Cara Memulai Menggapai Tujuan

cara memulaiCara memulai ternyata menjadi pertanyaan yang cukup sering diajukan. Cara memulai bisnis, menjadi penulis, meraih cita-cita, dan memberikan kontribusi kepada sesama. Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah ada sebuah cita-cita kemudian Anda masih bingung bagaimana cara memulainya?

Saya punya resep jitu yang bisa Anda lakukan untuk memulai apa pun. Jika Anda mengikuti resep ini, insya Allah, Anda bisa memulai apa pun, termasuk memulai pekerjaan besar. Mau?

Ada 3 hal yang perlu Anda miliki agar Anda bisa memulai menggapai tujuan Anda. Ketiga hal ini sebenarnya sederhana, hanya sering dilupakan saja.

Cara Memulai Itu Dengan Belajar

Banyak yang berkata, jika kita ingin sesuatu, kita harus bertindak. Memang benar, kita harus bertindak. Tapi, bertindak apa? Maka tindakan pertama yang harus Anda lakukan adalah belajar. Karena dengan belajar Anda akan tahu tindakan apa saja yang harus Anda lakukan selanjutnya.

  • Jika Anda ingin berbisnis, maka mulailah belajar berbisnis. Jika tidak punya modal, maka belajarlah bagaimana mendapatkan modal. Jika tidak bisa menjual, maka belajarlah bagaimana cara menjual.
  • Ingin sukses dalam karir? Belajarlah untuk sukses dalam karir. Belajarlah tentang keterampilan yang perlu Anda miliki. Belajarlah menjadi pemimpin. Belajarlah untuk tetap menjaga motivasi. Dan sebagainya.
  • Ingin menjadi penulis? Belajarlah menulis. Ingin buku diterbitkan? Belajarlah bagaimana mendekati penerbit agar mau menerbitkan buku Anda.
  • Apa lagi? Apa pun itu, belajarlah.

Sampai kapan harus belajar? Sampai Anda tahu tindakan pertama Anda. Ya betul, Anda tidak perlu harus mengetahui semuanya secara mendetil, yang penting garis besar dan langkah pertama apa yang harus Anda lakukan. Tujuannya agar Anda bisa mengambil langkah pertama, karena langkah pertama sangat penting. Silahkan baca artikel Kekuatan Langkah Pertama untuk mengetahui bagaimana dahsyatnya manfaat langkah pertama.

Cara Memulai Itu Ialah Dengan Membuat Rencana

Ah ribet! Tenang, saya tidak akan meminta Anda untuk membuat rencana yang panjang dan detil. Seperti dijelaskan di atas, yang Anda perlukan adalah membuat rencana untuk langkah pertama saja plus gambaran besar apa yang akan Anda lakukan nanti.

Anda Akan Menemukan Jalan Sukses nanti, yang penting adalah Anda sudah tahu langkah pertamanya. Salahkan baca artikel Anda Akan Menemukan Jalan Sukses untuk selengkapnya.

Jika Anda masih bingung membuat rencana, Anda bisa meniru rencana berikut ini:

  1. Pergi ke toko buku swalayan. Cari buku yang berkaitan dengan tujuan Anda.
  2. Pelajari buku tersebut sampai Anda tahu apa langkah berikutnya yang harus dilakukan.

“Tapi, saya tidak punya uang untuk beli buku?”

So what gitu lho? Apakah berhenti? Menyerah? Artinya Anda memilih untuk gagal. Masih banyak yang bisa Anda lakukan. Diantaranya:

  1. Cari cara mendapatkan uang untuk membeli buku. Jadi kuli dulu misalnya. Why not? Jika perlu.
  2. Cari orang yang punya buku tersebut agar Anda bisa meminjamnya.
  3. Cari orang yang bisa Anda tanyai tentang cara mencapai tujuan Anda.
  4. Pergilah ke warnet, buka google, cari informasi berkaitan dengan apa yang Anda inginkan.
  5. dan masih banyak yang bisa Anda lakukan.

Hal-hal tersebut bisa masuk ke rencana Anda. Jika ada rencana, Anda bisa bertindak.

Cara Memulai Itu Dengan Bertindak

Sekarang Anda sudah belajar, sudah punya rencana, maka langkah selanjutnya adalah bertindak. Sekecil apa pun rencana Anda, implementasikanlah. Buat apa punya rencana hebat tetapi tidak dilaksanakan? Bukan masalah kecil atau besarnya sebuah rencana, tetapi tindakan pertama sangat berarti untuk keberhasilan Anda. Ingat kekuatan langkah pertama! Jangan khawatir untuk lengkah-langkah selanjutnya, karena Anda akan menemukan jalan sukses itu.

Jadi, jika Anda bertanya kepada saya, bagaimana cara memulai (apa pun) maka langkah-langkahnya adalah: belajar, buat rencana sederhana, dan bertindaklah.