Cara Mencapai Tujuan Yang Menantang

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Langkah Pertama Cara Mencapai Tujuan Yang Menantang

mencapai tujuanApa langkah pertama cara mencapai tujuan? Langkah pertama agar Anda bisa mencapai tujuan ialah Anda memiliki kejelasan akan tujuan Anda. Anda tidak akan pernah mencapai tujuan, jika tujuan Anda tidak jelas.

Sudahkah Anda memiliki tujuan yang jelas? Tujuan yang jelas adalah saat Anda mengetahui secara pasti kapan Anda sudah mencapai tujuan tersebut dan kapan Anda belum mencapainya. Pernyataan tujuan yang jelas seperti sebuah blueprint yang memudahkan saat Anda membangun rumah.

Tujuan yang jelas akan

  • mempermudah rencana
  • mempermudah menentukan tindakan apa saja yang harus dilakukan
  • mampu mengenal tindakan-tindakan yang tidak membawa manfaat

Kejelasan ini akan menjadikan kerja Anda jauh lebih efektif dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki tujuan yang jelas, apalagi tidak memiliki tujuan sama sekali. Kejelasan tujuan akan menjadikan Anda lebih mudah mencapai tujuan.

Kenapa Orang Tidak Membuat Tujuan?

Banyak orang yang enggan menuliskan tujuannya dengan jelas, bahkan tidak memiliki tujuan sama sekali. Dia berkata bahwa dia mengalir seperti air saja. Alasan utama kenapa tidak membuat tujuan karena dia enggan berusaha mencapainya. Dia takut gagal atau dikatakan gagal oleh orang lain. Jadi, dia memilih untuk tidak membuat tujuan agar dia “tidak pernah gagal”, yaitu gagal mencapai tujuan.

Tidak Memiliki Tujuan Artinya Gagal Sejak Awal

Anda mungkin “tidak gagal mencapai tujuan” sebab Anda memang tidak punya tujuan. Namun, sebenarnya Anda sudah mengalami kegagalan yang sangat besar, dan terjadi di awal. Jika Anda tidak mau menyatakan tujuan Anda dengan jelas, Anda sudah mengalami kegagalan-kegagalan sebagai berikut:

  • Yang jelas, gagal memiliki tujuan. Sederhana, jika Anda tidak menyatakan tujuan, Anda gagal memiliki tujuan, artinya Anda gagal berubah ke arah yang lebih baik.
  • Yang kedua, Anda gagal mengatasi ketakutan. Penyebab orang tidak menyatakan tujuannya karena dia takut gagal mencapai tujuan tersebut.
  • Yang ketiga, Anda gagal mendapatkan pelajaran dan hikmah. Pelajaran dan hikmah selalu Anda dapat meski Anda sebenarnya gagal mencapai tujuan.
  • Yang keempat, Anda gagal mengalahkan kemalasan dalam diri Anda. Biasanya, orang yang tidak memiliki tujuan karena dia malas, mulai dari malas menulis tujuan dan yang terpenting malas mencapai tujuan tersebut. Apalagi jika tujuan tersebut menantang.

Takut Kecewa Karena Tidak Mencapai Tujuan?

Salah satu alasan yang cukup kuat ialah takut kecewa saat tidak bisa mencapai tujuan. Saya beritahu:

Saat Anda menyatakan tujuan, Anda mungkin gagal mencapainya. Jika Anda tidak menyatakan tujuan, maka Anda sudah gagal. Artinya, saat Anda tidak membuat tujuan, Anda sudah gagal, artinya Anda seharusnya kecewa karena tidak membuat tujuan. Bedanya, jika Anda sudah mencoba, maka Anda akan mendapatkan hikmah dan pelajaran.

Sebuah nasihat yang sepertinya bijak:

“Tidak usah punya keinginan yang tinggi, sebab jika gagal Anda akan kecewa.”

Maka saya ubah nasihat itu:

“Miliki tujuan yang tinggi, jangan kecewa jika gagal sebab Anda sudah mencoba.”

Langkah Kedua: Susunlah Batu Batanya

Setelah Anda memiliki tujuan yang jelas, cara mencapainya akan lebih mudah. Anda tinggal mendefinisikan tindakan apa saja yang diperlukan agar tujuan Anda terwujud, kemudian lakukanlah. Tindakan-tindakan itu seperti batu bata, yang harus Anda susun agar bangunan bisa berdiri. Jika batu bata yang Anda miliki kurang, maka dapatkanlah batu bata yang baru. Jika ada batu bata yang rusak, maka gantilah dengan yang bagus. Seperti inilah cara mencapai tujuan.

Anda tidak akan pernah bisa menyusun batu batu jika blueprint-nya tidak ada. Blueprint itu adalah pernyataan tujuan dan rencana mencapainya. Dan, batu bata itu adalah tindakan-tindakan yang Anda butuhkan. Selama Anda memasang batu bata sesuai blueprint, lambat lain Anda akan mencapai tujuan tersebut.

 Lalu Bagaimana Cara Mencapai Tujuan Yang Menantang?

Tujuan yang menantang adalah tujuan yang berbeda, tujuan yang keluar dari zonan nyaman Anda. Tujuan menantang bukanlah tujuan yang diluar kemampuan Anda, tetapi tujuan yang berada di luar zona nyaman. Anda akan merasakan berat untuk mencapai tujuan itu.

Kuncinya adalah Anda harus berubah. Anda tidak akan mencapai kecepatan tinggi jika Anda tetap di gigi satu. Agar Anda bisa mencapai tujuan yang menantang:

  • Semakin dekatlah dengan Allah. Agar Anda mendapatkan bantuan dan pertolongan-Nya.
  • Berpikirlah lebih besar dan lebih positif. Bertumbuhlah, berlajarlah, karena Anda tidak akan mencapai tujuan yang lebih besar dengan kapasitas pikiran yang lama.
  • Tingkatkan ilmu dan keterampilan Anda. Mungkin ini diperlukan untuk melakukan hal baru dalam mencapai tujuan Anda. Atau bisa juga untuk mempercepat kerja Anda.
  • Tingkatkan motivasi Anda. Semakin menantang sebuah tujuan, maka energi yang dibutuhkan akan semakin besar.
  • Tingkatkan jaringan yang Anda miliki, sebab akan semakin banyak sumber daya yang Anda butuhkan.
  • Gunakan daya ungkit agar Anda bisa memanfaatkan aset yang Anda miliki sebesar mungkin untuk mencapai tujuan Anda.

Intinya, jika tujuan Anda berbeda, maka Anda harus berubah baik cara berpikir, cara merasa, dan cara bertindak. Jika Anda ingin mencapai tujuan yang menantang, maka berubahlah.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield