Cara Memulai Bisnis

Cara Memulai BisnisInilah Cara Memulai Bisnis

Banyak orang yang mau bisnis tetapi masih bingung bagaimana cara memulai bisnis. Ini juga pertanyaan yang sering diajukan kepada saya. Mudah-mudahan, lebih banyak umat Islam yang terjun ke bisnis, supaya lebih banyak produk halal, berkah, berkualitas, dan peluang kerja.

Sebenarnya ada beberapa cara memulai bisnis. Anda bisa memilih salah satu cara yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda. Pertanyaanya, cara yang mana yang paling bagus?

Cara Memulai Bisnis: Product Driven

Bisnis yang dimulai karena Anda memiliki produk atau bisa mengakses produk yang bisa dijual. Sebagai contoh, Anda bertemu dengan seorang teman seorang produsen produk tertentu. Setelah mengobrol, Anda ternyata bisa menjual produk tersebut sehingga muncullah ide untuk menjalankan bisnis menjual produk tersebut.

Termasuk dalam cara ini ialah saat Anda memiliki ide berdasarkan aset atau potensi Anda dalam menghasilkan produk. Misalnya sebuah ide bisnis yang dimulai karena Anda memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk tertentu. Begitu juga jika bisnis itu dimulai dari hobi Anda. Sebagai contoh, misalnya Anda hobi motor gede, kemudian Anda bisnis bengkel motor gede. Bisnis ini digerakan oleh jasa atau produk sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Yang dimaksud produk disini, juga termasuk jasa.

Cara Memulai Bisnis: Market Driven

Cara memulai bisnis yang kedua ialah dengan melihat peluang pasar. Seorang pebisnis melihat peluang dengan cara melihat permintaan pasar. Atau dia menciptakan pasar terlebih dahulu. Setelah dia kemudian menyediakan produk atau jasa untuk mengisi peluang pasar tersebut.

Banyak yang mengatakan, cara kedua adalah cara yang terbaik sebab lebih menjamin keberhasilan. Kita membuat produk atau jasa karena pasar yang siap membeli sudah ada. Benarkah? Bisa jadi dan saya pun menggunakan cara ini. Untuk lebih jauhnya, lihat modul 5 Bisnis Anti Gagal.

Cara Memulai Bisnis: Ide Bisnis Brilian

Terlepas Anda mau memulai dari mana, produk atau pasar. Bagi saya, yang penting adalah ide bisnis itu harus brilian. Tidak sekedar ada. Bukan ide asal jadi, tetapi ide yang sudah dinilai dengan berbagai kriteria dan sudut pandang.

Memulai bisnis harus dimulai dengan ide bisnis yang brilian. Perlu diperhatikan, bukan ide produk atau jasa, tetapi ide bisnis. Produk atau jasa boleh sama, tetapi bisnisnya harus berbeda. Bukan hanya melihat pasar dan potensi yang ada, tetapi melihat aspek yang lebih lengkap.

Ada Yang Mengatakan: “Langsung Action Saja!” Betulkah? Mari Kita Bahas.

Ya, dalam meraih sukses ada berbagai pendekatan yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memulai dengan langsung action, jika Anda gagal, maka Anda coba lagi. Dengan cara ini Anda bisa berhasil, Anda akan menemukan ide bisnis yang cocok dan berhasil untuk Anda. Jika Anda mau menggunakan strategi ini, saya tidak melarang, silahkan Anda lakukan sekarang juga. Mulailah bisnis.

Namun ada pendekatan kedua. Yaitu menacri ide brilian sebelum Anda mulai. Cara ini juga bisa memberikan hasil karena akan memudahkan Anda. Mungkin Anda pernah melihat orang lain, sukses berbisnis pada kesempatan pertama, sebab ide bisnis yang dia jalankan ada ide bisnis brilian. Bisa hasil pemikiran atau mungkin juga kebetulan.

Saya sudah membahas bagaimana menemukan ide bisnis brilian di paket video saya Bisnis Anti Gagal. Silahkan tonton dan simak modul 1 paket video ini. Ikuti panduannya dan Anda akan menemukan ide bisnis brilian. Inilah cara memulai bisnis yang terbaik.

“Kebanyakan Mikir” Yang Menghambat

“Kalau kebanyakan mikir, nanti bisnisnya tidak jalan-jalan.”

Sesuatu yang berlebihan atau yang lebay memang tidak baik. Yang perlu diperhatikan disini adalah:

  • Anda harus berpikir
  • BUKAN kebanyakan berpikir

Anda lihat bedanya? Yang tidak boleh adalah kebanyakan berpikir, bukan berpikir. Berpikir dalam porsi yang tepat sangat diperlukan. Berpikir sebelum bertindak akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan bertindak tanpa berpikir, apalagi berpikir tanpa bertindak.

Agar Tidak Kebanyakan Mikir

Lalu, bagaimana agar kita tidak kebanyakan mikir? Salah satu penyebab orang kebanyakan mikir atau berpikir, karena dia berpikir sendiri dengan kapasitas pikiran yang terbatas. Analoginya, Anda ingin mobil Anda ngebut dengan gigi 1, Anda tidak akan pernah ngebut, akhirnya kebanyakan nginjak gas. Namun, dengan gigi yang tepat, Anda bisa ngebut dan tidak akan kebanyakan nginjak gas.

Anda tidak akan kebanyakan berpikir jika kapasitas berpikir Anda cukup. Kata Robert Kiyosaki, Anda harus melek finansial jika mau sukses dalam finansial. Dia juga sering mengatakan, bertumbuhlah. Kemudian dia mengatakan bagaimana pentingnya jaringan dan daya ungkit.

Sebagai contoh, dengan menggunakan jaringan, kapasitas berpikir kita yang masih terbatas, masih awam, atau masih newbie bisa terbantu jika kita mau diskusi dengan teman-teman Anda untuk menemukan ide bisnis yang brilian seperti dijelaskan dalam video Bisnis Anti Gagal. Anda akan mendapatkan ide brilian tanpa kebanyakan berpikir.

Jadi, dapatkan ide bisnis brilian Anda, baik berdasarkan pasar atau produk/jasa yang Anda miliki, inilah cara memulai bisnis yang terbaik.