Mengapa Mencari Bisnis Tanpa Modal? Padahal Anda Punya Modal

Banyak Orang Mencari Bisnis Tanpa Modal

bisnis tanpa modalSaya melakukan riset kecil di Google, ternyata kebanyakan orang lebih memilih mencari bisnis tanpa modal ketimbang bagaimana mendapatkan modal. Jadi ini adalah realita, bukan hanya asumsi saya pribadi saja. Bagi Anda yang bisa melakukan riset di Google, silahkan coba saja dengan kata kunci modal bisnis.

Saya membahas tentang bisnis tanpa modal tidak di blog saya yang membahas bisnis, sebab sebenarnya ini adalah masalah pola pikir dan motivasi. Jika motivasi dan pola pikir Anda ditingkatkan, maka mencari bisnis tanpa modal tidak lagi diperlukan. Anda bisa fokus mencari bisnis dengan keuntungan yang besar.

Inilah kelemahan dari pola pikir ini, saat Anda mencari bisnis tanpa modal, maka Anda akan melupakan peluang bisnis lainnya dengan potensi keuntungan dan peluang keberhasilan yang lebih besar.

Alasan Mencari Bisnis Tanpa Modal

Mengapa orang mencari bisnis tanpa modal? Ada dua kemungkinan:

  1. Penakut. Dia takut kehilangan atau takut rugi, jadi meski dia memiliki modal uang, dia tidak mau mengeluarkannya.
  2. Dia merasa tidak punya modal, sehingga mencari bisnis tanpa modal.

Resiko Sebanding Dengan Potensi

Untuk alasan yang pertama, maka Anda harus mengembangkan keberanian mengambil resiko. Bisnis dengan modal akan lebih cepat menghasilkan dibanding bisnis tanpa modal uang, jadi sayang jika Anda tidak mau mengeluarkan modal. Jika Anda takut rugi, maka yang diperlukan adalah bagaimana cara mengurangi resikonya.

Tahukah Anda, yang beresiko itu bukan bisnisnya, tetapi pada orangnya. Bisnis akan sangat beresiko jika dijalankan oleh orang yang kurang kemampuannya dalam bisnis. Artinya investasi pertama yang harus Anda lakukan ialah pada otak Anda, baru pada aset lainnya.

Pada video saya Bisnis Anti Gagal, sudah saya jelaskan bagaimana strategi menjalankan bisnis dengan mengurangi berbagai resiko. Penyebab kegagalan itu hanya satu, yaitu Anda gagal mendapatkan sumber daya. Jika Anda mampu mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan, maka bisnis Anda akan terus berjalan dengan baik bahkan berkembang.

Mengapa tidak semua orang mampu mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan? Yang pertama karena tidak mau (kemalasan) dan yang kedua karena tidak mampu. Jika Anda merasa tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan, maka Anda perlu mempelajari video Bisnis Anti Gagal.

Jika karena malas, artinya Anda harus mengatasi kemalasan Anda.

Tidak Perlu Mencari Bisnis Tanpa Modal Karena Anda Sudah Punya Modal – Begini Caranya!

Seperti saya tulis di judul, mengapa mencari bisnis tanpa modal, padahal sebenarnya Anda punya modal. Hanya saja Anda tidak menyadarinya atau hanya fokus pada apa yang tidak Anda miliki. Anda sebenarnya punya modal, tetapi tidak digunakan dan hanya mencari bisnis tanpa modal, banyak peluang yang akan terlewat.

Ada yang beranggapan bahwa yang diperlukan untuk memulai bisnis adalah modal uang. Padahal modal uang hanya salah satu modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis. Modal lainnya adalah aset yang Anda miliki, mulai komputer, tempat, alat komunikasi, skill, dan jaringan Anda.

“Tapi, tetap saja, kalau tidak ada uang, bisnis susah untuk berjalan.”

Nah… lho? Itu sudah tahu, kalau namanya bisnis memang membutuhkan modal. Tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal!

“Iya dech, maksud saya modal uang. Saya tidak punya modal uang, makanya saya mencari bisnis tanpa modal uang. Ini maksud saya.”

Itu artinya Anda fokus pada apa yang tidak Anda miliki. Anda hanya fokus bahwa Anda tidak punya uang, tapi jangan dilupakan, bahwa Anda punya modal lain. Mengapa tidak ada manfaatkan modal yang Anda miliki untuk mendapatkan uang? Atau mengapa tidak menggunakan modal yang Anda miliki untuk mendapatkan aset lain yang dibutuhkan?

Inilah yang disebut daya ungkit atau leverage. Anda bisa mengungkit aset yang Anda miliki sehingga memiliki manfaat yang lebih besar dan bisa digunakan untuk membangun bisnis. Dengan daya ungkit, Anda bisa memulai bisnis dengan apa yang Anda miliki saat ini. Dengan daya ungkit, aset yang Anda miliki saat ini akan memiliki kekuatan yang lebih besar. Untuk selengkapnya tentang daya ungkit, silahkan baca ebook saya: Daya Ungkit.

Kesimpulan

Anda boleh saja mencari bisnis tanpa modal (uang), tetapi jangan dilupakan bisnis-bisnis lain yang mungkin lebih prospektif meski membutuhkan modal uang. Jika memang ide bisnis Anda adalah bisnis dengan membutuhkan modal uang, maka manfaatkanlah modal yang sudah Anda miliki untuk mendapatkan uang tersebut.

Ya, memang perlu kreativitas, memahami daya ungkit, dan berani mengambil resiko.  Untuk hasil yang lebih baik, kenapa tidak? Jangan sampai, kita menutup mata terhadap ide-ide bisnis yang hebat karena kita fokus pada apa yang tidak kita miliki, sehingga hanya mencari ide bisnis tanpa modal.