Betulkah Hasil Seminar Motivasi Bermanfaat?

seminar motivasiSkeptis Dengan Seminar Motivasi

Saya banyak membaca keluhan berkaitan dengan seminar motivasi. Entah keluhan benar atau hanya terbawa opini orang lain. Keluhan tersebut adalah: manfaatnya hanya sesaat atau tidak bertahan lama. Betulkah? Salah siapa?

Akibatnya, banyak orang yang cukup skeptis.. Mereka menganggap bahwa seminar motivasi hanya memberikan manfaat sesaat. Akhirnya mereka malas ikut seminar. Lalu adakah seminar motivasi yang bisa memberikan manfaat yang permanen?

Sebenarnya saya setuju, bahwa motivasi dari seminar itu hanya sesaat. Serius, bahkan seminar yang saya bawakan sendiri. Bahkan saya tidak percaya jika ada seorang motivator yang mengatakan bahwa seminarnya memberikan efek yang permanen. Fungsi seminar bukan menyulap seseorang, tetapi memberikan informasi yang tepat tentang sesuatu. Selanjutnya tergantung pada orang yang menerima informasi tersebut.

Harapan Berlebihan Terhadap Seminar Motivasi

Kenapa? Keimanan seseorang bisa naik dan turun (futur). Jika keimanan bisa naik atau turun, apalagi motivasi. Jadi menurut saya, jika motivasi seseorang naik turun, itu adalah hal yang wajar. Sebenarnya, banyak orang yang kecewa dengan seminar motivasi, karena harapan mereka yang berlebihan. Mereka berharap termotivasi terus secara permanen dan ternyata mereka tidak mendapatkannya.

Seminar Motivasi Sangat Bermanfaat

Ya, sangat bermanfaat! Saya mengikutinya bukan untuk mendapatkan motivasi selamanya. Namun untuk belajar bagaimana cara memotivasi diri. Sebab motivasi yang kuat adalah motivasi yang datang dari diri sendiri. Orang lain (motivator) mengajarkan bagaimana cara membangkitkan motivasi diri yang benar. Selanjutnya bagaimana kita mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, tetaplah ikuti dan aplikasikan apa yang Anda pelajari dari seminar tersebut. Saya pun terus belajar. Saya terus membeli video, ebook, buku, dan mengikuti pelatihan/seminar yang saya perlukan. Saya merasakan manfaatnya. Manfaat yang besar. Dengan catatan: saya mengaplikasikannya secara konsisten. Manfaat permanen hanya Anda dapatkan jika Anda mengaplikasikan apa yang Anda dapat dari seminar motivasi secara konsisten.

Saya merasakan sendiri, bahwa seminar motivasi itu sangat bermanfaat jika kita menempatkan pada tempatnya atau menyikapinya dengan baik.