Agar Cepat Mendapat Promosi Jabatan

Agar Cepat Mendapat Promosi Jabatan

Bagi anda yang memilih karyawan sebagai profesi, maka Anda harus mengetahui cara agar cepat mendapat promosi. Jabatan naik, gaji juga naik. Siapa yang tidak mau? Kecuali Anda sudah punya rencana ganti profesi, maka penting untuk mengetahui cara agar cepat mendapat promosi jabatan.

Agar Cepat Mendapat Promosi Jabatan, Anda harus menginginkannya.

Sebagian orang tidak menginginkan promosi jabatan. Mereka hanya berpikir mendapatkan pekerjaan saja sudah untuk dan berharap agar tidak dipecat. Padahal jika Anda punya keinginan untuk mendapatkan promosi, otomatis pemecatan bukan menjadi ancaman lagi. Jika Anda menjadi kategori orang yang cepat mendapat promosi, maka Anda tidak perlu khawatir dengan PHK.

Jika Anda termasuk karyawan seperti ini, maka ubahlah mindset Anda. Anda sudah diterima sebagai karyawan di perusahaan Anda, artinya secara kualifikasi dan potensi, Anda memang layak bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja. Artinya, Anda sama dengan karyawan lain, berhak dan mampu untuk menduduki posisi lebih baik.

Memang agar cepat mendapat promosi jabatan akan menghadapi berbagai tantangan. Namun imbalannya akan sepadan dengan perjuangan Anda. Apakah Anda betah dizona nyaman jabatan Anda saat ini Anda keluar zona nyaman untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Itu semua keputusan Anda. Jika Anda memutuskan ingin cepat mendapat promosi, silahkan baca artikel ini.

Anda mau cepat mendapat promosi jabatan?

Ya, langkah pertama agar cepat mendapatkan promosi adalah Anda harus menginginkannya yang selanjutnya harus dirumuskan menjadi sebuah tujuan. Tujuan yang SMART. Silahkan baca artikel cara membuat tujuan SMART. Silahkan baca artikel Membuat Tujuan dengan Metode SMART

Anda harus memiliki tujuan yang jelas, jabatan apa yang ingin Anda duduki dan kapan itu ingin Anda capai. Keduanya harus jelas dan terukur. Kejelasan akan tujuan akan menyebabkan tindakan selanjutnya lebih jelas.

Sudahkah Anda Memiliki Tujuan?

Tujuan Anda akan menjadi motivasi bagi Anda. Kerja Anda akan lebih semangat dibandingkan jika Anda tidak memiliki tujuan. Tujuan adalah motivasi Anda. Contoh tujuan: Dalam 5 tahun kedepan (atau sebutkan tahun berapa) saya ingin menduduki jabatan General Manager dan/atau bergaji sekian puluh juta per bulan. Silahkan sebutkan secara spesifik.

Tujuan Anda juga akan memudahkan dalam membuat rencana. Ya, sudah bisa ditebak, langkah selanjutnya adalah membuat rencana, namun itu adalah langkah ketiga. Lalu apa langkah kedua?

Langkah Kedua Agar Cepat Mendapat Promosi adalah menyusun strategi.

Perlu strategi? Tentu saja, setiap ada lawan, akan membutuhkan strategi untuk mengalahkan lawan. Saat Anda pesaing, apalagi banyak, pasti perlu strategi karena orang lain juga ingin mendapatkan promosi. Anda harus memastikan agar perusahaan atau perusahaan memilih Anda, bukan orang lain.

Dalam merumuskan strategi, langkah pertamanya adalam menentukan target pasar. Siapa target pasar Anda? Apakah atasan Anda? Perusahaan tempat Anda bekerja saat ini? Atau perusahaan luar?

Setelah mengetahui siapa target Anda, maka langkah kedua dari merumuskan strategi adalah memposisikan diri Anda agar berada dalam posisi paling menguntungkan dimata target pasar Anda. Inilah yang disebut dengan positioning.

Tentu saja strategi akan membutuhkan dukungan taktik dan branding. Taktik adalah mengkomunikasikan positioning Anda. Taktik adalah upaya-upaya menjadikan diri Anda berbeda dibandingkan dengan pesain lainnya.

Sementara branding adalah bagaimana mengaitkan merk (nama) dengan sebuah nilai dan keunggulan Anda.

Antara branding, taktik dan strategi harus berjalan seiring, harmoni.

Lebih jauh agar strategi menjadi juara saya bahas di video The Champion Way.

Susunlah Sebuah Rencana

Setelah memiliki tujuan yang jelas dan strategi mencapai tujuan, maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana.

Cara membuat rencana itu sederhana:

  1. Apa yang Anda butuhkan?
  2. Bagaimana cara mendapatkan apa yang dibutuhkan?
  3. Kapan akan bertindak?

Maksud yang dibutuhkan adalah sumber daya dan kemampuan yang harus Anda miliki untuk mencapai tujuan Anda.

Bagaimana cara mendapatkan apa yang Anda butuhkan? Apa yang perlu dilakukan dan apa yang perlu dipelajari.

Kapan akan bertindak? Apakah cukup sekali? Kapan? Apakah harus rutin melakukannya? Apakah harian, pekanan, atau bulanan? Apakah pada momen tertentu?

Setelah punya rencana, maka bertindaklah sesuai dengan rencana Anda.

Bagaimana jika kondisi sdh tidak sesuai lagi dengan rencana? Maka Anda perlu memperbaiki rencana Anda? Jika Anda bingung saat membuat rencana, maka rencanakan tindakan untuk menemukan. Jawaban atas kebingungan Anda.

Lihatlah Progressnya

Anda perlu melihat perkembangan dari tindakan Anda, apakah masih sesuai rencana dan mengarah ke tujuan? Jika ada yang melenceng, perbaiki segera.

Akan lebih mantap jika Anda meminta bantuan orang lain untuk mengawasi Anda. Apakah Anda on track atau tidak. Namun hati-hati, jangan sampai meminta pengawasan dari pesaing Anda.

Selamat berjuang menuju promosi Anda, diperlukan keshabaran karena memerlukan waktu panjang, dalam hitungan tahun, bukan hari, bukan bulan.

Insya Allah, lakukan apa yang dijelaskan di artikel ini agar cepat mendapatkan promosi jabatan.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

3 Comments

  1. Terima kasih masukannya pak, thx artikelnya.

    mudah2an cepat segera naik jabatan ya pak, dengan smart tujuan.
    thx.
    salam
    Eko Andrianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield