Cara Memulai Usaha Bagi Siapa Pun dan Modal Berapa Pun

zona sukses

cara memulai bisnis

Cara Memulai Usaha Itu Sederhana

Bagaimana cara memulai bisnis? Harus punya modal dulu?

Ya, saya sering diskusi dengan banyak orang yang katanya ingin bisnis. Tapi, katanya dia belum memulai karena tidak punya modal.

Sebenarnya, sudah banyak baik para motivator maupun trainer bisnis yang mengatakan untuk memulai bisnis tidak selalu harus punya modal uang dulu. Artinya, meski Anda tidak memiliki uang, Anda bisa memulai bisnis sekarang juga.

Saya tidak mengatakan berbisnis itu tidak memerlukan uang untuk modal. Tapi, Anda bisa memulai meski tanpa modal uang yang besar. Yah, perlu sich, setidaknya untuk bensin, ongkos angkot, pulsa, dan sebagainya. Karena bisnis akan membutuhkan ketemu orang atau komunikasi.

Jadi, Anda bisa memulai bisnis dari apa yang Anda miliki saat ini. Yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana mendaya ungkit apa yang Anda miliki menjadi modal bisnis. Bagaimana caranya? Berpikirlah. Anda harus mandiri, sebab mandiri salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Saya akan beritahu arahannya memulai bisnis, tetapi detilnya silahkan pikiran dan usahakan sendiri.

Jangan malas. Jika Anda malas berpikir, malas mencari cara, malas mengusahakan, dan malas-malas lainnya, Anda jangan bisnis. Bisnis bukan untuk orang malas. Jika Anda merasa malas, Anda harus mengatasi rasa malas Anda dulu. Setelah itu baru memulai bisnis.

Anda punya modal, meski bukan dalam bentuk uang, tapi penghalangnya adalah rasa malas Anda sendiri.

Cara Memulai Bisnis Itu Bertahap

Peribahasa mengatakan, Roma tidak dibangun dalam 1 malam. Artinya untuk membangun bisnis pun membutuhkan tahapan, jangan berpikir langsung jadi.

Memiliki modal uang bukan syarat memulai bisnis, tetapi salah satu tahapan bisnis. Artinya, jika Anda belum punya uang untuk modal, maka carilah dulu modalnya. Bukan malah berhenti.

Silahkan baca salah satu artikel Cara Mendapatkan Modal. Silahkan praktekan untuk mendapatkan modal pun, ada tahapannya. Anda perlu usaha keras.

Adakah bisnis bisa dimulai tanpa cari modal dulu? Jawabannya bisa. Kanyak ide cara memulai bisnis tanpa modal. Apa saja idenya? Saya menyarankan Anda untuk mencari sendiri ide-ide itu. Silahkan kembangkan dari ide-ide besar dibawah ini:

  • Mulailah berdagang dulu. Anda bisa menjual produk orang lain atau membeli dalam jumlah sedikit. Kumpulkan modal dari berdagang ini.
  • Cari mitra kerja sama. Anda punya teman, saudara, keluarga atau siapa pun. Carilah orang yang bisa menutupi kekurangan Anda, ajak kerja sama bisnis.
  • Cari ide bisnis dimana Anda dibayar duluan. Misalnya jasa percetakan, uang mukanya bisa Anda gunakan untuk modal.
  • Bisnis jasa dari apa yang Anda bisa saat ini. Bahkan Anda bisa menjual jasa tanpa keterampilan tertentu, Anda hanya menjual waktu. Untuk awal boleh, asal jangan selamanya menjual waktu.
BACA Juga  Jadilah Orang Sukses Sekarang Juga

Silahkan kembangkan sendiri: cari ide, cari inspirasi dari orang-orang sekitar. Ide bisnis apa yang bisa Anda lakukan sekarang dengan kondisi Anda saat ini.

Tujuannya bukan agar Anda kaya langsung, tetapi agar mulai bergerak, mulai mendapatkan cash sedikit demi sedikit yang bisa Anda gunakan untuk memperbesar bisnis.

Jangan ideal dulu. Yang penting jalan dulu.

Cara Memulai Bisnis dengan Membuat Produk Adalah Ide Buruk

Serius?

Iya. Banyak kasus, setelah produk banyak dibuat, dia bingung bagaimana menjualnya. Padahal dia sudah investasi alat, bahan, dan bangunan, yang mungkin biayanya sedikit. Akhirnya barang mengendap, uang mati, dan bisnis pun bubar dengan meninggalkan banyak aset yang tidak produktif.

Anda boleh membuat produk, dengan catatan sudah jelas bagaimana memasarkannya. Jika perlu, sudah punya calon pelanggan yang siap menyerap produk Anda.

Jadi, sebelum Anda membuat produk, Anda harus memikirkan pasar dulu. Apakah produk Anda akan diterima pasar? Apakah akan mudah mendistribusikan produk?

Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Tidak perlu riset yang rumit, cukup mengamati iklan dan bisnis-bisnis yang ada, Anda sudah bisa memahami apa saja produk, produk seperti apa, dan bagaimana cara memasarkannya.

Bagaimana jika terlanjur membuat produk dan tidak laku? Pikirkan, bagaimana mengubah produk Anda menjadi mudah diterima pasar. Misalnya mengubah harga yang asalnya murah jadi mahal atau sebaliknya. Memodifikasi produk sehingga semakin diterima pasar. Bahkan, bisa jadi Anda cukup mengubah kemasan.

Bisnis itu adalah pemasaran dan inovasi. Seharusnya Anda mulai dari 2 hal ini. Pasar yang mana yang akan Anda bidik kemudian inovasi apa yang akan ditawarkan kepada target pasar Anda.

Jadi, cara memulai bisnis lebih baik memikirkan pasar dan inovasi, bukan hanya memikirkan produk dan modal.

BACA Juga  Nasihat dari Orang Sukses

Berdagang Adalah Cara Memulai Usaha

Seperti disebutkan diatas, bahwa berdagang adalah salah satu cara memulai usaha yang sangat bagus. Apa bedanya bisnis dengan dagang? Sederhana saja, dagang itu ANDA berjualan sendiri atau mungkin ada yang bantu. Bisnis juga berjualan, bedanya sudah ada tim dan sistem. Anda sebagai pemimpin, pencetus ide, dan pembuat kebijakan. Bukan jualan sendiri.

Ada banyak manfaat jika memulai bisnis dengan cara berdagang:

  • Riset dan Test Produk. Dengan cara berdagang, Anda bisa mencoba-coba dulu produk dengan biaya yang sangat murah. Anda bisa jadi reseller dengan cara membeli produk dan dijual kembali. Cari tahu dari supplier, mana produk yang laris dan Anda buktikan sendiri. Benarkah laris? Coba-coba berbagai produk, sampai menemukan produk yang cocok dan menguntungkan.
  • Memahami karakter pasar. Saat Anda berjualan sendiri Anda akan berhadapan langsung dengan pembeli sehingga Anda bisa memahami mereka. Ini sangat penting sebagai pertimbangan dalam membuat sistem bisnis dan inovasi produk nanti.
  • Memahami berbagai permasalahan yang ada. Dengan berjualan langsung Anda akan bertemu dengan berbagai permasalahan baik produk, pengiriman, dan after sales. Anda bisa banyak belajar sebagai bahan pemikiran inovasi dan sistem.
  • Mengasah kemampuan menjual. Bisnis itu jualan, tidak ada bisnis tanpa menjual. Dengan dagang langsung, kemampuan Anda menjual akan terasah.
  • Mengumpulkan uang untuk membangun bisnis. Dagang atau jualan bisa dilakukan tanpa modal dengan cara kerja sama dengan orang lain. Kumpulkan hasil berdagang Anda untuk modal bisnis Anda.

Tapi yang perlu diingat adalah berdagang hanyalah cara memulai. Saat sudah mulai berjalan, Anda harus mengubah mindset, dari seorang pedagang menjadi seorang pebisnis dengan membangun tim dan membuat sistem. Kemudian memikirkan untuk membuat inovasi produk dan pemasaran. Jangan terus-menerus berdagang.

BACA Juga  Mengapa Mencari Bisnis Tanpa Modal? Padahal Anda Punya Modal

Jangan Menyerah Jika Ada Halangan dan Kekurangan

Jangan seperti orang-orang yang:

  • Tidak memulai bisnis karena tidak punya modal
  • Tidak memulai usaha karena tidak punya produk
  • Tidak juga berbisnis karena tidak bisa membuat produk
  • Nggak jadi bisnis karena tidak bisa memasarkan
  • dan sebagainya …

Salah satu mental pebisnis adalah, jika tidak ada dia akan mencari. Jika tidak bisa dia akan belajar. Artinya saat menemukan kekurangan dan halangan, dia akan SELALU mencari jalan keluarnya.

Tidak ada orang yang menghamparkan karpet merah untuk Anda, tapi Andalah yang membangun jalan untuk Anda.

Agar Anda menjadi orang yang tangguh, silahkan baca:

Ingat Allah Sejak Memulai Bisnis

Banyak orang, yang mengingat Allah saat dia rugi atau bangkrut. Boleh sich dan itu bagus. Tapi alangkah lebih bagus sejak awal memulai usaha, ingat Allah. Kenapa?

  • Niatkan berbisnis sebagai ibadah, mencari nafkah, membuka lapangan kerja, dan memberikan manfaat kepada sebanyak mungkin umat.
  • Ingat Allah artinya memikirkan agar bisnis kita mendapatkan ridha-Nya. Pastikan tidak ada yang haram baik dari segi produk, sistem, dan cara memasarkan termasuk dalam permodalan yang bebas dari riba.
  • Ingat Allah artinya kita berdo’a agar mendapatkan pertolongan Allah sehingga bisnis kita lancar dan berkembang.
  • Ingat Allah artinya kita menjadi lebih yakin dan berani serta pantang menyerah. Sebesar apa pun masalah bisnis yang kita hadapi, adalah kecil bagi Allah.

Jadi niatkan karena Allah, ketahui aturan Allah tentang bisnis, dan mintalah pertolongan Allah adalah cara memulai usaha yang tidak boleh dilewatkan.

Penutup

Cara memulai usaha itu mudah, sekarang saja Anda sudah bisa menjadi pengusaha, caranya adalah niatkan dan tekadkan bahwa mulai detik ini Anda seorang pengusaha. Yang lama, yang membutuhkan proses, dan membutuhkan perjuangan adalah menjadi pengusaha sukses.

Ikuti petunjukan cara memulai usaha ini, in syaa Allah, Anda akan menjadi pengusaha yang sukses.

One Comment

  1. Assalamu’alaikum 🙂 🙂 saya ingin bisa saling sapa dengan bapak… Besar harapan saya untuk diterima jadi murid bapak… 7C4E32FB tolong invit saya kalau berkenan membimbing jalan saya… Hormat saya, rifki khafidz. Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield