Cara Memecahkan Masalah Dengan Baik

zona sukses

Mau tau cara memecahkan masalah?

Punya masalah?

Tenang Anda tidak sendiri.

Tapi jangan tenang-tenang saja mengabaikan masalah yang seharusnya segera diatasi.

“Siapa yang tidak punya masalah? Silahkan angkat tangan.” Itu adalah pertanyaan yang sempat saya lontarkan dalam berbagai kesempatan. Responnya: tidak ada yang angkat tangan.

Artinya semua orang punya masalah. Jadi Anda tidak sendiri. Namun, bukan berarti masalah yang ada kita biarkan saja. Harus diselesaikan, kalau tidak… bahaya!

cara memecahkan masalah

Mengapa Cara Memecahkan Masalah Dengan Baik?

Kita sependapat bahwa semua orang memiliki masalah. Bahkan masalah itu terus berdatangan seiring dengan perjalanan hidup kita. Orang yang sukses, bukanlah orang yang bebas masalah, tetapi mereka yang bisa mengatasi masalah demi masalah yang terus datang silih berganti.

Mengabaikan masalah bisa membahayakan hidup kita. Masalah akan datang terus, jika satu masalah tidak segera diatasi, maka masalah yang kita miliki akan menumpuk, semakin lama semakin menggunung sehingga kita akan terjepit masalah.

Oleh karena itu, salah satu life skill yang harus kita miliki ialah bagaimana cara memecahkan masalah. Cara memecahkan masalah dengan baik, bukan malah menimbulkan masalah yang lebih besar. Cara menyelesaikan masalah dengan baik adalah menghadapinya dengan tenang.

Seringkali karena terlalu buru-buru kita malah semakin bingung. Kita butuh shabar, bahwa sering kali solusi itu datang tidak instant. Butuh waktu, butuh usaha. Kita memang harus menyelesaikan masalah dengan cepat, tetapi bukan berarti instant.

Bagaimana Cara Memecahkan Masalah

Saat kita menemukan masalah, maka kita harus bisa menemukan ide-ide brilian bagaimana mengatasi masalah tersebut. Kemampuan kreativitas sangat penting dalam hal ini, karena kebanyakan orang yang putus asa ialah mereka yang tidak punya ide lagi untuk menyelesaikan masalahnya.

Disarankan Untuk Anda:   Empat Kesalahan Yang Menutup Pikiran Anda

Ide-ide yang terus mengalir dan semangat yang membara untuk mencobanya, lambat laun akan mengantarkan kita ke sebuah solusi.

Cara cepat memecahkan masalah adalah dengan segera mencari ide kemudian dicoba melakukannya. Seringkali ide pertama tidak menghasilkan solusi, tetapi untuk mendapatkan solusi kita harus mencoba ide terbaik yang kita miliki.

7 Langkah Memecahkan Masalah

  1. Cari ide yang banyak
  2. Evaluasi ide-ide kemudian pilih yang paling baik
  3. Prioritaskan ide
  4. Ambil tindakan dari ide terbaik
  5. Jika gagal coba lagi, perbaiki
  6. Jika masih gagal, coba ide yang lain
  7. Jika semua ide sudah dicoba dan masih gagal, maka hasilkan lagi ide-ide baru.

Jadi peran kreativitas sangat penting dalam kemampuan kita mengatasi masalah.

Untuk jangka panjang, tingkatkan kemampuan kreativitas Anda, agar Anda selalu siap menyelesaikan masalah yang selalu datang menghampiri kita. Yang kedua, tetaplah semangat untuk mencoba berbagai ide-ide sampai menemukan ide yang solutif.

Cara Memecahkan Masalah Berat, Besar atau Yang Rumit

Bagaimana saat kita belum juga menemukan solusi? Kembangkanlah kemungkinan mendapatkan ide-ide solutif. Jangan hanya mengandalkan diri sendiri. Kita mungkin kurang banyak belajar. Bisa jadi solusi yang kita butuhkan sudah pernah dicoba orang lain.

Belajarlah kepada orang lain, banyak ilmu dan pengalaman yang sudah mereka dapatkan, apalagi dari orang-orang ahli atau yang lebih senior dibanding kita. Jadi, bertanyalah kepada orang lain untuk mendapatkan solusi.

Cara lain, kita patut bersyukur bahwa jaman sekarang mencari informasi sangatlah mudah. Banyak buku, ebook, audio, pelatihan, seminar, dan berbagai produk informasi lainnya yang bisa kita pelajari untuk menyelesaikan masalah kita.

Bagaimana pun masalah itu rumit, besar, atau berat, sudah banyak solusi yang digunakan oleh orang lain. Kita bisa belajar kepada mereka. Baca dan belajar terus-menerus akan meningkatkan kemampuan kita dalam memecahkan masalah.

Disarankan Untuk Anda:   Membangkitkan Kekuatan Dalam Diri

Cara Mengatasi Masalah Hutang

Untuk masalah hutang, penting kita memperhatikan dua sub masalah

  • bagaimana agar tidak berhutang lagi
  • bagaimana melunasi hutang yang sudah ada

Keduanya harus diperhatikan, jika salah satu saja yang kita atasi, masalah utang tidak akan pernah selesai.

Kuncinya adalah pengendalian diri agar tidak berhutang lagi dan mendapatkan uang untuk melunasi yang sudah ada. Tingkatkan kemampuan mendapatkan uang, jangan mengeluh banyak hutang tetapi kemampuan mendapatkan uang tidak kita tingkatkan.

Cara Memecahkan Masalah Menurut Islam

Sebenarnya apa yang disebutkan diatas bisa dikategorikan cara sesuai dengan ajaran Islam. Kuncinya adalah tidak melanggar larangan agama, itu saja. Selama diperbolehkan, selama tidak dilarang, selama halal dan tidak dilarang, itu adalah cara dalam Islam.

Itu bagian ikhtiar. Kemudian kita juga berharap mendapatkan pertolongan Allah dengan berdo’a dan bertawakal. Dan meyakini bahwa setiap masalah serta ujian yang menimpa kita adalah untuk kebaikan kita juga. Masalah adalah tanda cinta Allah kepada kita.

Hadapi juga dengan penuh keshabaran, tidak mengeluh, dan tetap berbaik sangka kepada Allah adalah cara memecahkan masalah dalam Islam.

Kesimpulannya, Anda akan menemukan banyak ide solusi. Yang Anda perlukan ialah, terus mencoba dan jangan menyerah dan tetap meminta pertolongan Allah. Insya Allah, solusi akan didapat.

Cara Memecahkan Masalah Lebih Lengkap, KLIK Disini.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

24 Comments

  1. Masalah bisa membuat kita keluar sebagai pemenang dengan gentleman, atau malah membuat kita lari dari permasalahan sebagai pengecut. Kretivitas timbul apabila kita mencoba untuk mencari alternative pemecahan masalah. Semakin banyak kita menyelesaikan masalah maka semakin banyak juga kretivitas yang kita buat sebagai pengalaman pribadi, dan membuat kita banyak menyimpan teknik dan cara untuk menyelesaikan permasalahan yang bakal menghadang dimasa mendatang.wallohu’alam.

  2. Saya cukup terobsesi “ingin seperti Mac Giver”, banyak masalahnya namun selalu mampu untuk menyelesaikannya. Dengan kecerdikan dan improvisasinya dia selalu dapat menggunakan apapun yang ada disekelilingnya menjadi sesuatu yang efektive untuk membantu memecahkan masalah.

    Sejatinya, begitulah seharusnya seseorang yang beriman dan bertaqwa. Karena Allah telah menjanjikan bantuan dan proteksinya kepada hamba2 yang taat kepadaNya, sehingga kita menjadi orang2 yg challanging terhadap kehidupan dan permasalahannya, berani dan mampu untuk menciptakan nilai2 kehidupan dalam berproses mencapai tujuan yang ingin dicapainya serta mampu meng-cover semua resiko dengan kesabaran dalam reprocessing kegaglan dengan cara yang berbeda. Dan hasilnya, pasti sesuatu yang luar biasa.

    Kalau kemampuan kita belum optimal dalam menyelesaikan masalah, berarti nilai ketaqwaan kita sepatutnya perlu di review dan diperbaiki, hingga bantuan Allah itu terwujud dan bahkan datang dari sesuatu yang tak pernah kita duga.

    Salam taqwa.

  3. Assalamualaikum Pak Rahmat.
    Memang semua di antara kita ada msalah tersendiri. Tetapi semua masalah ada jalan penyelesaiannya. Cuma kita perlu berusaha dan mencari di mana harus dimulakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bukan terus mencari alasan tetapi perlukan tindakan.

  4. dalam hidu memng manusia tidak lepas dari masalah karena masalah adalah bagian dari kenikmatan yang diberikan tuhan keada kita mcoba kalau seandainya kita tidak pernah lapar?????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield