujian yg melebihi kemampuan kita..
    makasih ea atas tips na..

  6. guest
    11:30 pm February 28, 2011

    ASSalam,,,
    Giman caranya pak, mengatasi masalah saya yang sedang
    dililit hutang sekarang ini,,????

  7. Masalah a/ mrupakan bntk sapaan yg maha Memperhatikan yg t.kadang mngagetkan kita dkala kita merasa santai2 aja….yo…action!

  8. bagaimankah cara yang pantas untuk menghadapi
    maslah hutng yang mnenumpuk dikarnakan bisnis
    yang mulai tidak produktip dAN Keuangan tidak
    stabil malah sekarang besar pengeluaran daripada pendafatan. apa yng harus saya lakukan pak?? dari sukabumi

  9. adi
    6:56 am November 22, 2012

    cara cepat mengatasi masalah adalah pengakuan akan kesalahan menjalankan tugas,intropeksi. Setelah itu jangan diulangi/ditaubati. Ternak ego dengan mengensampingkan rasya syukur yg mendalam maka masalah akan selalu ikut pada saat dan kapanun kita berada….. sebagaimana disabdahkan Nabi .

  10. adi
    7:00 am November 22, 2012

    bergegas mengevaluasi, intropeksi/muhasabah adalah jalan patas mengatasi masalah. Dalam bahasa Alqur’an/Sabda Nabi adalah bertaubat, membenahi diri ….

  11. aang sutisna
    2:14 pm November 29, 2012

    keep on spirit…..you can if you think you can…..

  12. klo cra menghadapi msalah di dlm rmh gmn

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield