Bagaimana Cara Menjadi Orang yang Luar Biasa

zona sukses

Apa yang dimaksud menjadi orang luar biasa?

Sebenarnya saya kurang pas dengan definisi luar biasa sebagai terjemahan dari extraordinary. Extra itu artinya tambahan atau lebih.

Extraordinary itu lebih pas diartikan lebih dari yang biasa. Hanya saja, istilah yang sudah akrab di Indonesia adalah luar biasa. Tidak apa, mudah-mudahan kita memahami maknanya.

Banyak orang yang mengeluh tidak punya bisnis atau pekerjaan. Susah katanya. Masalahnya, mereka banyak berharap sesuatu tanpa membuat dirinya menjadi lebih baik.

Memang benar, persaingan semakin ketat. Bagaimana tidak? Bisnis bermunculan setiap hari. Tenaga kerja bertambah ratusan ribu setiap tahun.

Jika Anda tidak menjadi orang yang luar biasa, maka wajar saja akan semakin tersisih.

Umat Islam, harus menjadi orang yang luar biasa demi dakwah yang kita emban dan dalam rangka menjadi manusia yang memberikan manfaat sebesar mungkin ke sesama.

Bagaimana Cara Menjadi Orang yang Luar Biasa

Cara Menjadi Orang Yang Luar Biasa

Semua orang bisa menjadi orang yang luar biasa. Artinya memiliki kemampuan, pencapaian, dan prestasi yang lebih baik dibandingkan kebanyakan orang. Bukan masalah bisa atau tidak, hanya saja jarang yang melakukannya.

Menjadi orang yang baik adalah penting. Menjadi orang terbaik juga penting. Tidak perlu memilih salah satunya, kita bisa mendapatkan keduanya sekaligus.

Menjadi orang baik adalah akhlaq. Menjadi orang terbaik adalah prestasi. Adalah bisa menjadi orang terbaik dan tetap berakhlaq yang baik. Akhlaq bukan ditentukan oleh prestasi, tetapi sejauh mana dia memahami agama dan mengamalkanya.

Ada orang kaya yang sombong, tetapi tidak sedikit yang tetap rendah hati. Sementara, banyak orang miskin yang sombong. Abdurrahman bin ‘Auf r.a. adalah orang kaya, tetapi beliau tetap rendah hati.

Disarankan Untuk Anda:   Apa Manfaat Buku Sebenarnya? Semuanya Bermanfaat

Miliki dan Fokus pada Visi dan Misi Yang Besar

Jangan fokus diri pada target-target kecil. Jangan habiskan waktu untuk memikirkan hal-hal kecil. Fokuslah pada diri Anda mau menjadi apa nanti dan apa kontribusi yang akan Anda berikan kepada sesama.

Anda tidak akan pernah menjadi orang yang luar biasa jika hanya memikirkan hal-hal kecil saja. Anda tidak akan pernah besar, jika pikiran kita fokus memikirkan masalah-masalah kecil.

Miliki visi dan misi yang besar, sebagai langkah awal Anda menjadi orang yang luar biasa.

Menjadikan bahagia sebagai tujuan hidup tidak akan menjadikan Anda bahagia. Anda bisa bahagia sekarang juga. Justru dengan menjadi bahagia adalah langkah menuju hidup luar biasa.

Perbesar Kapasitas Diri

Anda tidak akan mendapatkan sesuatu yang besar, jika kapasitas diri Anda kecil. Jika anda mengambil air dari laut menggunakan cangkir, maka Anda akan mendapatkan air sebanyak kapasitas cangkir. Berbeda jika Anda menggunakan ember, Anda akan mendapatkan air sebanyak kapasitas ember.

Begitu juga dengan diri Anda. Kapasitas diri Anda harus lebih besar untuk bisa mendapatkan dan melakukan hal-hal besar.

Pada dasarnya, Allah sudah menciptakan kapasitas diri manusia itu sangat besar. Hanya saja ada 2 hal yang menjadikan kapasitas diri kita begitu kecil.

  1. Kita sendiri yang membatasi kapasitas diri dan/atau
  2. Kita tidak mengoptimalkan kapasitas diri kita yang sebenarnya besar.

Maka langkah selanjutnya adalah kita menghilangkan hal-hal yang membatasi diri kita. Dan yang paling kuat dalam membatasi diri kita adalah pikiran kita sendiri. Miliki pikiran yang positif dan miliki kepercayaan diri yang tinggi agar kita bisa mengoptimalkan kapasitas kita.

Kita tidak bisa mengoptimalkan kapasitas diri kita jika kita tidak memahami ilmunya. Semua ada ilmunya. Dan ilmu untuk mengembangkan kapasitas diri disebut pengembangan diri.

Disarankan Untuk Anda:   Kita Semua Unik, Tidak Perlu Menjadi Orang Lain

Pada dasarnya untuk memperbesar kapasitas diri adalah dengan

  1. Menuntut ilmu dan belajar
  2. Merenung dan berpikir dengan optimal
  3. Mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan
  4. Melatih kemampuan agar semakin mahir
  5. Terus-menerus meningkatkan kualitas diri

Atur Sistem, Aturan, dan Standar

Anda perlu memiliki seperangkat sistem, aturan, dan standar untuk menjaga kualitas tindakan dan hasil.

Sistem adalah seperangkat prosedur dalam melakukan sesuatu. Buat sistem. Belajar kepada sistem yang pernah dilakukan oleh orang lain dalam mencapai hal-hal luar biasa. Kemudian terapkan sistem tersebut.

Sistem tidak baku. Artinya perlu upaya untuk terus memperbaiki sistem agar memberikan hasil yang lebih baik. Tujuan sistem adalah untuk mengurangi kesalahan dan untuk menjaga kualitas.

Buatlah aturan Anda sendiri yang menjadikan Anda lebih baik dan terhindar dari kesalahan dan kekurangan yang mungkin terjadi. Buatlah aturan untuk menjaga disiplin dan komitmen Anda. Buatlah aturan yang memberdayakan diri Anda.

Anda boleh saja menghapusan aturan yang selama ini mengekang Anda, kecuali aturan dari Al Quran dan hadist. Jika aturan itu dibuat oleh manusia bahkan entah siapa yang membuat, kenapa harus diikuti?

Aturan dari Al Quran dan hadist menjadikan kita sukses di akhirat, agar kita selamat dunia akhirat. Buatlah aturan-aturan yang tidak bertentangan dengan aturan agama yang menjadikan diri Anda menjadi orang luar biasa.

Intinya aturan ini agar menjadikan Anda disiplin. Buat aturan yang akan menjadikan Anda meraih visi dan misi besar Anda.

Orang yang luar biasa juga memiliki standard kerja yang tinggi. Dia tidak akan mau bekerja atau berkaryawa dengan standar yang rendah. Baik dari segi waktu, baik dari sisi pemikiran, maupun skill yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu.

Disarankan Untuk Anda:   3 Hikmah dari Iklan Untuk Pengembangan Diri Anda

Bisakah Anda Menjadi Orang Luar Biasa?

Pada dasarnya, semua orang memiliki potensi yang sama. Siapa pun bisa. Baik saya maupun Anda. Jika terlihat berat, ya wajarlah. Jika Anda ingin mobil mewah, pasti harganya lebih mahal. Jika Anda ingin menjadi orang luar biasa, pastilah caranya akan berbeda dengan cara biasa.

Anda bisa melakukannya, secara bertahap. Mulai dari yang bisa, kemudian tingkatkan. Lihat poin yang kedua tentang kapasitas diri. Jika Anda merasa berat, karena kapasitas diri Anda yang belum cukup. Nanti, setelah kapasitas diri Anda memadai, Anda akan melihat ternyata yang asalnya berat berubah menjadi biasa-biasa saja.

Bershabarlah, jalani proses, dan Anda akan menjadi orang yang luar biasa, in syaa Allah.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield