Arifin Panigoro: Berpikir Besar

arifin-panigoroMungkin Anda sudah mendengar nama Arifin Panigoro sebagai politikus dan pebisnis sukses. Konon termasuk orang terkaya di Indonesia. Kali ini, saya tidak akan membicarakan aktivitas politiknya, namun bagaimana pak Arifin Panigoro sukses dalam bisnis. Satu rahasia yang bisa saya ambil dari perjalanan bisnisnya ialah “berpikir besar”.

Saat menjalani bisnis pemasangan pipa, perusahaannya selalu mendapatkan proyek yang kecil-kecil dengan alasan pengusaha lokal belum memiliki peralatan yang memadai. Namun pak Arifin Panigoro tidak menyerah dan tidak berhenti sampai disana. Sementara, sebagian besar orang akan mengatakan sudah takdir orang lokal untuk mendapatkan proyek kecil, namun dia tidak.

Pak Arifin selalu berpikir besar. Orang lokal pun harus diberi kesempatan untuk mendapatkan proyek-proyek besar. Kenapa tidak? Berawal dari berpikir besar inilah pa Arifin Panigoro mulai mengambil tindakan untuk mewujudkan visinya. Pak Arifin Panigoro memiliki keyakinan bahwa orang lokal pun mampu mengerjakan proyek besar.

Berpikir besar pun terlihat saat pak Arifin Panigoro berani menawar peralatan seharga US$ 4 juta, padahal “hanya” punya uang sebesar US$ 300.000. Namun dengan keyakinannya, peralatan itu pun berhasil didapatkan. Keberhasilan mendapatkan peralatan ini, tentu saja didukung oleh kemampuan bersilaturhmi dan bernegosiasinya.

Orang yang berpikir besar akan berani mengambil resiko. Pak Arifin Panigoro dengan berani membeli beberapa ladang minyak dengan harga jutaan dolar. Padahal belum tentu akan menghasilkan minyak yang sepadan. Setelah, minyak mengalir setiap hari seiring uang yang masuk ke kantongnya. Tidak cukup menjadi “raja minyak” saja. Pak Arifin Panigoro pun menengok bidang pertambangan dan juga meraih sukses.

Inilah kekuatan berpikir besar. Coba bayangkan, jika pak Arifin Panigoro berpikir bahwa takdir orang lokal hanya proyek kecil, mungkin sekarang pak Arifin Panigoro tidak ada di daftar orang terkaya di Indonesia. Berpikir besar ini membuatnya menjadi orang yang tekun, bekerja keras, dan berani mengambil resiko.

Sudahkah kita berpikir besar? Jika Anda saat ini sudah memiliki bisnis atau mendukuki karir tertentu. Cobalah untuk berpikir besar. Pikirkan setidaknya Anda bisa dua kali lebih sukses dibandingkan saat ini. Ini yang saya lakukan, saya selalu berpikir untuk menggandakan penghasilan saya setiap saat. Saya yakin Allah akan menolong, saya percaya diri, dan salah seorang yang menginspirasi saya adalah pak Arifin Panigoro.