Anda Percaya Diri? Pertanyaan Untuk Anda Yang Melakukan 2 Hal Ini

percaya diriPercaya diri memegang peranan sangat penting dalam keberhasilan seseorang. Kita bisa melewatkan berbagai kesempatan bagus jika kita tidak percaya diri. Krisis percaya diri adalah salah satu penghambat terbesar dalam bertindak. Bukan hanya ragu bertindak, bahkan tidak bertindak sama sekali. Pertanyaanya ialah, apakah Anda percaya diri? Berikut adalah ciri-ciri orang yang tidak percaya diri, silahkan periksa diri Anda.

Membicarakan Kejelekan Orang Lain

Saat seseorang merasa dirinya “jelek” dia akan berusaha mencari teman dan membuat orang lain supaya terlihat tidak lebih baik darinya. Oleh karena itu dia akan membicarakan kejelakan orang lain supaya terkesan tidak ada yang lebih baik darinya. Jika orang lain sudah terungkap kejelekannya maka dia merasa bahwa dia tidak menjadi orang yang paling jelek. Jelek disini bukan dalam masalah fisik tetapi tingkah laku dan kemampuan. Jika Anda sering berhadapan dengan orang yang suka membicarakan kejelekan orang lain, waspadalah suatu saat Anda akan mendapat giliran untuk dibicarakan.

Tidak Menghargai Karya Orang Lain

Karena dia merasa tidak bisa menghasilkan karya yang bagus maka karya orang lain tidak pernah dihargai. Sekali lagi dia takut orang lain dianggap lebih baik darinya. Dia hanya mau menghargai karya seseorang yang sudah diakui secara umum. Sebagai contoh nyanyian temannya tidak dia hargai sementara dia hanya mau menghargai nyanyian seorang artis terkenal, padahal bisa saja nyanyian temannya lebih bagus.

Sebenarnya masih banyak ciri-ciri yang lain, tetapi dua ciri ini cukup menonjol yang sering kita jumpai. Intinya ciri orang yang krisis percaya diri ialah tidak mau orang lain dianggap lebih baik darinya. Sementara hati kecilnya mengakui kalau dia itu tidak lebih baik, maka jalan keluarnya ialah dengan menjatuhkan orang lain atau karya orang lain.

Seseorang yang percaya diri, dia tidak akan peduli bagaimana karya orang lain atau apa yang dilakukan oleh orang lain, karena dia sendiri merasa mampu berbuat yang sama atau yang lebih baik. Orang yang percaya diri akan mampu mengakui kehebatan orang lain dalam satu bidang, sebab dia yakin bahwa dia juga memiliki suatu kelebihan dibidang lain.

Yang penting ialah janganlah kita menjadi sombong. Percaya diri berbeda dengan sombong. Orang yang tidak percaya diri sering menuding orang yang percaya diri dengan sombong, padahal keduanya berbeda. Sombong adalah merasa dirinya lebih baik dari orang lain, sementara percaya diri ialah yakin bahwa dirinya memiliki potensi luar biasa pemberian Allah.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

14 Comments

  1. Thanks artikelnya, uraiannya beda dengan yg biasa menjelaskan tentang thema percaya diri. Kadang ga sadar juga 2 hal tersebut malah nunjukkin ketidak pedean..

  2. gila…gw banget!!!!
    bawaan gw kayanya mau maraaah aja…kayanya gw selalu menyesali hidup gw…gw merasa ngga disayang…ditambah dengan sikap suami yang cuek..makin menjadi aja deh…God please help..

  3. seiring bertambahnya waktu dan usia kita, bertambah pula beban dan tanggung jawab kita. kadang kala kita di hadapkan pada kondisi yang sangat sulit, menguras energi dan pikiran kita dan karena bertambahnya beban kita sering kali kita hilang kepercayaan diri kita, sehingga pada saat yang demikian ini kita membutuhkan sebuah motivasi yang akan membangkitkan kembali semangat kita, yang tak akan pernah ada habisnya, karena dalam hidup ini setiap kita butuh motivasi, lalu bagaimana supaya kita senantiasa tetap termotivasi…..???? thanks artikelnya mudah-mudahan bermanfaat…

  4. acapkali kepedean dan ketidakpedean berebut keluar dari diri, itu yang sering saya alami.jadi diantara keduanya akan menggeranyangi bergantung pada situasi dan kondisi.
    jika boleh saya bertanya diruang coment ini, tips apa yang mesti dimilki setiap insan supaya terhindar dari virus ketidak pedean….tentunya selain menghidari 2 sikap yang bang rahmat urai dalam rubrik ini.

  5. wahh…gue bgt tuh…ternyata gue termasuk dalam point artikel di atas….apa dong tips2nya..biar pede?bantuin dong…

  6. wahh…gue bgt tuh…ternyata gue termasuk dalam point artikel di atas….apa dong tips2nya..biar pede?bantuin dong…

  7. kepercayaan diri adalah modal dasar meraih kesuksesan. maka dari itu, kenali diri Anda sendiri baik kelebihan dan kekurangan, kemudian fokuslah dikelebihan yang dimiliki, kembangkan untuk meraih kesuksesan.

  8. mungkin secara ‘tidak sadar’ kita melakukan hal tersebut.
    Akan tetapi alhamdulillah di SMA saya sudah ada pelajaran muhasabah dan menghargai hasil karya orang lain, jd insya Allah sikap kita untuk tidak PD lebih terkontrol.

      1. terimakasih tawarannya, Barokallahu fiik.
        insya Allah kpn2 saya kunjungi.

        Maaf, saya masih SMA pak, tlg jngn pnggil bpk ya.
        Jazakallah khairan
        ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield