Cara Memecahkan Masalah

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

kunci“Siapa yang tidak punya masalah? Silahkan angkat tangan.” Itu adalah pertanyaan yang sempat saya lontarkan dalam berbagai kesempatan. Responnya: tidak ada yang angkat tangan. Artinya semua orang punya masalah. Jadi Anda tidak sendiri. Namun, bukan berarti masalah yang ada kita biarkan saja. Harus diselesaikan, kalau tidak… bahaya!

Kita sependapatat bahwa semua orang memiliki masalah. Bahkan masalah itu terus berdatangan seiring dengan perjalanan hidup kita. Orang yang sukses, bukanlah orang yang bebas masalah, tetapi mereka yang bisa mengatasi masalah demi masalah yang terus datang silih berganti.

Mengabaikan masalah bisa membahayakan hidup kita. Masalah akan datang terus, jika satu masalah tidak segera diatasi, maka masalah yang kita miliki akan menumpuk, semakin lama semakin menggunung sehingga kita akan terjepit masalah. Oleh karena itu, salah satu life skill yang harus kita miliki ialah bagaimana cara mengatasi masalah.

Saat kita menemukan masalah, maka kita harus bisa menemukan ide-ide brilian bagaimana mengatasi masalah tersebut. Kemampuan kreativitas sangat penting dalam hal ini, karena kebanyakan orang yang putus asa ialah mereka yang tidak punya ide lagi untuk menyelesaikan masalahnya. Ide-ide yang terus mengalir dan semangat yang membara untuk mencobanya, lambat laun akan mengantarkan kita ke sebuah solusi.

Jadi, untuk jangka panjang, tingkatkan kemampuan kreativitas Anda, agar Anda selalu siap menyelesaikan masalah yang selalu datang menghampiri kita. Yang kedua, tetaplah semangat untuk mencoba berbagai ide-ide sampai menemukan ide yang solutif.

Bagaimana saat kita belum juga menemukan solusi? Kembangkanlah kemungkinan mendapatkan ide-ide solutif. Jangan hanya mengandalkan diri sendiri. Kita mungkin sudah banyak belajar. Orang lain juga sama, banyak ilmu dan pengalaman yang sudah mereka dapatkan, apalagi dari orang-orang ahli atau yang lebih senior dibanding kita. Jadi, bertanyalah kepada orang lain untuk mendapatkan solusi.

Cara lain, kita patut bersyukur bahwa jaman sekarang mencari informasi sangatlah mudah. Banyak buku, ebook, audio, pelatihan, seminar, dan berbagai produk informasi lainnya yang bisa kita pelajari untuk menyelesaikan masalah kita.

Kesimpulannya, Anda akan menemukan banyak ide solusi. Yang Anda perlukan ialah, terus mencoba dan jangan menyerah. Insya Allah, solusi akan didapat.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 24 Comments.

  1. Masalah bisa membuat kita keluar sebagai pemenang dengan gentleman, atau malah membuat kita lari dari permasalahan sebagai pengecut. Kretivitas timbul apabila kita mencoba untuk mencari alternative pemecahan masalah. Semakin banyak kita menyelesaikan masalah maka semakin banyak juga kretivitas yang kita buat sebagai pengalaman pribadi, dan membuat kita banyak menyimpan teknik dan cara untuk menyelesaikan permasalahan yang bakal menghadang dimasa mendatang.wallohu’alam.

  2. wah kebetulan sekali saya sedang dilanda masalah, mudah mudahan saya cepat mendapatkan solusinya

  3. wah bener banget tuh pak, masalah emang gak boleh ditumpuk kita harus mencoba untuk mengatasinya walaupun sesulit apapun

  4. Akar
    1:34 pm December 14, 2009

    Saya cukup terobsesi “ingin seperti Mac Giver”, banyak masalahnya namun selalu mampu untuk menyelesaikannya. Dengan kecerdikan dan improvisasinya dia selalu dapat menggunakan apapun yang ada disekelilingnya menjadi sesuatu yang efektive untuk membantu memecahkan masalah.

    Sejatinya, begitulah seharusnya seseorang yang beriman dan bertaqwa. Karena Allah telah menjanjikan bantuan dan proteksinya kepada hamba2 yang taat kepadaNya, sehingga kita menjadi orang2 yg challanging terhadap kehidupan dan permasalahannya, berani dan mampu untuk menciptakan nilai2 kehidupan dalam berproses mencapai tujuan yang ingin dicapainya serta mampu meng-cover semua resiko dengan kesabaran dalam reprocessing kegaglan dengan cara yang berbeda. Dan hasilnya, pasti sesuatu yang luar biasa.

    Kalau kemampuan kita belum optimal dalam menyelesaikan masalah, berarti nilai ketaqwaan kita sepatutnya perlu di review dan diperbaiki, hingga bantuan Allah itu terwujud dan bahkan datang dari sesuatu yang tak pernah kita duga.

    Salam taqwa.

  5. Assalamualaikum Pak Rahmat.
    Memang semua di antara kita ada msalah tersendiri. Tetapi semua masalah ada jalan penyelesaiannya. Cuma kita perlu berusaha dan mencari di mana harus dimulakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bukan terus mencari alasan tetapi perlukan tindakan.

  6. aslm..pak rahmat saya mohon ijin untuk menshare artikel2 di web anda ke blog saya…waslm..tolong kirim email balasan ke email saya

  7. aslm..pak rahmat saya mohon ijin untuk menshare artikel2 di web anda ke blog saya…waslm..tolong kirim email balasan ke email saya

  8. saya menyukai tulisan anda krn sangat memotivasi.

  9. saya menyukai tulisan anda krn sangat memotivasi.

  10. wah bagus,,, copas aja deh,,, kan prmosi’in sekalian share … hehe

  11. wah bagus,,, copas aja deh,,, kan prmosi’in sekalian share … hehe

  12. artikel yang sangat bermanfaat sob… semoga masalahku cepat selesai

  13. choiron Ultraz
    12:37 pm June 21, 2010

    dalam hidu memng manusia tidak lepas dari masalah karena masalah adalah bagian dari kenikmatan yang diberikan tuhan keada kita mcoba kalau seandainya kita tidak pernah lapar?????

  14. firnia
    5:43 pm August 3, 2010

    aku orangnya sensitif.. gmna caranya agar aku nggak marah-marah dan gampang tersinggung

  15. Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Jadi salah satu solusi pemecahan sebuah masalah adalah memperkecil kesenjangan itu.

  16. ipeh
    1:07 pm October 22, 2010

    aq sekang bingung bgt coz aq g bs nyelesain masalah aq sendiri

  17. shanty ali
    11:54 am December 10, 2010

    bagaimana cara memecahkan masalah fitnah

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield