Cara Agar Shalat Subuh Tepat Waktu dan Berjamaah di Masjid

Untuk sebagian orang agar shalat subuh tepat waktu masih menjadi masalah.

Apalagi bisa sampai berjamaah di Masjid setiap hari, setidaknya sering lah.

Bagi Anda yang masih mengalami masalah ini, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu.

Atau silahkan klik tombol share agar teman Anda di Facebook, Twitter atau Google+ membaca artikel ini.

Mudah-mudahan, semakin banyak umat Muslim yang shalat berjamaah di Masjid dan Indonesia semakin berkah.

Bagaimana Cara Agar Shalat Subuh Tepat Waktu?

Cara Agar Shalat Subuh Tepat Waktu

Tepat waktu adalah kuncinya Cara Agar Shalat Subuh Tepat Waktu. Bagaimana mau berjamaah di Masjid jika bangun saja masih kesiangan? Maka langkah pertama adalah bagaimana agar kita bisa bangun tepat waktu.

Jam Berapa Adzan Subuh?

Yah, kadang, permasalahan pertama adalah tidak mengetahui jadwal adzan shalat subuh. Jika tidak mengetahui jadwal, bagaimana mau tepat waktu. Saat artikel ini ditulis, jadwalnya jam 04:34 (Cimahi). Masalahnya, waktu shalat itu berubah-ubah.

Beberapa waktu lalu jam 04:00 sudah adzan. Jika Anda tetap bangun jam 04:34 artinya terlambat untuk berjamaah di Masjid. Jadi jelas, Anda harus mengetahui jadwal shalat subuh setiap hari Agar Shalat Subuh Tepat Waktu.

Kabar baiknya, zaman sekarang hal ini tidaklah sulit. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda install di Handphone Anda, gratis lagi. Meski waktunya tidak persis sama dengan jadwal yang dikeluarkan oleh departemen agama RI, tapi selisihnya tidak jauh. Masih bisa dijadikan pegangan.

Sudah Anda install aplikasinya di HP Anda? Jika belum, install saja. Supaya Anda bisa mengetahui jadwal shalat setiap harinya.

Jam Berapa Bangun?

Saran saya, paling lambat 15 menit sebelum adzan. Lebih awal lebih bagus, misalnya 30 menit. Mungkin ada yang komentar, 1-2 jam sebelum adzan supaya bisa shalat malam. Itu bagus. Namun bahasan kita saat ini adalah untuk yang masih kesulitan shalat shubuh tepat waktu. Fokus kita shalat shubuh dulu.

Disarankan Untuk Anda:   Mimpi Masa Kini Adalah Kenyataan Hari Esok

Mengapa harus lebih awal? Karena kita perlu persiapakan. Mungkin perlu buang air dulu baik besar dan kecil. Itu butuh waktu. Jika pas-pasan, kita akan terburu-buru. Apalagi jarak ke masjid jauh. Apalagi bagi Anda yang sudah menikah, mungkin akan butuh waktu tambahan untuk mandi besar.

Sekarang Anda sudah mengetahui, kapan akan bangun. Jam berapa paling lambat kita bangun? Silahkan set alarm atau jam weker Anda.

Persiapan Ruhiah

Diatas kita sudah mempersiapkan diri dengan pengetahuan jadwal shalat. Tapi itu tidak akan berguna jika kita belum memiliki persiapan ruhiah. Banyak orang yang sebenarnya terbangun saat alarm bunyi, namun kembali tidur.

Jika kita memang ingin menjadi “pejuang subuh”, hal penting yang harus diperhatikan adalah tentang niat. Ikhlaslah hanya karena Allah, bukan karena yang lain. Tidak peduli orang lain mengetahui atau tidak, kita tetap shalat subuh. Tidak ada yang diharapkan kecuali ridla Allah semata.

Hindari dosa dan maksiat, karena akan mengotori hati kita. Akan memudahkan syaithan membisiki hati kita agar terus tidur. Jika terlanjur, mohon ampun kepada Allah.

Jangan lupa berdo’a sebelum tidur dan bisa ditambahkan dengan do’a kepada Allah agar dibangunkan tepat waktu.

Tidur Lebih Cepat

“Manusia itu butuh istirahat.” Memang benar, tetapi jangan dijadikan alasan tidak bangun subuh. Kenapa tidak tidur lebih cepat? Mulailah secara bertahap tidur lebih cepat. Jika tidur lebih cepat, waktu istirahat Anda sudah terpenuhi, bangun subuh akan lebih mudah.

Mungkin untuk tahap awal, mengubah jam tidur itu sulit. Jika Anda terbiasa tidur jam 12 malam dan ingin berubah menjadi jam 9 malam, untuk sebagian bahkan kebanyakan orang, sulit.

Mulailah ubah menjadi jam 11 dulu. Biasakan. Kemudian ubah lagi menjadi jam 10, biasakan. Kemudian ubah menjadi jam 9 malam. Lakukan secara bertahap (bagi Anda yang sulit).

Disarankan Untuk Anda:   Rahasia Kaitan Blog dan Mengembangkan Diri Yang Jarang Diketahui

Jadi jangan mengeluh sulit bangun subuh, tapi cara tidur Anda tidak diubah. Bukti Anda ingin shalat subuh tepat waktu adalah dimulai dengan memperbaiki waktu tidur Anda.

Jika ada pekerjaan yang biasa Anda lakukan malam, tinggal digeser waktunya jadi subuh. Jika Anda hanya menghabiskan waktu malam untuk sekedar nonton TV, yang hentikan saja. Setidaknya kurangi, demi hal yang jauh lebih baik dan lebih besar manfaatnya.

Mulailah Dengan Shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya

Kadang lucu, mengeluh tidak bisa shalat subuh berjamaah karena sering kesiangan. Sementara shalat lainnya tetap juga tidak berjamaah, padahal tidak ketiduran. Jadi mulailah shalat berjamaah untuk semua waktu shalat.

Kadang seperti itu, ingin melakukan sesuatu yang ideal, sementara yang didepan mata masih dilewatkan. Jangan sampai, punya cita-cita ingin shalat subuh berjamaah, sementara shalat lainnya santai saja di rumah.

Yang ideal itu adalah shalat berjamaah untuk 5 waktu, bukan subuh saja. Jika Anda masih kesulitan untuk shalat subuh (masih berusaha), maka biasakan shalat lainnya berjamaah. Kebiasaan kita shalat berjamaah, akan memperbaiki ruhiah kita sehingga mempermudah kita bangun subuh.

Penutup

Mulailah melakukan perbaikan dan pembenahan hidup Anda secara bertahap. Ciptakan kondisi baik hati maupun fisik agar kita mudah shalat subuh tepat waktu dan selalu berjamaah di Masjid.

Demikianlah sedikit tips Cara Agar Shalat Subuh Tepat Waktu dan Berjamaah di Masjid. Saya lebih fokus membahas dari sisi manajemen diri. Untuk pembahasan dari sisi agama, dalil, dan sebagainya, biarlah itu bagian para ustadz dan ulama. Semoga bermanfaat.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield

Dapatkan Info Artikel Terbaru, Masukan Email Anda, Kemudian Klik Daftar:
+