Manajemen Qalbu

Agar Tidak Putus Asa dan Tetap Memiliki Harapan

January 2, 2017
(Last Updated On: January 2, 2017)

Bagaimana agar tidak putus asa?

Bukan hanya tidak mudah, cepat, atau gampang putus asa, tetapi bahkan tidak pernah putus asa lagi.

Putus asa adalah sesuatu yang dilarang, apalagi dari rahmat Allah.

Sebenarnya putus asa bukan masalah apa yang Anda lakukan.

Tetapi lebih kepada bagaimana sikap Anda dalam melakukan sesuatu.

Saat keberhasilan tidak juga diraih.

Saat kegagalan terus menimpa.

Saat rintangan berat ada di hdapan kita.

Saat perjalanan terasa gelap, tidak tau harus melangkah kemana.

Rasa putus asa begitu “menggoda.”

Motivasi Agar Tidak Putus Asa

agar tidak putus asa

Mari kita ibaratkan perjalanan panjang seperti lari marathon. Anda pernah marathon? Yang kita rasakan pada saat kita sedang berlari dalam jarak yang jauh ialah keinginan segera berhenti, minum, dan beristirahat.

Lalu mengapa tidak berhenti?

Jika Anda berlari atas inisiatif sendiri, kemungkinan Anda berhenti akan lebih besar ketimbang seorang atlit yang sedang berlomba. Mengapa? Karena imbalan yang akan didapat lebih menarik dan lebih jelas.

Kalau dia tidak sampai, bukan hanya tidak akan mendapatkan juara, tetapi juga malu. Jadi agar Anda tidak putus asa, maka Anda harus memiliki tujuan yang sangat menggairahkan Anda dan jelas.

Artinya Anda membutuhkan motivasi yang kuat agar tidak putus asa. Tujuan Anda, visi Anda, dan misi Anda yang hebat dan menginspirasi yang akan menjadikan Anda tidak putus apa meski halangan besar ada di hadapan Anda, meski rasa lelah sudah mendera.

Agar Tidak Putus Asa Membutuhkan Ini

Anda membutuhkan energi yang besar agar tidak putus asa karena kehabisan energi.

Mungkin saja, saat kita berlari, kita tidak ingin untuk berhenti. Tetapi akhirnya berhenti juga karena kita sangat kelelahan. Dengan kata lain energi kita sudah terkuras habis. Seorang atlit tidak akan mudah kelelahan karena dia memiliki energi yang cukup.

Energi yang tentu saja didapat dari latihan yang cukup dan makanan yang dikonsumsinya. Begitu juga jika kita tidak ingin cepat putus asa maka kita harus memiliki energi yang cukup. Baik energi dalam arti sebenarnya, maupun energi dalam arti motivasi.

Anda harus bisa terus memupuk dan menjaga energi jangan sampai hilang. Energi harus terjaga jangan sampai hilang saat dibutuhkan.

Seperti mobil, jika kehabisan energi Anda bisa berhenti sejenak, mengisi bahan bakar dan berjalan lagi. Berhenti sekedar untuk istirahat bukan berarti putus asa, justry untuk men-charge energi baru dalam tubuh Anda.

Kadang motivasi hilang saat ada berbagai kondisi dihadapan kita. Kita butuh cara bagaimana agar energi itu cepat kembali kita miliki dengan segera jangan sampai hilang dan membuat kita berhenti.

Ada banyak teknik yang bisa kita lakukan saat kehilangan motivasi seperti yang dijelaskan di video Instant Motivation Weapon.

Solusi Agar Tidak Putus Asa

Gagal lagi, gagal lagi, dan gagal lagi. Hal seperti ini pun akan memungkinkan kita putus asa. Anda telah mencoba, Anda telah bersabar, dan Anda telah berusaha, namun kegagalan dan kegagalan yang menemui Anda.

Keadaan seperti ini bisa diibaratkan seperti sesorang yang sedang mencari suatu tempat tetapi tidak mengetahui harus lewat mana.

Jika jalan yang Anda ketahui sedikit, maka Anda akan cepat berhenti karena tidak ada jalan lagi yang bisa ditempuh. Tetapi jika Anda mengetahui banyak jalan, maka Anda mencoba jalan yang lainnya sampai menemukan jalan yang benar.

Semakin banyak jalan yang Anda ketahui dan energi Anda masih cukup maka kemungkin untuk bergerak terus masih sangat memungkinkan.

Jalan yang dimaksud disini adalah ide. Saat Anda gagal dengan satu ide, maka Anda bisa mencoba ide yang lain. Ide tersebut bisa Anda dapatkan baik dari ide sendiri maupun ide dari orang lain.

Agar bisa menghasilkan ide sendiri maka diperlukan kreativitas. Sementara untuk mengetahui ide dari orang lain, maka yang diperlukan adalah menuntut ilmu.

Kreativitas dibutuhkan untuk terus menggali ide-ide solusi agar Anda tidak putus asa. Jangan sampai Anda bingung mau melakukan apalagi karena tidak mampu menghasilkan ide-ide atau dikenal dengan kreativitas.

Juga jangan pernah berhenti membaca. Seringkali masalah apapun yang kita miliki. Halangan apa pun yang ada di hadapan kita. Kegagalan yang kita alami. Sudah terjadi sebelumnya dan dialami oleh orang lain.

Ada banyak buku yang berawal dari masalah, halangan, dan kegagalan terjadi dan bagaimana orang-orang sukses mengatasinya. Masalah itu sudah pernah terjadi sudah ada cara mengatasinya yang sudah berhasil, yang kita perlukan adalah dengan membaca pengalaman mereka melalui buku.

Bisa jadi jika ada sebuah masalah yang menghentikan kita karena kita tidak mempersiapkan ilmunya terlebih dahulu. Bisa jadi solusinya mudah, karena kita malas belajarlah sepertinya rumit dan sulit.

Do’a Agar Tidak Putus Asa

Ya tentu saja, agar kita tidak putus asa caranya dengan memohon pertolongan dan petunjuk dari Allah. Sebenarnya banyak sekali do’a yang menjadikan kita tidak putus asa lagi.

Bahkan dengan dzikir “Allahu Akbar” pun seharusnya menjauhkan kita dari putus asa karena Allah Maha Besar sehingga masalah yang kita hadapi itu jadi kecil. Saat kita membaca surah Al Ikhlas pun seharusnya menjauhkan kita dari putus asa, karena kita diingatkan bahwa Allah tempat kita bergantung.

Ada banyak do’a sebenarnya, bahkan sebenarnya semua do’a akan menjauhkan kita dari putus asa. Diantaranya:

Rabbanaa atinaa miladunka rahmat wahayi’lana min amrinaa Rasyadaa

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.

(QS. Al-Kahfi: 10).

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul. hazna idza syi’ta sahlaa

artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau. menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

(Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya 3/255. Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah, Lihat Jaami’ul Ahadits, 6/257, Asy Syamilah)

Catatan: untuk teks asli silahkan lihat Al Quran dan hadistnya.

Dan do’a saat kita sedang gelap, nggak tau apalagi yang harus kita lakukan, kita bisa mencontoh do’a Nabi Yunus as.

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya) maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: ‘Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang lalim.'” (QS. al-Anbiya’: 87)

Do’a yang dipanjatkan berdasarkan ayat itu adalah: “La illaha illa anta. Subhanaka inni kuntu minazhalimin” (silahkan lihat tulisan Al Qurannya).

Sehingga pada ayat berikutnya:

Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. al-Anbiya’: 88)

Penutup

Kadang disaat kesulitan dan masalah yang begitu menghimpit, kita begitu sulit menerima nasihat. Tidak ada tips agar tidak bisa putus asa yang bisa kita terima. Ya, karena kondisi kita yang tidak tenang, gelisah, dan takut.

Sebelum kita memikirkan langkah dan mengambil langkah, ada baiknya kita menenangkan diri dengan cara berdzikir dan berdo’a, kemudian barulah pikirkan solusinya.

Bisa jadi banyak nasihat yang bisa membantu kita jika kita mau membuka hati dan pikiran kita menerima nasih itu. Membuka diri dari nasihat adalah salah satu cara agar tidak putus asa.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

43 Comments

  • Reply Ace Karwan September 4, 2007 at 12:27 am

    Pak Rahmat,
    Saya setuju sekali bahwa Knowledge yang merupakan sumber ide dan innovasi merupakan penangkal keputus asaan, dan hal itu tentunya pas sekali dengan penekanan bahwa Al Qur’an diperuntukan untuk orang2 yang mau berfikir, mengexplorasinya dan mengactualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diperolehlah ketaqwaan yang hakiki.

    Pandangan dunia saat inipun sudah berorientasi pada Knowledge, dimana telah terjadi perubahan mindset dari era informasi ke era Knowledge, mereka sering menyebut “Knowledge is Power”,

    Al Qur’an sendiri adalah Keindahan dan Kekuatan, namun untuk mendapatkan hal itu perlu commitment yang sungguh-sungguh untuk mengexplorasi dan mengimplementasikannya, dan jika kita cermati orientasi itu tercermin dalam contex Iman dan Taqwa, dan seharusnya sudah menjadi mindset orang muslim bahwa life cycle iman dan taqwa itu bergulir spt bola salju yang kian membesar yang tercermin dalam kehidupan.

    Dengan kata lain menjadi orang muslim seharusnya punya standar EQ yang tinggi, good analitycal, cerdas dan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, disamping sifat sabar, ikhlas dan jauh dari kesombongan.

    Jadi apapun aktivitasnya, apapun momentnya, orientasinya hanya untuk meningkatkan iman dan taqwa, “Tidak Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah padaku”. Semoga saja kita semua terpayungi oleh Knowledge Al Qur’an, selalu terfocus akan ridha Allah dalam setiap tingkah laku kita, dan itulah khusyu yang sebenarnya.

    “Hanya Allah yang maha Mengetahui”, saya hanya sharing saja agar media yang disediakan oleh pak Rahmat ini bisa kita manfaatkan bersama.
    wassalam.

  • Reply ron September 8, 2007 at 3:45 pm

    good think

  • Reply ron September 8, 2007 at 3:46 pm

    baguuuuuuus

  • Reply samsul bahri September 9, 2007 at 12:33 pm

    Menarik sekali bahasan ini: Dlm sebuah hadis sebagian dari kalimatnya : menuntut ilmu karena semata karena allah akan membuahkan rasa takut….,kalau kita maneliti Buah2an berbagai macam warnanya….,apa yang anda pikirkan….?

  • Reply iwank September 19, 2007 at 3:56 am

    terima kasih, masukan yang baik sekali, tanpa mengeyampingkan nilai spiritual.

    Wassalamu’alaikum

  • Reply Maldien September 23, 2007 at 4:05 am

    sebuah pemikiran yang luar biasa bagus. penuh makna dan ilmu yang bernilai religie…semoga kita semua yang membaca artikel mendapatkan hikmah dan manfaatnya

  • Reply erwan October 9, 2007 at 4:58 pm

    good……….

  • Reply Min Syahril October 14, 2007 at 12:24 pm

    ArtikeL Bagus Bgt ……..
    saya bersyukur pada ALLAH SWT Karena dengan Al-Qur’An nya kita mendapatkan segala elemen ilmu Dunia Maupun Akhirat!!!!

  • Reply syahrul October 24, 2007 at 11:54 am

    Suatu komentar yang sangat bagus dari Ace karwan semoga bermanfaat!Amin

  • Reply ishak November 11, 2007 at 12:46 pm

    keren banget……….
    makasih banyak……..

  • Reply ENI SOERYO January 28, 2008 at 4:04 am

    MOTIVASI DIRI SANGAT PENTING AGAR KITA TIDAK MUDAH MENYERAH MENGHADAPI UJIAN DARI ALLAH S.W.T.

  • Reply nicky August 18, 2008 at 1:46 am

    subhanallah.. analogi sederhana tapi mendalam maknanya. sesuatu yg kita ketahui namun tak pernah kita sadari,membuka pikiran dan hati saya.

  • Reply hakim April 3, 2009 at 5:36 am

    TErima kasih telah memberi motivasi yang sangat berguna bagi saya!!! semoga Allah SWT memberi balasan yang setimpal, amin ….!

  • Reply 3zty July 29, 2009 at 2:54 am

    Aq tdak akan prna# ptuz aza, apabila saya putus asa berarti saya kalah donk!!! ah saya g mau kalah, saya akan trus berjuang!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Reply mukty August 5, 2009 at 1:37 am

    Saya sedang mencari buku motivasi, untuk orang yang sedang sakit menahun, menyebabkan ia putus asa, saya ingin agar orang itu termotivasi (semangat) untuk sembuh dan tidak lagi putus asa.

    Mohon infonya dapat di email ke mukty22@yahoo.com

  • Reply Syafiq November 6, 2009 at 4:15 am

    Klo misalnya yg jd tujuan kita sudah tidak ada harapan bagai mana……???
    Sy sudah putus asa..

    • Reply Rahmat Mr. Power November 6, 2009 at 4:33 am

      Tidak ada harapan atau tidak sabar…..???

      Jika memang tidak ada harapan pada satu tujuan. Ganti aja dengan tujuan lain. Anda hanya mempersempit diri. Masih banyak ide lain, masih banyak peluang lain. Satu gagal coba yang lain.

  • Reply emi r November 27, 2009 at 6:52 pm

    kalo kita sakit dan kita tau penyakit kita tidak ada obatnya… membuat kita merasa tidak perlu berobat lagi… hanya berdoa saja… apa ini bisa dikatakan putus asa…..

    • Reply Rahmat Mr. Power November 28, 2009 at 3:27 pm

      Pertama: vonis tidak ada obatnya ialah vonis manusia yang pengetahuannya serba terbatas sekalipun dia doketer ahli ataupun tabib ternama. Bisa jadi masih ada obatnya hanya saja kita belum tahu. Jadi mencari tahu disini bisa menjadi ikhtiar kita.

      Kedua: meski menurut manusia, sudah tidak ada obatnya. Tapi bagi Allah adalah mudah untuk menyembuhkan kita. Tetaplah berdo’a dan tetap yakin Allah akan menolong kita. Saat kita sudah kehilangan keyakinan ini, inilah yang disebut putus asa. Jadi jangan pernah putus asa dengan rahmat Allah. Rahmat Allah begitu luas.

      Insya Allah, yang terbaik akan kita dapatkan.

  • Reply Irham December 3, 2009 at 11:03 pm

    Terima Kasih atas motivasinya….tapi saya belum dapat pencerahan…saya masih merasa seperti sebelumnya! HOPELESS

    • Reply Rahmat Mr. Power December 5, 2009 at 12:12 pm

      Harapan itu sebenarnya ada. Anda sendiri yang menganggap tidak ada. Kalau Anda anggap ada, harapan itu ada.

  • Reply anna'd December 12, 2009 at 10:36 pm

    Assalammuailaikum….

    mungkin saat ini sayalah orang yang diambang putus asa, kadang saya merasa sudah lelah dalam berusaha… banyak cita2 dan harapan yang belum kesampaian… terhina… kadang saya berpikir “mengapa kesempatan tidak berpihak”… namun saya tetep berharap… Allah adalah yang maha kuasa… maha berkehendak… dan saya berserah untuk menjadi hambaNya, mengharap kasih sayangNya… Ya Allah jika memang aku tak mampu memberikan yang terbaik bagi ibuku… limphakan segala kebarohkahanmu, berkahmu dan kebaikannmu kepada dia… karena sungguh ya Allah aku tak inigin ibuku sakit dan terhina karena melihat tidak berdayanya aku… Allah engkaulah Tuhanku… hanya Engkaulah yg maha kuasa………….

    n’naad

  • Reply wiwi January 29, 2010 at 10:53 am

    baguuuss…keren deh.,

  • Reply wiwi January 29, 2010 at 10:53 am

    baguuuss…keren deh.,

  • Reply Keren bAnget. . . February 17, 2010 at 8:54 am

    Tp jujur sampe saAt ini aku masih putus asa..aku takut suatu saat nanti aku tak bsa balas budi ibuku.krn aku ngrasa sampe saAt ni pa yg aku cita2kn,harapkn tak kunjung membuah hsil memuasakn..pdhal aku brusaha bget..y alLoh maafkan hamba-Mu ini. .

  • Reply Keren bAnget. . . February 17, 2010 at 8:54 am

    Tp jujur sampe saAt ini aku masih putus asa..aku takut suatu saat nanti aku tak bsa balas budi ibuku.krn aku ngrasa sampe saAt ni pa yg aku cita2kn,harapkn tak kunjung membuah hsil memuasakn..pdhal aku brusaha bget..y alLoh maafkan hamba-Mu ini. .

  • Reply mobil suzuki May 2, 2010 at 7:01 am

    bila Rasa ingin sesuatu baik materi, jabatan, dll. hilang (tidak ingin apapun) apakah disebut sudah putus asa ya…?

    sehingga hidup ini terasa hambar…dan tidak punya sumber untuk memotivasi diri malah aku sering bertanya sendiri, buat apa aku hidup..?

    sering mendapat informasi bahwa hidup ini untuk ibadah/meyembah Allah SWT, tapi kenapa hal itu belum bisa membakar motivasiku agar selalu menyala…

    hanya senyum anak yg masih bisa memompaku hingga aku bergerak sampai saat ini. walaupun energi yang dihasilkannya belum sesuai yg aku harapkan

    sebegitu parahkah aku..?

  • Reply Yus May 29, 2010 at 7:32 pm

    Dear Bp. Rahmat

    terima kasih atas motivasinya pak, tapi saya masih merasa …..sulit percaya, karena yang saya lihat selama ini masih sebaliknya dari yang diajarkan

    • Reply Rahmat Mr. Power May 29, 2010 at 11:03 pm

      Memang disana kuncinya. Kepercayaan. Anda akan menjadi dan hidup sesuai apa yang Anda percayai. Jika Anda percaya ada harapan, maka harapan itu ada. Jika tidak, maka harpan itu juga tidak ada. Silahkan baca ebook Belief Power di member area Zona Sukses. Tapi, kalau Anda tidak percaya… tidak usaha. Percuma.

  • Reply ikky July 13, 2010 at 1:26 pm

    hebaaat……….

  • Reply anono July 19, 2010 at 4:43 am

    Sungguh sangat mensuggest saya untuk tdk cpt ptus asa dan pnting ny motivasi! Terima kasih

  • Reply ami July 20, 2010 at 7:02 pm

    saya dulu lulus sma tahun 2001 kemudian melanjutkan kuliah disalah satu perguruan tinggi swasta dibandung,karena kenakalan remaja, waktu itu saya berhenti kuliah waktu itu semester empat dan saya berhenti kuliah tanpa keterangan,atas permintaan orang tua saya diminta kuliah lagi saat ini akan masuk semester satu dengan biyaya orang tua lagi karena saya sama sekali tidak berpenghasilan,yah mulai dari awal lagi sedangkan umur udah 28 tahun saya sangat malu dengan anak-anak baru yang umurnya rata-rata 16-17an, dan mungkin agak putus asa,dan saya juga takut karena melihat kondisi orang tua saya yang sudah tua mohon pencerahan

    • Reply Rahmat Mr. Power July 21, 2010 at 9:23 am

      Tidak ada alasan untuk malu. Saya juga pernah kualiah dengan yang umurnya jauh lebih tua. Biasa-biasa saja, mereka juga mau bertanya kepada saya atau teman-teman saya. Itu hanya perasaan saja.

      Jika ada sebuah kekhawatiran, artinya ada tindakan yang perlu kita lakukan untuk mengatasinya. Khawatir tidak punya uang, artinya kita harus bertindak untuk mengatasinya. Cari solusi. Silahkan belajar bagaimana mendapatkan uang sambil kuliah. Banyak koq yg bisa, saya yakin Anda pun bisa.

      • Reply ami July 21, 2010 at 10:55 pm

        assalamualikum wr.wb
        saya mengucapkan terimakasih atas jawabannya,saya sangat termotivasi,dan saya sekarang sudah mulai tidak minder lagi,saya juga sudah mulai sholat tapi maaf masih bolong-bolong.saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.

  • Reply Hadi August 7, 2010 at 10:41 am

    semua telah dilakukan namun tak ada hasil.
    kata mohon maaf dari lidah telah terlontar, namun tak ada balasan positif
    yang ada hanya kata tidak

  • Reply ares August 17, 2010 at 2:11 pm

    mngkin udah bnyak dosa yg saya lakukan selama hidup ini,,, mknya saya merasa putus asa dalam menjalani hidup selama ini….smoga aja allah mau maafkan semua dosa-dosa saya ini…

  • Reply Motivasi-IslamiDotCom via Facebook September 20, 2010 at 5:35 pm

    @Annita: klik linknya.

  • Reply rita munawaroh October 25, 2010 at 9:48 am

    ketika saya putus asa….ko malah banyak orang yang curhat….dan mereka semua adalah orang yang putus asa……
    apa kiat” supaya kita bisa tidak putus asa….dan membantu teman yang berputus aas….???????????????????

    • Reply Rahmat Mr. Power October 25, 2010 at 11:01 am

      Itulah pikiran kita, jika kita fokus pada sesuatu, kita akan “menarik” hal yang sama ke dalam firi kita. Jika gitu, mendingan fokus mikirin harapan, nanti orang-orang yang penuh dengan harapan (optinis) yang akan datang.

      Cara agar tidak putus asa, ya baca artikel ini bu.
      Suruh aja temannya membaca artikel ini. 🙂

  • Reply anam December 15, 2010 at 6:35 am

    sejak_kecil_saya_selalu_di_rumah_karena_ayah_saya_khawatir_bila_saya_hilang_hal_ini_justru_membuat_saya_jadi_minder_karena_sya_sendiri_saja_spa_nama_saudara_sya

  • Reply saraf kejepit February 20, 2013 at 2:57 pm

    janganlah cepat berputus asa karna putus asa adalah awal kegagalan
    benar atau tidak ?

  • Reply donny agustian July 22, 2013 at 2:50 pm

    Saya usia sudah 42 tahun. Pengangguran. Tidak menikah. Saya selalu gagal. Saya putus asa.

  • Reply Azza January 4, 2017 at 5:06 pm

    Terimakasih artikelnya sungguh menginspirasi 😃

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield

    X

    Download eBook Gratis


    Nama Depan :
    Alamat Email :