Berpikir Sebelum Bertindak – Meningkatkan Kualitas Tindakan

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

Berpikir Sebelum BertindakMungkin kita pernah mendengar ungkapan “berpikir sebelum bertindak”. Untuk banyak kasus, berpikir sebelum bertindak memang sangat diperlukan. Banyak hal yang harus kita pikirkan sebelum kita bertindak untuk menghasilkan yang terbaik.

Sudahkah Anda Berpikir Sebelum Bertindak?

Jujur, banyak yang mengaku sudah berpikir sebelum bertindak. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, saya sarankan, buang perasaan bahwa Anda sudah berpikir sebelum bertindak. Artinya, meski Anda sudah merasa selalu berpikir sebelum bertindak, ada baiknya ubah perasaan itu. Anggaplah diri Anda tidak pernah berpikir sebelum bertindak.

Pelan-pelan … Pembahasan tentang ini memang tidak mudah. Jika Anda merasa langsung mengerti, hati-hati bisa saja itu asumsi Anda. Jika Anda malah bingung membaca artikel, saya katakan tidak mudah, jadi bacalah pelan-pelan agar dipahami dengan benar. Pemahaman yang benar tentang artikel ini, kemudian Anda aplikasikan, kualitas tindakan Anda akan meningkat. Jika kualitas tindakan meningkat, hasil pun akan meningkat. Mau bukan?

Kembali ke pembahasan …

Jika perasaan Anda, sudah berpikir, maka kita periksa, sudahkah Anda berpikir?

Kenapa? Saya menyebutkan “perasaan”. Namanya juga “perasaan” belum tentu pada kenyataanya seperti itu. Jadi, terlepas apakah Anda belum atau sudah berpikir sebelum bertindak, anggaplah belum. Supaya Anda memberikan perhatian pada pola pikir Anda. Supaya ada peluang perbaikan pada diri Anda.

Jika Anda berpikir (atau perasaan Anda) baik-baik saja, maka akan sulit untuk melakukan perbaikan diri. Seperti orang-orang shalih yang selelu merasa menjadi manusia penuh dosa, sehingga hidupnya dipenuhi dengan taubat dan amal kebaikan. Berbeda dengan orang yang sudah merasa shalih dan suci yang mungkin akan mengabaikan berbagai kebaikannya.

Berpikir Sebelum Bertindak Sebab Banyak Pilihan

Tahukah Anda, bahwa banyak sekali pilihan di depan mata Anda saat Anda akan bertindak. Jika Anda akan melakukan sebuah tindakan yang ada di benak Anda, apakah itu tindakan terbaik? Jika Anda langsung mengerjakan apa yang Anda dibenak Anda, tanpa melihat opsi lain, artinya Anda tidak berpikir sebelum bertindak.

Pernah melakukan seperti itu? Anda tidak mempertimbangkan opsi lain?

Meski Anda memikirkan tindakan yang akan dilakukan, bukan berarti Anda sudah benar-benar berpikir sebelum bertindak. Kalau pun Anda berpikir, bisa jadi Anda belum benar-benar mengoptimalkan pikiran Anda. Bisa jadi Anda berpikir sekilas atau hanya berpikir apa adanya, tanpa menelaah lebih dalam.

Lalu seperti apa berpikir sebelum bertindak itu?

Cara Berpikir Sebelum Bertindak

Yang pertama adalah what. Artinya apa saja kemungkin tindakan yang bisa kita lakukan? Ada banyak sekali selain apa yang ada di dalam benak Anda saat ini. Anda perlu mengeksplor apa saja yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk mencapai target yang sama. Apakah apa yang ada di dalam benak Anda itu adalah cara terbaik? Memangnya tidak ada cara yang lain? Anda memang perlu berpikir kreatif disini.

Jika Anda berkata: “memang tidak ada cara yang lain”, artinya Anda belum berpikir sebelum bertindak, setidaknya Anda belum mengoptimalkan kekuatan atau kemampuan Anda berpikir. Atau bisa jadi, kemampuan Anda menghasilkan ide masih kurang. Jika ini penyebabnya, artinya Anda perlu meningkatkan kemampuan berpikir Anda.

Yang kedua adalah how. Anggaplah Anda sudah menyimpulkan apa yang akan Anda lakukan untuk meraih hasil terbaik. Pertanyaanya ialah bagaimana cara melakukannya yang terbaik? Ya, akan ada banyak cara melakukan sebuah tindakan. Anda bisa memilih cara melakukan tindakan yang terbaik agar memberikan hasil yang terbaik. Jangan berpikir Anda sudah melakukan tindakan dengan cara yang terbaik.

Jadi pilihan itu banyak, selain apa yang harus dilakukan, juga bagaimana cara melakukannya.

Tidak Selamanya Sempat Berpikir

Memang, tidak selamanya kita memiliki kesempatan untuk berpikir sebelum bertindak. Ada keputusan yang harus diambil segera dalam hitungan sepersekian detik. Atau keputusan mendesak untuk diambil tanpa ada waktu untuk melakukan analisa dan mengeksplor kemungkinannya.

Lalu apa yang harus dilakukan.

Tentu saja, jika memang harus bertindak tanpa berpikir, maka ambilah tindakan atau keputusan itu. Lalu bagaimana jika salah? Tentu saja, kemungkinan salah itu selalu ada. Tapi tidak apa-apa, sebab salah memang bagian dari hidup kita. Tidak mengambil keputusan jelas salah, mengambil keputusan memberikan peluang untuk mendapatkan keputusan atau tindakan yang benar. Jadi ambilah keputusan itu.

Namun, ada cara meningkatkan kualitas keputusan Anda saat tidak berpikir, yaitu dengan meningkatkan kualitas pikiran bawah sadar Anda. Sebenarnya, saat Anda merasa tidak berpikir, itu adalah pikiran sadar. Pikiran bawah sadar tetap berpikir sesuai dengan pola pikir (paradigma) yang ada dalam diri Anda. Cara meningkatkan kualitas pikiran adalah dengan meningkat pola pikir Anda, meningkatkan kepercayaan diri, berpikir kritis, dan meningkatkan kreativitas.

Kesimpulan

Jadi ada dua cara untuk meningkatkan kualitas tindakan Anda, yang pertima ialah berpikir sebelum bertindak agar Anda melakukan tindakan terbaik dan cara yang terbaik pula. Yang kedua tingkatkan kualitas pikiran bawah sadar Anda.

Jika memungkinkan untuk berpikir sebelum bertindak, maka berpikirlah.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield