Anda Bisa Sukses Jika Memiliki 5 Hal Kunci Sukses Ini

zona sukses

Anda Bisa Sukses Jika …

Anda bisa sukses

Ada dua hal yang menyebabkan Anda bisa sukses, pertama adalah Anda melakukan cara tertentu untuk meraih sukses, kedua Allah mengijinkan Anda untuk sukses.

Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah; kepada-Nya-lah aku bertawakal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakal berserah diri [12.67]

Anda Bisa Sukses Jika Mau Berusaha

Meskipun ada faktor nasib disini, tetapi bukan berarti kita tidak harus berusaha, hanya menunggu nasib dari Allah. Allah sendiri yang memerintahkan kita untuk berusaha. Seperti didalam firman-Nya:

Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha. [25.47]

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki suatu keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(ar-Ra’d: 11)

Kita disuruh berusaha, tetapi usaha tertentu yang bisa membuat Anda bisa sukses (bukan sembarang usaha), karena yang menjadikan orang sukses ialah karena mereka melakukan usaha tertentu yang benar yang akan membuat Anda bisa sukses. Bagaimanapun kerasnya Anda berusaha jika usaha yang Anda lakukan salah maka Anda tidak akan berhasil.

Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mau berusaha. Kemauan berusaha, mutlak harus dimiliki jika Anda mau sukses. Ini yang pertama.

Anda Bisa Sukses Meski Pun Linkungan Tidak Mendukung

Sukses tidak disebabkan oleh lingkungan. Bagaimanapun lingkungan Anda, tetap, Anda bisa sukses. Ada orang yang sukses dari lingkungan kota, ada juga dari desa. Jika Anda seorang karyawan, ada juga karyawan yang sukses, jika Anda seorang pengusaha ada pengusaha yang sukses, bahkan jika Anda seorang pemulung, ada juga yang sukses.

Meskipun Anda seorang presiden tidak dijamin Anda akan sukses. Sudah ada contoh bahwa seorang presiden mengakhiri hidupnya dengan tragis. Kesimpulannya lingkungan atau profesi tidak menentukan Anda bisa sukses atau tidaknya.

Disarankan Untuk Anda:   Jadilah Orang Sukses Sekarang Juga

Andalah yang mengambil keputusan, Andalah yang proaktif, jangan tergantung pada lingkungan. Memiliki sikap proaktif adalah hal kedua yang harus Anda miliki.

Anda Bisa Sukses Meski Pun Modal Kecil dan Pendidikan Tidak Tinggi

Begitu juga dengan kepandaian maupun gelar tidak menjamin akan sukses. Banyak yang bergelar doktor maupun profesor tidak mendapatkan kesuksesan, tetapi disisi lain lulusan SD ada yang sukses.

Sukses juga tidak ditentukan oleh modal, sudah banyak contoh orang sukses tanpa modal (sukses dalam bisnis). Jadi tidak ada alasan Anda tidak mau mengejar sukses karena terhambat modal. Mendapatkan modal adalah bagian dari langkah menuju sukses, bukan penentu. Karena banyak juga yang sudah punya modal tidak sukses.

Pada intinya Anda bisa sukses tidak peduli dimana Anda berada, tidak peduli apa pendidikan Anda bahkan tidak peduli Anda punya uang atau tidak sekarang. Yang penting Anda mau melakukan cara yang benar untuk meraih sukses.

Jadi, kemauan untuk mengisi atau melengkapi kekurangan, justru itu yang harus dimiliki. Tidak peduli bagaimana pun kondisi Anda. Ini yang ketiga.

Anda Bisa Sukses Dengan Melakukan 4 Langkah Sukses Ini

Timbul pertanyaan, seperti apa cara atau strategi jitu untuk meraih sukses. Anthony Robin dalam bukunya Langkah sukses menuliskan langkah jitu untuk meraih sukses yaitu :

  1. Tentukan tujuan yang Anda inginkan. (berhati-hatilah! Kejelasan merupakan modal paling penting.
  2. Ambillah tindakan (karena kemauan saja tidak cukup)
  3. Periksalah apa yang berhasil dan tidak. (Anda tidak perlu menyia-nyiakan energi untuk pendekatan tidak bermanfaat)
  4. Ubah pendekatan Anda sampai menggapai tujuan (Fleksibilitas memberi Anda kemampuan untuk membuat pendekatan baru dan hasil baru)

Yah, Anda bisa sukses jika menjalankan 4 langkah di atas, Insya Allah. Tetapi ada yang perlu diperhatikan yaitu 4 langkah tersebut diatas adalah langkah-langkah sukses yang umum. Anda memerlukan cara-cara yang lebih spesifik atau penjabaran dari langkah-langkah tersebut yang lebih fokus terhadap sukses yang sedang Anda kejar. Contohnya ialah jika Anda ingin sukses dalam bisnis, tentu saja Anda harus tahu langkah-langkah menjalankan bisnis, jika Anda ingin sukses dalam bidang olah raga maka Anda harus tahu tentang olah raga yang Anda tekuni.

Disarankan Untuk Anda:   Cerita Sukses: Selalu Ada Jalan

Tetapi jangan takut, jika melakukan 4 langkah diatas, keterampilan yang diperlukan bisa mengikuti. Keterampilan bisa dipelajari. Maka kunci sukses selanjutnya sebagai pelengkap dari empat langkah tersebut adalah kemauan untuk belajar. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Banyak kisah dimana pada usia lanjut masih bisa mendapatkan pengetahuan serta keterampilan baru.

Pada intinya, kemauan mencoba dan mengevaluasi usaha Anda. Usaha saja tidak cukup, tapi yang dibutuhkan adalah perbaikan terhadap usaha-usaha yang sudah Anda coba. Jadi, seorang yang ingin sukses harus memiliki kemauan untuk memperbaiki tindakannya.

Anda Bisa Sukses Jika Memiliki Motivasi Cukup Kuat

Satu lagi hal penting dalam meraih sukses ialah adanya energi pendorong yang kuat dalam melakukan keempat langkah tersebut. motivasi. Yah motivasi, tanpa itu tidak akan bisa bergerak. motivasi ibarat darah dalam tubuh, motivasi ibarat bensin dalam mobil yang menjadikannya bergerak. Semakin besar atau semakin kuat motivasi Anda akan semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil.

Seorang mujahid tidak gentar dengan berbagai senjata lawan yang dia hadapi. Bahkan tidak jarang kekuatan lawan yang jauh lebih kuat, tidak seimbang. Tetapi pada kenyataan seorang mujahid pantang mundur terus bergerak. Kenapa? Tentu karena mempunyai motivasi yang sangat kuat untuk meraih ridha illahi sehingga mampu mendorong dia untuk menembus segala rintangan dan halangan bahkan dengan nyawa taruhannya.

Jika Anda ingin sukses Anda harus mempunyai motivasi yang besar untuk meraih sukses tersebut. Dan motivasi terbesar, tidak terbatas serta mulia ialah motivasi menggapai ridha illahi. Berperang di medan tempur, mengentaskan kemiskinan, mencerdaskan umat, memberantas kelaparan, memberantas oknum-oknum yang kotor, dan sebagainya akan terasa berat tanpa motivasi menggapai ridha illahi.

Disarankan Untuk Anda:   Tiga Kunci Sukses: Sikap, Keyakinan, dan Totalitas

Motivasi adalah energi agar Anda bergerak. Sukses memang memerlukan usaha, gerakan, langkah, dan tindakan. Namun tindakan tidak akan pernah ada jika tidak ada motivasi. Untuk itu, Anda harus menjaga dan meningkatkan motivasi Anda. Motivasi kadang turun, Anda harus cepat membangkitkannya lagi. Jangan biarkan turun, itu sama seperti Anda melepaskan gas mobil Anda, sehingga lajunya berkurang bahkan berhenti.

OK, ini adalah yang kelima: motivasi yang kuat.

Kesimpulan

Melakukan empat langkah di atas ditambah motivasi yang kuat akan membawa Anda kepada kesuksesan, kecuali Allah menghendaki lain. Teruslah berusaha karena Allah memang menyuruh kita berusaha, tentang hasil kita serahkan saja kepada Allah. Jika motivasi kita mulia, berhasil tidak berhasil kita akan mendapatkan balasan dari Allah jika kita telah berusaha seoptimal kita. Insya Allah, Anda bisa sukses.

Tentu saja, do’a, tawakal, syukur, dan lainnya perlu kita lakukan untuk meraih sukses.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

6 Comments

  1. saya setuju bahwa kesuksesan itu : harus kita raih dan perjuangkan dengan menggunakan pikiran dan kekuatan yang telah Allah berikan ke pada manusia. Setelah semua usaha kita lakukan maka hasilnya kita serahkan kepada Allah dengan tawakal. Seandainya berhasil kita harus bersyukur artinya kerjaan kita di riho’iNYA, kalau gagal ya harus bersyukur juga karena dibalik kegagalan itu kita memetik hikmahnya krn barangkali dibalik itu Allah punya rencana yang terbaik buat kita. Jadi hemat saya sebenarnya Allah itu maha pengasih dan maha penyayang dan DIA pasti sangat menginginkan orang yang taqwa kepada Nya sukses dalam menjalani hidup ini dengan tujuan akhir adalah bahagia dunia dan akhirat. Bagi sang koruptor Allah izinkan juga utk sukses yaitu kesuksesan semu, bukan kesuksesan yang hakiki. Dan ditimpakan rasa tidak tenang/ketakutan didalam hatinya, sehingga kekayaan yang didapat dengan cara tidak halal dan tidak baik tersebut lebih banyak memudaratkan baginya baik selama hidup di dunia apalagi di akhirat.

  2. luar biasa..
    satuhal yang.. tidak boleh dilupakan adalah motivasi..
    ngom2 motivasi2nya mana ya..?
    better mind, better focus mana ya..?
    sayang klo di langin

  3. Sebenarnya hal kecil yang seringkali menjadi awal mula sebuah perubahan hidup kita adalah impian. Tidak berlebihan jika ada yang bilang impian adalah langkah pertama menuju sukses. Logikanya sangat sederhana. Bagaimana mungkin kita bisa mewujudkan impian kita jika kita sendiri bahkan tidak berani untuk mempunyai sebuah impian.

    Teringat akan satu kalimat bijak, yaitu: Jalan tercepat untuk melewatkan kesuksesan adalah dengan melewatkan kesempatan yang ada. Termasuk kesempatan untuk berubah. Selamat melakukan perubahan dan raih impian serta KESUKSESAN Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield