Cara Memecahkan Masalah

kunci“Siapa yang tidak punya masalah? Silahkan angkat tangan.” Itu adalah pertanyaan yang sempat saya lontarkan dalam berbagai kesempatan. Responnya: tidak ada yang angkat tangan. Artinya semua orang punya masalah. Jadi Anda tidak sendiri. Namun, bukan berarti masalah yang ada kita biarkan saja. Harus diselesaikan, kalau tidak… bahaya!

Kita sependapatat bahwa semua orang memiliki masalah. Bahkan masalah itu terus berdatangan seiring dengan perjalanan hidup kita. Orang yang sukses, bukanlah orang yang bebas masalah, tetapi mereka yang bisa mengatasi masalah demi masalah yang terus datang silih berganti.

Mengabaikan masalah bisa membahayakan hidup kita. Masalah akan datang terus, jika satu masalah tidak segera diatasi, maka masalah yang kita miliki akan menumpuk, semakin lama semakin menggunung sehingga kita akan terjepit masalah. Oleh karena itu, salah satu life skill yang harus kita miliki ialah bagaimana cara mengatasi masalah.

Saat kita menemukan masalah, maka kita harus bisa menemukan ide-ide brilian bagaimana mengatasi masalah tersebut. Kemampuan kreativitas sangat penting dalam hal ini, karena kebanyakan orang yang putus asa ialah mereka yang tidak punya ide lagi untuk menyelesaikan masalahnya. Ide-ide yang terus mengalir dan semangat yang membara untuk mencobanya, lambat laun akan mengantarkan kita ke sebuah solusi.

Jadi, untuk jangka panjang, tingkatkan kemampuan kreativitas Anda, agar Anda selalu siap menyelesaikan masalah yang selalu datang menghampiri kita. Yang kedua, tetaplah semangat untuk mencoba berbagai ide-ide sampai menemukan ide yang solutif.

Bagaimana saat kita belum juga menemukan solusi? Kembangkanlah kemungkinan mendapatkan ide-ide solutif. Jangan hanya mengandalkan diri sendiri. Kita mungkin sudah banyak belajar. Orang lain juga sama, banyak ilmu dan pengalaman yang sudah mereka dapatkan, apalagi dari orang-orang ahli atau yang lebih senior dibanding kita. Jadi, bertanyalah kepada orang lain untuk mendapatkan solusi.

Cara lain, kita patut bersyukur bahwa jaman sekarang mencari informasi sangatlah mudah. Banyak buku, ebook, audio, pelatihan, seminar, dan berbagai produk informasi lainnya yang bisa kita pelajari untuk menyelesaikan masalah kita.

Kesimpulannya, Anda akan menemukan banyak ide solusi. Yang Anda perlukan ialah, terus mencoba dan jangan menyerah. Insya Allah, solusi akan didapat.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Motivator, Business Coach, Personal Development Trainer, Internet Marketing Consultant (SEO Torpedo). PIN BBM: 53DAAF49 Follow @rahmatst
Follow Me

24 Responses to “Cara Memecahkan Masalah”

  1. Rendra says:

    wah bagus,,, copas aja deh,,, kan prmosi’in sekalian share … hehe

  2. gayuh says:

    artikel yang sangat bermanfaat sob… semoga masalahku cepat selesai

  3. choiron Ultraz says:

    dalam hidu memng manusia tidak lepas dari masalah karena masalah adalah bagian dari kenikmatan yang diberikan tuhan keada kita mcoba kalau seandainya kita tidak pernah lapar?????

  4. firnia says:

    aku orangnya sensitif.. gmna caranya agar aku nggak marah-marah dan gampang tersinggung

  5. IssMoerad says:

    Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Jadi salah satu solusi pemecahan sebuah masalah adalah memperkecil kesenjangan itu.

  6. ipeh says:

    aq sekang bingung bgt coz aq g bs nyelesain masalah aq sendiri

  7. shanty ali says:

    bagaimana cara memecahkan masalah fitnah

Leave a Reply

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield