Al Quran: Sumber Utama Inspirasi

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

Sumber Utama InspirasiPernahkan Anda mendengar ada orang pergi ke hutan, ke gua, ke gunung, atau ke tempat sepi lainnya untuk mencari inspirasi? Boleh-boleh saja jika mereka tidak melewatkan sumber inspirasi utama. Anda boleh mencari inspirasi dari mana pun setelah sebelumnya mendapatkan inspirasi dari sumber utama ini.

Segala inspirasi ada di Al Quran. Jika Anda tidak menemukan inspirasi dari Al Quran, artinya Anda belum mengenal atau cukup berinteraksi dengan Al Quran. Sebaliknya banyak orang yang mencari inspirasi dari sumber yang tidak jelas. Dari orang-orang yang sebenarnya tidak memiliki kehidupan yang baik, tidak patut menjadi inspirasi.

Kita boleh mengambil inspirasi dari mana pun, selama inspirasi tersebut tidak melanggar syariat dan nilai Al Quran. Agama Islam tidak membatasi kita mendapatkan hikmah dari mana pun, selama rujukan utama kita Al Quran dan hadits. Hati-hatilah mengambil inspirasi dari seseorang atau sesuatu yang memungkin kita tergelincir.

Sungguh, Al Quran mengandung inspirasi tanpa batas dan global. Mungkin untuk hal detil dan spesifik kita bisa mengambil inspirasi dari sumber lain selama masih selaras dengan sumber utama. Jika kita mau tadabur Al Quran secara terus menerus, insya Allah akan banyak inspirasi kita dapatkan.

Cobalah baca dan resapi beberapa ayat di bawah ini. Inspirasi apa yang Anda dapatkan? Silahkan berbagi pada form komentar.

(Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkanlah (pendirian) orang-orang yang telah beriman”. Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka. (QS Al Anfaal:12)

Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman. (QS.Hud:120)

Janganlah kamu lemah dan minta damai padahal kamulah yang di atas dan Allah (pun) beserta kamu dan Dia sekali-kali tidak akan mengurangi (pahala) amal-amalmu. (QS. Muhammad:35)

Dan, tentu masih banyak inspirasi-inspirasi yang bisa kita dapatkan. Ayat yang mana saja? Semua, tidak terkecuali. Ayat-ayat yang dulis disini maupun dalam ebook saya Merenungi Ayat-Ayat Inspirator, hanya sebagian kecil dari inspirasi yang bisa kita dapat. Anda tidak akan pernah kehabisan motivasi.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 13 Comments.

  1. Salam.
    Wah betul itu mas, kalau mau meniti ke jalan yg benar ya musti pakai Al-Qur’an. Bukankah itu “manualnya” manusia, asli dari Sang Pencipta. Kenapa banyak yang “lupa” ya ?

  2. Saudaraku anda benar, kita kurang mengenal dan berinteraksi dengan Al-Qur’an sehingga tidak hanya kurang inspirasi tapi juga yang lebih parah adalah tersesat dalam menempuh tujuan yang hakiki…

  3. Assalamualaikum PAk Rahmat. Inspiasi dari AL-Quran begitu banyak untuk dieksplorasi. Tetapi bukan semua orang mampu mendapatkannya. Manusia akhir zaman terlalu sibuk dengan kerja. Al-Quran begitu jauh ditinggalkan. AL-Quran hanya dijadikan hiasan untuk hantaran perkahwinan, hiasan di rumah sahaja. Bagaimana inspirasi ini dapat dikeluarkan jika kita semua tidak mahu membaca dan menghayatinya.

  4. xRoeL
    8:11 am December 5, 2009

    menurut mas boleh dan harus kita terapkan.. masih banyak saudara kita yang sesama muslim sudah jauh dari keimanan bahkan parahnya lagi …. malah saudara kita yang non muslim melakukan peneliatan dan mencari sumber dari kita suci kita..

  5. Masalahnya,,,,,
    Masalahnya, “banyak yang tidak tahu, tidak mau, dan tidak mau tahu”

  6. feri permana
    2:30 pm December 15, 2009

    feri says:
    saya setuju bahwa al-quran itu adalah sumber inspirasi tapi bagaimana caranya kita bisa mengambil inspirasi itu dan merealisasikannya sehingga kita tetap berada di jalan yang lurus…

  7. Tridistar Beauty Solution
    3:41 am April 20, 2010

    perlunya umat islam untuk berjihat dengan kasih sayang seperti yang telah dilakuan agama kristiani, karena islam sekarang ada di garis merah yang mengindikasihkan islam adalah agama barbar. salam jihad

  8. car tuningstyling
    12:04 pm May 15, 2010

    Saya sangat berterimakasih dan bersyukur kepada ALLAH swt dengan Al-Qur’an sebagai buku pedoman hidup saya sehari hari. Sumber inspirasi untuk sukses. mari kita sukses kan syiar islam mas

  9. saya sangay senang masih ada yang bersyiar dalam dunia online kami berharap akan tumbuh dan berkembang web site ini amin salam kenal mas rahmat dari kami dimaszen.com

  10. semangat quran harus di bumikan boz

  11. iya… thanks atas inspirasinya

  12. syukri
    2:09 pm March 10, 2011

    QS Al Anfaal 12 setelah saya fahami memiliki makana supaya selalu mengajarkan kebaikan terlihat sesuai dengan kalimat didalamnya yaitu teguhkanlah pendirian org yg beriman

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield